Khasiat Jujube, ‘Kurma Merah’ Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Jujube (Zizhipus jujuba) merupakan nama jenis buah-buahan yang banyak tumbuh di wilayah Asia bagian Selatan. Buah ini sering dipanggil dengan sebutan kurma merah, hal ini dikarenakan bentuk dan ukuran yang menyerupai buah kurma, hanya saja warna yang berbeda.

Sama seperti buah pada umumnya, buah jujube juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dikarenakan kandungan zat gizi yang dimilikinya. kandungan zat tersebut ialah protein, lemak, air, serat, kalsium, fosfor, magnesium, potassium, sodium, zat besi, zinc, serta vitamin A, B6, B12, dan C.

Berikut ini adalah manfaat mengosumsi buah jujube untuk kesehatan tubuh:

1. Melancarkan peredaran darah

Kandungan mineral fosfor dan zat besi dalam buah jujube menghasilkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu membantu menjaga produksi darah serta melancarkan peredaran darah.

Sistem peredaran darah yang lancar adalah suatu keharusan. Pada dasarnya darah memiliki tugas untuk menghantarkan oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh organ tubuh, sehingga organ tubuh dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

2. Sumber energi untuk ibu hamil

Kekurangan darah sering dialami oleh ibu hamil hal ini dapat berdampak pada pelemahan fisik. Untuk menghindari terjadinya hal ini, ibu hamil dianjurkan untuk mengosumsi buah jujube. Kandungan zat besi dalam buah jujube sangat efektif untuk memenuhi kadar darah dalam tubuh.

3. Meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imun yang kuat dalam tubuh akan membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Banyak cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat Anda lakukan.

Mengosumsi buah jujube merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun. Dari hasil penelitian berbagai sumber, diketahui bahwa kandungan zat pada buah jujube sangat efektif untuk meningkatkan produksi sel darah putih.

Sel darah putih merupakan komponen utama sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit yang datang menyerang tubuh.

4. Mengatasi insomnia (gangguan tidur)

Kondisi gangguan tidur atau insomnia yang terjadi dalam waktu lama akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Pada dasarnya, jika seseorang mengalami waktu tidur yang kurang akan membuat produktivitas menjadi menurun.

Mengosumsi buah jujube secara rutin sangat efektif dalam mengatasi insomnia yang Anda alami, hal ini dikarenakan kandungan zat aktif yang dimiliki oleh buah jujube.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol jahat (LDL) merupakan masalah yang dialami sebagian orang. Kolesterol jahat adalah penyakit yang dapat memicu timbulnya kardiovaskular seperti stroke dan jantung yang dapat mengancam jiwa.

Banya cara untuk mengontrol kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh, salah satunya dengan mengosumsi buah jujube. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini. Secara ilmiah vitamin C sudah terbukti sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Mengatasi tekanan darah tinggi

Bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) mengosumsi buah jujube sangat disarankan, hal ini dikarenakan kandungan zat besi dan vitamin C.

Dalam sejumlah penelitian mengatakan bahwa kandungan zat besi dan vitamin C sangat baik dalam menurunkan tekanan darah didalam tubuh.

7. Meminimalisir risiko kanker

Buah jujube juga diklaim dapat memperkecil risiko penyakit jantung. Hal ini kembali lagi dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi dimiliki buah ini. Masyarakat Korea Selatan menjadikan buah jujube sebagai menu sarapan pagi.

Vitamin C yang dimiliki buah jujube bersifat antoksidan. Penyakit kanker merupakan penyakit yang terjadi oleh serangan radikal bebas. Oleh sebab itu peran antioksidan sangat baik dalam menangkal serangan radikal bebas. Sehingga sangat cocok menjadikan buah jujube sebagai buah pilihan untuk dikonsumsi.

8. Menjaga dan memperkuat tulang

Buah jujube yang diperkaya dengan kandungan mineral kalsium, fosfor, zinc dapat menjaga fungsi tulang dan memperkuat tulang.

Dalam tubuh, tulang memiliki fungsi yang sangat penting dan sudah seharusnya untuk dijaga kesehatannya. Dengan mengosumsi buah jujube maka kesehatan tulang akan terjaga dan akan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

9. Mengobati stres

Stres merupakan kondisi dimana seseorang mengalami masa tidak dapat berpikir secara baik dan benar. Pemicu stres dapat terjadi karena pekerjaan, pelajaran, bahkan urusan asmara.

Mengosumsi buah jujube merupakan salah satu cara alami yang dapat dilakukan untuk mengobati stres. Kandungan zat yang dimiliki buah jujube memiliki efek anxiolytic yang dapat memberi efek menenangkan. Manfaat ini masih memiliki bukti ilmiah yang sedikit, namun tidak ada salahnya untuk mengosumsi buah jujube dikala Anda mengalami stres.

Efek Samping Buah Jujube

Dengan manfaat diatas, buah jujube juga memiliki efek samping jika Anda mengosumsinya secara berlebihan. Beberapa efek samping tersebut adalah:

  • Kenaikan berat badan
  • Diare
  • Gangguan lambung
  • Gangguan usus
  • Reaksi alergi

Oleh karena itu, mengosumsi buah jujube harus dalam jumlah yang sewajarnya dan harus diimbangi dengan mengosumsi buah-buahan lainnya.