Biji Pepaya? Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah pepaya merupakan buah dapat mengatasi berbagi masalah pencernaan. Selain daging dan daun buah pepaya yang memiliki kandungan yang baik buat tubuh, biji pepaya juga mengandung senyawa yang baik buat kesehatan.

Dalam biji pepaya memiliki kandungan polifenol dan flavonoid, yang merupakan senyaka fitokimia alami yang dapat menjadi antioksidan bagi tubuh. Selain itu serat juga dimiliki oleh biji pepaya, yang mampu membantu saluran pencernaan serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah pada tubuh.

Berikut ini manfaat biji pepaya yang baik jika dikonsumsi:

1. Menyehatkan saluran pencernaan

Selain daging dari buah pepaya yang baik untuk mengatasi masalah pencernaan, biji buah pepaya juga ampuh dalam mengatasi masalah pencernaa. Khasiat ini dikarenakan daging dan biji mengandung enzim antibakteri yang dapat melawan racun yang membahayakan dalam saluran pencernaan.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Mengosumsi biji pepaya secara rutin dapat membantu dalam proses pembuangan racum dalam ginjal. Cara mengosumsinya dengan mengambil ekstrak biji pepaya yang dihaluskan dengan dicampur satu sendok air perasan lemon.

3. Mengatasi nyeri otot

Dalam biji buah pepaya mengandung senyawa enzim anti-inflamasi, yang bermanfaat dalam menurunkan nyeri pada otot. Konsumsilah biji buah pepaya satu sendok secara rutin agar dapat mengatasi gejala terkait nyeri pada otot.

4. Mencegah kanker

Biji buah pepaya juga mengandung senyawa phytonutrient isothiocyanate yang dapat menurunkan risiko kanker. Mengosumsi biji buah pepaya secara rutin, dapat mencegah penyakit kanker prostat dan kanker payudara.

Kandungan lainnya dari biji buah pepaya adalah likopen, yang merupakan antioksidan alami. Kandungan ini juga mampu menangurangi dan menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

5. Menjaga kesehatan hati

Biji buah pepaya juga memiliki khasiat dalam menyembuhkan sirosis atau kerusakan hati kronis. Hal ini dikarenakan biji buah pepaya merupakan agen detoks alami bagi organ hati. Caranya dengan menumbuk 5-7 biji dan tambahkan kedalam makanan atau minuman Anda. Konsumsilah 2x sehari secara rutin supaya organ hati tetap terjaga dan sehat.

6. Mengatasi parasit pencernaan

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan, bahwa biji buah pepaya memiliki kandungan enzim proteolytic yang dapat membantu menyingkirkan parasit yang ada didalam pencernaan. Kandungan enzim ini dapat membanu memecahkan protein serta parasit dan telurnya.

Biji buah pepaya sangat berkhasiat dalam menyingkirkan infeksi yang ditimbulkan oleh parasit. Konsumsilah 2 sendok bubuk biji buah pepaya dalam 1 gelas air hangat, minumlah 3 hari berturut-turut sebelum sarapan pagi.

7. Mengatasi inflamasi

Biji buah pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapain yang berfungsi dalam mengurangi inflamasi yang berkaitan dengan beberapa masalah kesehatan seperti nyeri sendi, asma, asam urat dan arthritis. Jika Anda mengalami masalah inflamasi, dapat mencoba mengosumsi 1 sendok biji buah pepaya setiap hari.

8. Anti-jamur dan anti-bakteri

Biji buah pepaya dapat melawan bakteri seperti Salmonella, Staph, dan E.coli. Selain dapat melawan bakteri tersebut, biji buah pepaya juga dapat menangkal infeksi yang disebabkan oleh beberapa virus. Hal ini membuat biji buah pepaya dapat menyembuhkan seseorang yang keracunan.

9. Memperlambat pertumbuhan sel tumor

Sebuah studi menunjukkan bahwa pepaya mengandung komponen imunomodulatori yang dapat menghambat, dan memperlambat pertumbuhan sel tumor. Hal ini juga berhubungan dengan adanya kandungan antioksidan jenis flavonoid dan fenolik yang dimiliki biji buah pepaya.