Berbagai Jenis Obat Kuat Baik Untuk Pria

Hidup Sehat – Setiap pria dewasa selalu ingin bertahan lama saat melakukan hubungan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Namun, keinginan setiap pria dewasa ini mungkin sulit untuk dicapai dikarenakan masalah seksual, seperti disfungsi ereksi. Jika masalah ini tidak dicegah atau di atasi, akan menyebabkan seorang pria mengalami stres bahkan depresi.

Ketika seorang pria tidak dapat memuaskan pasangannya, maka akan berimbas ke masalah keharmonisan hubungan dalam rumah tangga.

Faktor yang menjadi penyebab seorang pria mengalami disfungsi ereksi atau sulit memuaskan pasangan:

  1. Seorang mengalami penyakit tertentu, seperti diabetes, penyakit ginjal, gangguan hormon, obesitas, dan penyakit kardiovaskular.
  2. Gangguan pada alat kelamin (penis), misalnya penyakit Peyronie, dan mengalami cedera pada penis, skrotum (kantung Zakar) atau testis.
  3. Masalah psikologi atau kejiwaan, termasuk stres, depresi, dan gangguan cemas.
  4. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan mengosumsi minuman beralkohol. serta jarang melakukan olahraga, dan kurang tidur.
  5. Efek samping dari pengobatan, misalnya menggunakan obat penenang, obat yang mengandung hormon estrogen, obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi gangguan pada prostat, dan kemoterapi atau terapi radiasi pada panggul dan prostat.

Mengenai disfungsi ereksi akan berdampak pada meruntuhnya rasa percaya diri bahkan harga diri seorang pria. Hal ini membuat banyak pria yang menggunakan dan mengandalkan obat kuat dalam meningkatkan performa dalam berhubungan atau di atas ranjang.

Pengobatan yang menjadi dasar seksual pada pria akan disesuaikan dengan penyebabnya. Jika yang menjadi masalah oleh kekurangan hormon testosteron, maka akan dilakukan pengobatan dengan menggunakan terapi hormon testosteron. Sedangkan yang menjadi masalah oleh penyakit diabetes, maka pengobatan dilakukan dengan cara menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dengan obat-obatan atau alami. Jika masalah disfungsi ereksi yang disebabkan oleh pengaru psikologis, maka membutuhkan penanganan dengan seorang dokter atau psikolog dan obat-obatan dari psikiater.

Obat-obatan medis yang dapat digunakan dan yang sudah diresepkan dokter untuk menangai gangguan seksual disfungsi ereksi:

1. Tadalafil

Obat tadalafil adalah salah satu obat kuat pria yang sering dipakai dan paling terkenal. Hal ini dikarenakan obat ini bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke penis sehingga dapat bertahan sampai 36 jam setelah dikonsumsi. Tidak hanya dapat membantu terjadinya ereksi dan mempertahankannya, obat ini juga digunakan dalam pengobatan pembesaran kelenjer prostat (BPH).

2. Sildenafil

Obat kuat yang paling terkenal akan kandungan sildenafil adalah obat Viagra. Obat ini akan bekerja dengan melemaskan otot-otot pembuluh darah, sehingga aliran darah ke alat kelamin pria (penis) meningkat. Jika ada peningkatakan aliran darah ke alat kelamin pria (penis), maka ereksi yang dilakukan dapat bertahan lebih lama.

Selain dapat digunakan dalam mengobati masalah ereksi, Obat ini juga berfungsi untuk mengobati hipertensi pulmonal atau kata lain tekanan darah tinggi pada paru-paru.

3. Avanafil & vardenafil

Avanafil & vardenafil merupakan obat kuat pria yang terbaru dengan fungsi yang sama dengan kedua obat diatas, yaitu dapat melemaskan dan meningkatkan aliran darah ke penis, sehingga ereksi dapat berjalan dengan baik dan tahan lama.

Perlu untuk diingat, bahwa obat kuat pria apapun jenisnya sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi secara bersamaan dengan obat lain, contoh isosorbide dinitrate atau ISDN (obat untuk penyakit jantung) jika dikonsumsi bersamaan dengan obat kuat dapat menimbulkan efek interaksi obat yang berbahaya untuk kesehatan.

Bahkan obat kuat pria sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi jika Anda memiliki riwayat atau mengalami gejala penyakit jantung atau tekanan darah rendah (hipotensi)

Sebaliknya jika diatas merupakan obat-obatan medis yang diresepkan oleh dokter, ada beberapa obat atau suplemen herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan gairah seksual. Namun, masih belum benar-benar teruji dan terbukti secara klinis dan masih membutuhkan lebih banyak bukti ilmiah.

Berikut merupakan jenis obat kuat pria alami yang dapat mengatasi disfungsi ereksi:

1. Ginseng

Akar tumbuhan herbal ini adalah tanaman yang dipercaya memiliki banyak khasiat dan banyak digunakan menjadi obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya merupakan disfungsi ereksi dan kurangnya ukuran libido (alat kelamin atau penis) pada pria.

2. Ginkgo biloba

Beberapa studi yang dilakukan menunjukkan akan ekstrak ginkgo biloba mampu untuk melancarkan sirkulasi darah ke penis dan juga dapat membantu dalam ereksi sehingga menjadi lebih lama. Efek estrak ginkgo biloba sama dengan ginseng.

3. Pasak bumi

Tumbuhan pasak bumi atau yang sering disebut tongkat ali sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional masyarakat Asia Tenggara selama berabad-abad. Tumbuhan yang satu ini sering digunakan dalam mengatasi berbagai keluhan penyakti seperti deman, infeksi, hingga disfungsi ereksi.

Bedasarkan hasil penelitan yang dilakukan, tanaman ini memiliki kemampuan dalam meningkatkan fungsi ereksi dan meningkatkan libido atau hasrat seksual pada pria.

4. Yohimbe

Tanaman herbal yang berasal dari Afrika ini memiliki khasiat untuk merangsang ereksi pada alat kelamin pria dan membuat bertahan lebih lama. Tanaman herbal ini juga sering digunakan dalam meningkatkan libido, hal ini dikarenakan peningkatan aliran darah dan impuls saraf kedalam penis.

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan ereksi

  1. Menjalani gaya hidup sehat, dengan berhenti merokok dan tidak menggunakan narkoba. tidur yang cukup, serta mengurangi minuman yang mengandung alkohol.
  2. Rutin berolahraga serta melakukan senam kegel.
  3. Mencapai berat bahan ideal jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.
  4. Mengurangi stres
  5. Melatih penis dengan melakukan masturbasi.
  6. Menggunakan pompa penis, tetapi pastikan bahwa Anda melakukannya dengan benar sesuai petunjuk penggunaan atau saran dokter.

Obat kuat yang diatas dapat dicoba, tetapi perlu diperhatikan bahwa obat yang akan digunakan sudah terdaftar di BPOM dan memiliki ijin jual yang resmi. Jika Anda mengalami masalah seksual yang mengakibatkan performa seksual berkurang dalam berhubungan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis. Jika pemeriksaan dilakukan oleh dokter, maka dokter dapat memberi solusi untuk masalah ereksi yang Anda alami.