Manfaat Dari Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Bawang bombay merupakan bahan makanan yang memiliki kadar kalori yang rendah, tetapi kaya akan kandungan antioksidan, mineral dan vitamin. Selain rendah akan kalori, bawang bombay juga sangat rendah akan kandungan lemak jenuh dan tidak memiliki kandungan lemak trans.

Kandungan bawang bombay terdiri dari serat, karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin B6, megnesium, folat, fosfor, kalium, sulfur, zat besi, antioksidan kuersetin, dan kalsium. Zat-zat inilah yang menjadikan bawang bombay sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat yang dihasilkan dari bawang bombay:

1. Membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat

Kandungan antioksidan kuersetin dalam bawang bombay sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan kuersetin yang ada dalam tubuh dapat melawan radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda dapat mengosumsinya secara mentah atau yang sudah dimasak dengan berbagai masakan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Bawang bombay yang memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium yang memiliki fungsi sebagai penurun tekana darah. Sedangkan antioksidan kuersetin merupakan antioksidan jenis flavonoid yang berfungsi untuk membantu kalium menjaga tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Kandungan Kuersetin juga berfungsi untuk mencegah penumpukan plak pada arteri, hal ini dapat mengurangi risiko stroke. Peneltian dan studi yang dilakukan masih berfokus pada hewan, sehingga perlu untuk penelitian yang lebih lanjut.

3. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Berdasarkan sebuah penelitian, jus bawang bombay yang dioleskan ke bagian kepala dalam waktu 2 bulan mengalami peningkatan pertumbuhan rambut pada penderita rambut rontok. Namun, penelitian ini masih perlu dilakukan studi lebih lanjut atau penelitian lanjutan.

4. Menurunkan kadar gula darah

Untuk penderita diabetes atau penyakti gula darah, bawang bombay dapat menjadi pilihan makanan untuk menurunkan kadar gula darah. Mengosumsi bawang bombay tiga (3) kali sehari dalam setiap makanan yang dikonsumsi selama 2 bulan dapat menurunkan kadar gula yang signifikan. Namun penelitian masih belum memiliki bukti ilmia yang lebih dan harus dilakukan penelitian yang lebih lanjut.

5. Mengatasi terjadinya kanker

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam bawang bombay dapat membantu untuk mengatasi radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Dalam banyak studi dan penelitian yang dilakukan, kandungan yang terdapat dalam bawang bombay membantu mengurangi terjadinya resistensi insulin dan hiperglikemia pada pasien yang mengalami kanker payudara yang sedang melakukan kemoterapi.

6. Menjaga tekanan darah

Mengosumsi bawang bombay yang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi serta ditambah dengan bahan makanan yang mengandung vitamin E selama satu (1) minggu dapat membantu penurunan tekanan darah atas (sistolik), bukan tekanan darah diastolik (bawah). Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E berfungsi sebagai pelindung membran sel, mencegah pembekuan darah yang berlebihan, sedangkan vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen dalam darah.

7. Meningkatkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam bawang bombay dapat membantu kerja sistem pencernaan dengan baik. Serat yang dimiliki oleh bawang bombay ialah serat larut dalam air (oligofructose). Fungsi serat ini adalah mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga dapat mencegah dan mengobati diare. Bawang bombay juga mengandung fitokimia yang dapat mengurangi risiko pengembangan tukak lambung.