Khasiat Yang Baik Dari Sayur Asparagus

Hidup Sehat – Asparagus merupakan sayuran dimana bagian batang muda atau tunasnya dapat dikonsumsi. Mengosumsi asparagus dapat menimbulkan aroma pesing yang muncul saat mengeluarkan urine. Dikutip dari hasil penelitian, bahwa hal ini ditimbulkan oleh senyawa mercaptan yang terdapat dalam asparagus.

Meski demikian, sayuran asparagus mengandung banyak zat gizi yang baik untuk tubuh. Kandungan tersebut terdiri dari protein, lemak, kalium, fosfor, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, antikarsinogen, antioksidan, asam folat, asam amino asparagina dan serat.

Berikut khasiat dari sayuran asparagus

1. Menyehatkan pencernaan

Manusia pada dasarnya membutuhkan asupan serat yang cukup untuk membantu mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan. Sayuran asparagus yang kaya akan serat tidak larut sangat bermanfaat untuk memperlancar gerakan usus, sehingga dapat mengobati sembelit.

Kandungan serat larut juga dapat menjadi makanan untuk bakteri baik dalam usus, yaitu bakteri Bifidobacteria dan Lactobacillus. Mengosumsi asparagus secara rutin membantu memenuhi kebutuhan serat dan menjaga sistem pencernaan anda.

2. Membantu menurunkan berat badan

Menjadi pilihan yang baik untuk menjadikan asparagus sebagai sayuran dalam menu diet yang Anda jalani. Hal ini dikarenakan asparagus mengandung kalori yang cukup rendah, sekitar 20 kalori dalam setengah cangkir.

Selain itu, Kandungan serat yang tinggi dalam sayuran asparagus tidak hanya berfungsi dalam menjaga sistem pencernaan, tetapi juga dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Keri Gans, seorang konsultan gizi membenarkan hal ini, bahwa serat dapat membantu tubuh merasa kenyang sehingga mencegah dari makan dalam jumlah banyak.

3. Membantu menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Physiology, Endocrinology, and Metabolism, menunjukkan bahwa mengosumsi makanan yang banyak mengandung kalium dengan mengurangi asupan garam sangat efektif dalam penurunan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi adalah awal gejala yang dapat mengakibatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dengan hasil penelitian tersebut, asparagus yang merupakan sayuran dengan sumber kalium yang baik dapat mengoptimalkan kerja pembuluh darah serta membantu mengeluarkan kelebihan garam melalui urin.

Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dikutip dari Journal of Agricultural and Food Chemistry. Dimana penelitian ini dilakukan pada 2 kelompok tikus, kelompok tikus yang pertama mendapatkan asupan sayuran asparagus, sementara kelompok tikus yang lain tidak.

Penelitian ini dilakukan selama 10 minggu, tikus yang mengosumsi sayur aparagus memiliki tekanan darah 17% lebih rendah, dibandingkan dengan tikus yang tidak mengosumsi sayur aparagus. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa aktif dalam sayur asparagus yang dapat memperbesar pembuluh darah, sehingga tekanan darah tinggi mengalami penurunan.

Namun, hasil ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia dalam hal pembuktian senyawa aktif ini dapat memiliki efek yang sama.

4. Menunjang kesehatan kehamilan

Sayur asparagus juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan asparagus kaya akan kandungan vitamin B9 (asam folat), yang bermanfaat untuk ibu hamil dan bayinya pada masa trimester awal kehamilan.

Asam folat yang memadai di masa kehamilan dapat membantu dalam mengoptimalkan pembentukan sel darah merah dan DNA. Kandungan ini juga berperan penting dalam melindungi buah hati dari cacat tabung saraf yang dapat mengakibatkan berbagai komplikasi di kemudian hari.

5. Sumber antioksidan yang baik

Sayuran asparagus juga memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang banyak. Kandungan ini seperti vitamin E, vitamin C, glutathione, serta flavonoid dan polifenol. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu menjaga sel-sel tubuh dari serangan yang ditimbulkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif.

Stres oksidatif merupakan penyakit yang berkaitan dengan penuaan, peradangan sel, dan kanker. Untuk mendapatkan produksi antioksidan yang baik dalam mengoptimalkan kerja sel-sel tubuh, sangat disarankan mengkonsumsi sayur asparagus dengan buah dan sayur lainnya.