Manfaat Buah Zuriat Madina Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah zariat (Hyphaene thebaica) merupakan jenis pohon palem yang umumnya ditemukan di negara bagian Utara Afrika dan Arab. Buah ini mengandung sumber karbohidrat dan serat yang sangat baik, beserta kandungan vitamin dan mineral lainnya.

Dalam buah ini juga mengandung senyawa fenol dan flavonoid yang tinggi, yang merupakan senyawa antioksidan dan antimikroba yang aktivitasnya cukup signifikan. Daging buah ini juga memiliki kandungan asam amino esensial seperti leusin, valin, fenilalanin, dan isoleusin. Manfaat dari buah ini yang paling banyak digunakan di negara Indonesia adalah untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Berikut manfaat dari buah zuriat untuk kesehatan:

1. Mengatasi Hipertensi

Berbagai penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa buah zuriat memiliki senyawa aktivitas antihipertensi. Penyakit tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sangat banyak dialami masyarakat Indonesia. Penyakit ini dapat menjadi berbahaya dan memicu berbagai komplikasi jika tidak ditangani.

Kandungan serat dalam buah zuriat dapat membantu dalam mengendalikan tekanan darah tinggi. Buah zuriat juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengurangi tekanan darah.

2. Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah zuriat mampu menurunkan kolesterol serum dan kolesterol non-HDL atau kolesterol jahat. Penurunan kolesterol jahat akan membantu menurunkan risiko aterosklerosis, yang merupakan penumpukan lemak, kolesterol dan zat lain pada dinding arteri. Hal ini dikarenakan serat, antioksidan dan senyawa aktif yang ada didalam buah zuriat.

3. Mengatasi diabetes

Selain baik untuk dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, buah ini juga dapat menurunkan kandungan gula darah. Hal ini kembali lagi dikarenakan kandungan serat yang tinggi dalam buah zuriat, sehingga akan baik dalam melakukan diet tinggi serat untuk menurunkan kadar gula darah.

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kardiovaskular merupakan penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung. Kandungan buah zuriat yang dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gulah darah. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa buah zuriat juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan kesuburan pria

Buah zuriat memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan pria, dalam hal ini yaitu dapat meningkatkan kualitas sperma dan daya tahan tubuh. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah zurati mampu meningkatkan kadar testosteron yang signifikan yang dicoba pada tikus degan memberikan ekstrak buah zuriat.

Dalam sisi lain, terdapat penelitian yang mengatakan bahwa dosis kecil buah zuriat dapat meningkatkan spermatogenesis, yaitu proses pembentukan sperma dalam testis, sedangkan dengan dosis tinggi akan terjadi sebaliknya dimana akan menjadi gangguan pada spermatogenesis.

6. Meningkatkan kesuburan wanita

Pada kesuburan wanita didapat dari kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga akan meningkatkan kesehatan reproduksi wanita. Namun belum ada penelitian yang dilakukan secara langsung terkat hal ini.

Begitu juga dengan kandungan serat yang tinggi dalam buah ini dapat membantu meningkatkan kesuburan. Akan tetapi manfaat ini masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut dalam pembuktian buah ini.

7. Baik untuk otot

Kandungan senyawa asam amino esensial dalam buah zuriat sangat banyak memiliki manfaat untuk otot. Valin yang merupakan asam amino yang dapat membantu merangsang pertumbuhan dan regernerasi otot, leusin yang merupakan asam amino yang berperan dalam sintesis protein dan perbaikan otot, dan yang terakhir isoleusin yang merupakan asam amino yang terlibat dalam metabolesme otot dan terkonsentrasi di jaringan otot.

8. Mencegah dan mengatasi peradangan

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan, esktrak buah zuriat menunjukkan adanya perkembangan yang baik pada kondisi sindrom iritasi usus besar setelah melakukan perawatan. Hal ini berkaitan dengan sifat antiinflamasi pada buah zuriat yang didapat dari berbagai kandungan zat antioksidan yang ada didalamnya.

9. Meningkatkan sistem imun

Berkat kandungan nutrisi yang dimiliki buah zuriat, buah ini mampu membantu meningkatkan sisitem kekebalan tubuh (imun tubuh). Kandungan senyawa antioksidan serta asam amino esensial yang merupakan zat yang dapat menjaga dan membantu sistem kekebalan tubuh (imun). Kekebalan tubuh perlu untuk mendapatkan perhatian, dikarenakan jika sistem kekebalan tubuh yang buruk akan menimbulkan berbagai jenis penyakit di dalam tubuh.