Si Manis Buah Sawo Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah sawo yang berasal dari Meksiko, Karibia, dan Amerika Tengah, juga dapat ditemukan di negara Indonesia. Buah sawo memiliki daging buah yang bertekstur kasar, berair, rasa yang manis, aroma yang khas serta kulit yang berwarna cokelat ketika sudah matang.

Dibalik rasanya yang manis, buah sawo juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan dalam buah sawo terdiri dari protein nabati, lemak sehat, kalsium, karbohidrat, fosfor, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan vitamin E.

Dengan kandungan yang ada, buah ini bermanfaat untuk:

1. Mencegah anemia

Buah sawo sangat dipercaya memiliki kemampuan dalam mencegah anemia. Hal ini disampaikan oleh pakar kesehatan yang mengatakan bahwa buah sawo mengandung zat besi yang tinggi.

Kandungan zat besi dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah dengan baik, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Wanita pada masa haid (menstruasi) akan lebih berisiko mengalami anemia, jika kendala ini terjadi mengosumsi buah sawo menjelang dan sesudah fase haid (menstruasi) akan membantu memproduksi sel darah merah yang berkurang.

2. Menjaga kecantikan kulit

Tingginya kandungan vitamin C dalam buah sawo dapat membantu tubuh untuk mengusir radikal bebas. Tidak hanya vitamin C, buah sawo juga memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat meregenerasi sel-sel yang rusak dalam tubuh.

Buah sawo yang diperkaya akan kandungan antioksidan polifenol. Kandungan ini memiliki sifat antiperadangan, antivirus, antiparasit, dan antibakteri. Sehingga akan dapat mencegah keriput dan membuat kulit tetap awet muda.

3. Menjaga kesehatan mata

Buah sawo juga diperkaya akan vitamin A, dimana vitamin ini sangat baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata. Mengosumsi buah sawo secara rutin akan membantu Anda terhindar dari kebutaan.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Jika Anda mengalami penyakit wasir, ada baiknya jika Anda rutin mengosumsi buah sawo. Hal ini dikarenakan buah sawo kaya akan kandungan serat dan tanin yang dapat mengatasi masalah peradangan serta infeksi yang disebabkan oleh wasir.

Tidak hanya itu, dengan mengosumsi buah ini secara teratur juga dapat mengatasi dan mencegah masalah sembelit, kanker usus besar, dan membuat pencernaan menjadi lebih sehat.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium, fosfor dan zat besi yang terdapat dalam buah sawo mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jangan ragu untuk mengosumsi buah sawo secara rutin, sehingga Anda akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah sawo yang mengandung sukrosa dan fruktosa alami dapat memberikan energi untuk tubuh. Dengan kandungan ini tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Jika Anda sedang dalam masa pemulihan setelah sakit, akan lebih baik Anda menjadikan buah sawo menjadi menu tambahan, yang dapat mempercepat pemulihan.

7. Menjaga kesehatan ginjal

Mengosumsi buah sawo dapat membantu membersihkan ginjal. Buah sawo yang mengandung senyawa kimia yang dapat membuang racun dengan cara meningkatkan volume air seni. Proses ini akan membantu memelihara ginjal agar tetap bersih dan sehat. Sehingga mengosumsi buah sawo dalam jangka panjang membuat Anda terhindar berbagai penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

8. Mengatasi nyeri otot

Saat otot bekerja ekstra dalam tubuh, akan muncul masalah seperti nyeri otot pada kaki, tangan, punggung dan pinggang. Bahan alami yang dihasilkan oleh buah sawo mampu mengurangi infeksi akibat bakteri dan virus. Bahan alami inilah yang sangat penting untuk mencegah otot mengalami masalah.

9. Mengatasi batuk dan pilek

Buah sawo yang mengandung zat anti-inflamasi dapat membantu mengatasi batuk dan pilek, serta dapat membantu meredakan sesak dan produksi lendir (ingus).

Sejumlah ahli gizi menghimbau untuk memasukkan buah sawo ke dalam menu sehari-hari, hal ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan yang dapat mengobati virus penyakit flu dan demam.