Manfaat Baik Dari Buah Anggur Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah anggur (Vitis vinifera) merupakan buah yang berbentuk bulat atau lonjong kecil, ada yang berbiji dan tidak berbiji, dan memiliki warna merah, hijau serta hitam. Buah ini umumnya dikomsumsi secara segar, tetapi ada juga yang mengolahnya sebagai jus anggur, wine, kismis dan selai anggur.

Buah ini juga banyak mengandung senyawa, vitamin dan mineral yang tinggi. Kandungan tersebut terdiri dari kalori, karbohidrat, protein, air, gula, serat, lemak, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B9, C, D, E, K, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium (kalium), sodium, dan zink.

Dengan kandungan yang dimiliki, buah ini memiliki berbagai macam manfaat kesehatan yang baik jika dikomsumsi. Berikut adalah manfaat dari buah anggur:

1. Mencegah kanker

Penyakit yang menghasilkan kematian terbanyak adalah kanker. Dari berbagai studi mengatakan bahwa kandungan resveratrol, yang merupakan sejenis antioksidan yang terdapat dalam buah anggur dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh.

Kandungan antioksidan resveratrol ini dapat mencegah sel yang bertumbuh di payudara, lambung, hati, dan getah mening. Antioksidan resveratrol dalam buah anggur juga dapat menghalau radiasi berbahaya yang disebabkan oleh ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari, yang dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Menjaga kesehatan jantung

Buah anggur mengandung senyawa antioksidan flavonoid yang dinamakan rutin. Pada kondisi tertentu darah akan mengalami pembekuan dalam tubuh. Senyawa antioksidan rutin pada anggur memiliki kemampuan dalam memperlambat laju darah yang membeku dalam tubuh. Sehingga mengosumsi buah anggur mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.

3. Melawan penuaan dini

Selain memiliki kandungan antioksidan resveratrol, rutin, buah anggur juga memiliki kandungan antioksidan quaercetin. Ketiga antioksidan ini membantu untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, dan dapat mengganggu keseimbangan tubuh. Kerusakan sel yang terjadi dalam tubuh akan menyebabkan penuaan dini, seperti kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

4. Menjaga kesehatan otak

Buah anggur juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan otak, hal ini dikarenakan senyawa antioksidan resveratrol yang mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Otak membutuhkan darah sebagai sumber oksigen serta zat gizi, sehingga fungsi otak dapat berjalan dengan baik.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman membuktikan bahwa senyawa antioksidan resveratrol dapat membantu memperkuat daya ingat manusia.

5. Meredakan gejala alergi dan peradangan

Buah anggur juga dapat membantu melawan peradangan yang terjadi pada tubuh. Hal ini dikarenakan buah anggur memiliki sifat antiradang dan antihistamin. Peradangan merupakan respon tubuh terhadap sesuatu yang berbahaya, seperti infeksi bakteri, dan virus, stres serta bahan kimia yang beracun.

Mengosumsi buah anggur dapat membantu meringankan gejala peradangan, seperti penyakit arthritis, radang usus, radang kulit, radang gusi, atau miokarditis (radang pada jantung). Serta sifat antihistamin juga dapat membantu meringankan gejala alergi.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Buah anggur merah dapat digunakan sebagai obat alami dalam penurunan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi, hal ini kembali lagi dikarenakan kandungan resveratrol dan saponin didalamnya.

Kedua senyawa ini mampu menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah, sehingga kadar kolesterol dapat tetap seimbang. Kadar kolesterol yang seimbang dapat menjauhkan Anda dari penyakit obesitas dan penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan hasil bahwa senyawa resveratrol tidak hanya membantu menekan kadar kolesterol, tetapi juga mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

7. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah anggur merupakan kandungan karotenoid yang memiliki sifat antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan mata. Kedua kandungan tersebut dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget serta membantu melindungi sel-sel mata.

Berdasalkan penelitian yang dilakukan, kedua senyawa ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak, serta meregenerasi makula pada lensia.

8. Mengendalikan gula darah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa buah ini dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insuli bagi orang penderita diabetes.

Para peneliti menyakini bahwa antioksidan resveratrol mampu mengaktifkan suatu gen yang dapat mencegah tubuh terpapar penyakit obesitas. Selain itu antioksidan resveratrol dapat mencegah terjadinya kondisi resisten insulin, yang dimana tubuh tidak dapat mencerna gula darah, sehingga tubuh mengalami obesitas.

Buah anggur termasuk salah satu buah yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak secara tiba-tiba. Akan tetapi mengkonsumsi buah anggur harus dengan porsinya atau secukupnya.