Khasiat Buah Goji Berry Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Pengobatan Tiongkok telah menggunakan buah goji berry lebih dari 2.000 tahun untuk kesehatan tubuh. Goji berry yang memiliki rasa manis biasanya dimakan langsung atau dibuat sebagai teh herbal dan jus. Buah ini juga dapat diambil sarinya untuk dijadikan serbuk dan tablet.

Buah ini banyak mengandung nutrisi, yaitu vitamin A, vitamin B2, vitamin C, serat, zat besi, selenium, kalium, seng dan tembaga, buah ini juga mengandung Lycium barbarum polysaccharides yang merupakan antioksidan. Antioksidan yang tinggi dalam buah ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Dari kandungan yang ada didalam buah ini, banyak manfaat yang ditimbulkan untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut ialah:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah goji berry jika dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, sehingga tubuh mampu untuk terhindar dan melawan penyakit. Buah ini memiliki kandungan yang dapat meningkatkan limfosil, yaitu sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada 60 orang dewasa sehat menunjukkan hasil bahwa mengonsumsi 100ml jus goji berry setiap hari dalam waktu 1 bulan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh (imun).

2. Membantu menurunkan berat badan

Buah goji berry memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, dan membuat Anda makan lebih sedikit. Serat yang dimiliki goji berry dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan nafsu makan.

Buah goji berry juga memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah, sehingga pelepasan gula ke dalam aliran darah terjadi lebih lama. Kandungan serat yang dimiliki oleh buah goji berry juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh dapat membakar kalori lebih banyak.

3. Membantu mengontrol gula darah

Kandungan yang dimiliki oleh goji berry dapat membantu menurunkan kadar gula darah, mengurasi resistensi insulin, meningkatkan toleransi gula, dan memperbaiki sel yang dapat membantu dalam memproduksi insulin. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang sangat tinggi dari buah goji berry. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah goji berry yang di estrak dapat meningkatkan sensivitas insulin, sehingga dapat meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel serta meningkatkan sekresi insulin oleh pankreas.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kembali lagi manfaat ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah goji berry, sehingga dapat mecegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Beberapa penelitian membuktikan bahwa efek penghambat tumor dari buah goji berry disebabkan oleh kemampuan buah ini dalam meningkatkan kadar antioksidan serta menurunkan kadar peradangan sitokin dalam darah.

5. Efek antipenuaan

Buah goji berry sudah lama dipercaya untuk memperlambat masa penuaan. Hal ini diperkuat dengan banyaknya produk kosmetika yang menambahkan goji berry sebagai bahan didalamnya. Kandungan zat antioksidan zeaxanthin dalam buah goji berry mampu mencegah kerusakan sel kolagen di dalam kulit akibat radikal bebas, sehingga membantu menunda proses penuaan. Kandungan antioksidan yang dimiliki buah goji berry juga dapat membantu melindungi kesehatan mata.