Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Buah apel merupakan buah yang banyak diminati dan sangat familiar yang dapat dijumpai di seluruh dunia. Berdasarkan penelitan yang dilakukan oleh banyak pihak, mengatakan bahwa buah apel merupakan buah yang memiliki banyak manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh.

Buah ini tinggi akan serat, vitamin C, karbohidrat dan berbagai macam antioksidan. Namun buah apel ini tinggi akan kalori, tetapi buah ini juga bebas dari lemak, natrium, dan kolesterol.

Mengosumsi buah apel dengan rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan kandungan yang dimilikinya. Sehingga akan terhindar dan melindungi kesehatan tubuh dari berbagai penyakit.

Berikut ini manfaat dari buah apel untuk kesehatan:

1. Mencegah penyakit stroke

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Heart Association, menemukan fakta bahwa buah yang memiliki daging berwarna putih seperti buah apel mampu menurunkan dan mengurangi risiko penyakit stroke.

Buah yang memiliki daging berwarna putih menunjukkan adanya kandungan senyawa Phytochemical. Senyawa ini memiliki manfaat kerotenoid dan Flavanoid yang keduanya memiliki fungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

Dengan mengosumsi buah apel secara rutin setiap hari akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit, seperti stroke.

2. Membantu proses diet

Buah apel dapat membantu dalam program diet yang Anda lakukan. Seseorang yang sedang menjalani program diet sangat membutuhkan makanan yang mengandung serat tinggi terutama pada buah dan sayur. Buah apel sangat dipercaya mampu merespon lambung untuk membuat kenyang lebih cepat, hal ini dikarenakan kandungan yang tinggi akan serat yang dimilikinya.

3. Menormalkan kadar gula darah

Penyakit gula darah (diabetes melitus) merupakan kondisi dimana sesorang memiliki kandungan gula dalam darah melebihi normal. Buah apel meski memiliki rasa manis, namun buah ini dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan efektif, hal ini dikarenakan kandungan serat dan antioksidan yang dimilikinya.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Buah apel sangat disarankan bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, hal ini dikarenakan buah ini mengandung serat yang tinggi. Serat berfungsi sebagai pengikat kolesterol yang ada dalam sistem penecernaan, sehingga kolesterol tidak sempat di serap oleh tubuh melainkan dibuang dari tubuh melalui fases. Dengan mengosumsi buah apel secara rutin memberikan Anda perlindungan dari ancaman berbagai penyakit dalam tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Buah apel dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, kembali lagi hal ini dikarenakan manfaat antioksidan yang tinggi dari buah apel. Antioksidan dalam tubuh berfungsi sebagai senyawa yang mampu untuk mengganti atau memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Hal ini membuat kulit terhindar dari bekas jerawat dan menjadikan kulit lebih bersih dan cerah.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Mengosumsi buah apel secara rutin setiap hari dapat mengurangi dan memperkecil risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat. Hal ini dikarenakan buah apel dapat mengurangi penyumbatan serta peradangan pada dinding pembuluh darah arteri dalam tubuh.

Buah apel memiliki kandungan serat yang larut dalam lemak seperti pektin, fitonutrien, dan antioksidan yang mencegah kolesterol yang menumpuk dalam lapisan dinding pembuluh darah ini merupakan manfaat yang perlu diketahui.

7. Melancarkan buang air besar

Buah apel kaya akan kandungan serat yang larut dan tidak larut, sehingga dapat memperbaiki struktur feses dan membantu melancarkan buang air besar. Jika ingin mendapatkan manfaat ini, sebaiknya mengosumsi buah apel dengan kulitnya, hal ini dikarenakan dalam kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Kandungan pektin pada buah apel berfungsi sebagai pemberi nutrisi bagi bakteri baik dalam saluran pencernaan sehingga dapat membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan dalam tubuh.

8. Menurunkan risiko kanker

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa buah apel dapat menurunkan risiko kanker kolorektal, kerongkongan, paru-paru, mulut dan payudara.

Antioksidan yang dimiliki oleh buah apel berfungsi sebagai pertahanan tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan sel-sel dalam tubuh. Jika jaringan sel-sel dalam tubuh mengalami masalah akan mempercepat masuknya sel kanker dalam tubuh. Namun, manfaat ini masih perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut.

9. Mengobati asma

Mengosumsi buah apel secara rutin mampu mengobati penyakit saluran pernapasan, hal ini dikarenakan kandungan quercetin yang tinggi dalam buah apel. Kandungan ini dapat menjadi anti-histamin dan antioksidan yang dapat mengurangi penyakit asma dan gejalanya.

10. Mengurangi risiko penyakit batu empedu

Batu empedu diakibatkan dari penumpukan kolesterol yang berlebihan dalam saluran empedu. Jika Anda mengalami penyakit batu empedu sebaiknya melakukan diet rendah kolesterol dan memperbanyak makanan yang mengandung serat tinggi, sehingga kondisi kesehatan Anda menjadi lebih baik. Buah apel merupakan buah yang mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga mengosumsi buah ini secara rutin dapat membantu memperbaiki sistem tubuh yang memiliki penyakit batu empedu.