Manfaat Dari Buah Cempedak Untuk Tubuh

Hidup Sehat – Buah cempedak (Artocarpus integer) adalah buah yang memiliki kemiripan bentuk dengan buah nangka, tetapi memiliki perbedaan akan rasa dan aromanya. Buah ini sangat tidak asing bagi masyarakat Indonesia, dikarenakan buah ini adalah buah endemik Asia Tenggara.

Buah cempedak merupakan buah yang kaya akan kandungan gizi baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan buah cempedak adalah vitamin A, vitamin C, asam askobat, enzim, bioflavonoid, serta zat-zat yang bersifat antioksidan maupun antidepresan. Dari hasil kandungan gizi yang ada buah cempedak memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan yaitu.

1. Merawat fungsi mata

Kandungan vitamin A yang dimiliki oleh buah cempedak sangat melimpah. Dengan kandungan ini buah cempedak sangat baik dikonsumsi untuk membantu dan menjaga kesehatan mata. Mengosumsi buah cempedak secara rutin dan benar akan melindungi Anda dari penyakit mata seperti katarak.

2. Merawat tulang dan gigi

Selain vitamin, buah cempedak juga kaya akan kandungan mineral seperti fosfor dan kalium. Kandungan mineral ini merupakan kandungan yang sangat baik untuk menjaga dan merawat tulang dan gigi. Sehingga mengosumsi buah cempedak secara rutin akan membuat Anda terhindar dari penyakit osteoporosis.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Dengan adanya kandungan vitamin C dalam buah cempedak, mengosumsinya akan membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan salah satu manfaat vitamin C ialah menjaga serta memelihara fungsi sitem pencernaan. Mengosumsi buah cempedak secara rutin dapat membantu Anda terhindar dari masalah gangguan pencernaan seperti diare dan susah buang air besar.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan senyawa bioflavonoid dalam buah cempedak berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghalau serangan radikal bebas.

Jika sistem kekebalan tubuh melemah akan membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap berbagai serangan penyakit. Mengosumsi buah cempedak dengan rutin akan mengembalikan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Tidak hanya daging buah cempedak yang bermanfaat, biji buah cempedak juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan protein yang tinggi dalam biji buah cempedak mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

6. Menurunkan kolesterol

Kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dalam tubuh dapat memicu sejumlah penyakit yang berbahaya, seperti penyakit kardiovaskular yaitu stroke dan jantung. Buah cempedak dapat dijadikan salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol jahat, hal ini dikarenakan kandungan vitamin C. Vitamin C merupakan kandungan yang baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menghasilkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

7. Mencegah tumor

Kandungan senyawa bioflavonoid yang dimiliki buah cempedak yang dipercaya oleh beberapa ahli medis sangat efektif untuk mencegah dan mengobati penyakt tumor.

Masih belum dapat dipastikan, dikarenakan beberapa ahli belum setuju dengan khasiat buah cempedak dalam mencegah tumor. Namun tidak ada salahnya untuk mengosumsi buah cempedak sehingga dapat terhindar dari risiko penyakit tumor.

8. Mengobati malaria

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh binatang nyamuk anopheles. Penyakit ini sering terjadi di negara Indonesia, oleh karena itu baik untuk mengosumsi buah cempedak agar tidak terserang penyakit tersebut. Hal ini kembali lagi dikarenakan kandungan senyawa bioflavonoid.

9. Anti-Depresi

Rasa stres yang terjadi dalam hidup oleh faktor banyak hal, lama-kelamaan dapat menjadi depresi. Jika kondisi ini dibiarkan dapat mengganggu aktivitas yang Anda lakukan, bahkan dapat mengancam jiwa.

Menghilangkan rasa stres atau depresi bisa menggunakan berbagai cara, seperti melakukan kegiatan positif dan mengosumsi makanan yang mengandung zat anti-depresi.

Buah cempedak mengandung senyawa zat anti-depresi. Kandungan ini berupa protein yang dimiliki oleh buah cempedak sehingga sangat efektif dalam memberikan efek rileks pada tubuh, sehingga stres dan depresi dapat dikendalikan.

Efek samping mengosumsi buah cempedak ialah buah ini dapat menyerang organ lambung, hal ini dikarenakan kandungan asam askorbatnya. Mengonsumsi buah cempedak dengan jumlah yang banyak dapat meningkatkan produksi gas dalam lambung, sehingga akan berakibat kambuhnya penyakit maag, tukak lambung, dan refluks asam lambung (GERD).