Khasiat Sarang Burung Walet Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Sarang burung walet dioleh menjadi makanan eksotis dan memiliki harga yang fantastis. Meski harganya terbilang cukup mahal, sarang burung walet menjadi incaran bagi banyak orang dikarenakan memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

 

Sarang burung walet dihasilkan dari air liur burung walet yang secara perlahan akan mengeras. Air liur burung walet memiliki kandungan senyawa yang sangat baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Kandungan tersebut terdiri dari protein, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium.

Sarang burung walet sangat populer jika diolah sebagai sup, atau sebagai makanan penutup lainnya. Tidak hanya diolah sebagai makanan saja, sekarang sarang burung walet banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik.

Negara China yang mempercayai ilmu pengobatan tradisonal mengatakan bahwa sarang burung walet baik untuk menangkal penuaan, melawan sel kanker, merangsang pertumbuhan sel dan jaringan sehat dalam tubuh, dan dapat meningkatkan konsentrasi.

Selain itu, masih banyak potensi yang dihasilkan oleh sarang burung walet yaitu:

1. Kaya akan kandungan asam amino yang penting

Air liur yang dihasilkan oleh burung walet mengandung protein khusus. kandungan ini terdiri dari berbagai macam senyawa asam amino, seperti:

  • asam aspartat dan prolin yang berguna dalam meregenerasi sel-sel tubuh.
  • Sistein dan fenilalanin, yang dapat meningkatkan kerja memori, meningkatkan kerja impuls saraf, serta meningkatkan kerja penyerapan vitamin D dari sinar matahari.
  • Tirosin yang sangat baik dalam mempercepat pemulihan setelah sakit.
  • Glukosamin merupakan zat yang dapat membantu dalam proses pemulihan tulang rawan.

Beberapa kandungan diatas merupakan asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh melainkan diperoleh dari makanan. Hal inilah yang membuat sarang burung walet menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi asupan asam amino yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Dalam sarang burung walet juga mengandung senyawa glikoprotein yang mudah larut, dan mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam dan ikan.

2. Sumber mineral yang baik untuk tubuh

Berbagai kandungan mineral dalam sarang burung walet juga dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh. Kandungan mineral tersebut ialah mangan, tembaga, seng dan kalsium.

Kandungan mineral mangan berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang, penyembuhan pada luka, serta memperlancar proses metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino dalam tubuh. Kandungan ini juga berfungsi untuk megaktifkan enzim dan memastikan enzim tersebut bekerja dengan baik dalam tubuh.

Kandungan mineral tembaga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh. kandungan ini juga dapat mengoptimalkan fungsi imun tubuh (kekebalan tubuh), dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Sedangkan kandungan mineral kalsium yang cukup dalam tubuh akan membantu menjaga kesehatan tulang dan persendian, serta mengatur proses pembekuan darah.

3. Mencegah resistensi insulin

Studi yang dilakukan menunjukkan bahwa mengosumsi sarang burung walet secara rutin dapat mencegah terjadinya resistensi insulin pada orang yang terbiasa mengosumsi makanan berlemak. Resistensi insulin merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit diabetes.

Kandungan nutrisi yang dimiliki sarang burung walet dapat membantu mencegah otak melepaskan signal kepada organ yang dapat memperbayak produksi insulin yang terjadi karena asupan lemak yang berlebih. Sarang walet juga berpotensi untuk memelihara kerja metabolisme tubuh yang dapat memecah lemah lebih efektif.

Studi yang dilakukan masih ujicoba pada hewan, tetapi hal ini memungkinkan akan memiliki hasil yang sama bila dikonsumsi oleh manusia.

4. Tinggi antioksidan

Penelitian yang tercantum dalam jurnal Letters In Health and Biological Sciences, mengatakan bahwa sarang burung walet merupakan makanan yang tinggi akan antioksidan. Kandungan antioksidan ialah senyawa aktif yang sangat bermanfaat dalam melawan efek dari radikal bebas, yang menjadi penyebab berbagai penyakit kronis.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Sarang burung walet juga bermanfaat dalam penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Drug Design, Development and Therapy pada tahun 2015, mengatakan bahwa sarang burung walet memiliki potensi dalam menurunkan risiko pengentalan darah (hiperkoagulasi) yang berasal dari tingginya kadar kolesterol. Penyakit kardiovaskular merupakan suatu penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung, seperti stroke, pembesaran aorta dan penyakit jantung kronis (gagal jantung).

Penelitian ini juga menunjukkan hasil bahwa sarang burung walet memiliki efek sama dengan simvastatin yang merupakan obat penurun kolesterol. Walaupun demikian, sarang burung walet tidak menunjukkan hasil yang dapat memperburuk kerja metabolisme dalam tubuh.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh selama kemoterapi

Sarang burung walet merupakan makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini sudah sejak lama dipercaya di negara Tiongkok. Dalam penelitian yang dimuat jurnal Drug Design, Development and Therapy pada tahun 2016 menemukan bahwa sarang burung walet secara spesifik dapat membantu daya tahan tubuh kepada seorang yang sedang melakukan kemoterapi.

Penelitian ini juga menunjukkan hasil bahwa mengosumsi sarang burung walet secara rutin selama 30 hari dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan) dalam usus yang melemah akibat dari kemoterapi. Senyawa yang dihasilkan dari liur burung walet juga dapat bekerja mengurangi cedera yang terjadi pada jaringan usus yang disebabkan oleh obat cyclophosphamide.

7. Meredakan peradangan

Gangguang autoimun seperti penyakit kadar gula tinggi (diabetes), rematik (rheumatoid arthritis), serta radang usus dikaitkan dengan peningkatan kadar Tumor Necrosis Factor- alpha (TNF-α).

Penelitian yang dilakukan di Malaysia yang dimuat dalam jurnal International Food Research Journal pada tahun 2011, mengatakan bahwa mengosumsi sarang burung walet secara rutin sangat efektif mengurangi produksi TNF-α. Tumor Necrosis Factor- alpha merupakan kandungan senyawa protein khusus yang memicu terjadinya peradangan sistemik dalam tubuh.

Perlu untuk dipahami bahwa potensi dari sarang burung walet untuk kesehatan masih dilakukan dalam studi yang kecil, dan masih perlu dilakukan penelitian atau studi lebih pada sampel sel jaringan manusia. Sehingga masih belum banyak data ilmiah yang dapat dipercaya untuk membuktikan klaim terapuetik dari sarang burung walet.