Manfaat Si Merah Strawberry Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Strawberry atau stroberi (Fragaria) merupakan salah satu buah yang sanagt populer di seluruh dunia. Buah ini memiliki warna merah terang dengan dipenuhi bintik-bintik ini dapat dikonsumsi langsung, dijus, sebagai tambahan sayur salad, atau dijadikan makanan penutup seperti es krim, permen, jeli, sirup, kue, dan lain-lain.

Buah yang dapat dioleh berbagai macam ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nutrisi tersebut ialah protein, karbohidrat, serat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, tembaga, magan, vitamin A, vitamin B6, vitamin V12, vitamin C dan vitamin E.

Berikut adalah manfaat dari buah stroberi:

1. Menjaga kesehatan mata

Bertambahnya usia dapat membuat fungsi penglihatan mata berkurang. Hal yang sering muncul adalah mata kering, degenerasi saraf optik, degenerasi makula, gangguan lapang pandang, serta meningkatnya risiko infeksi mata.

Flavonoid, phenolic, phytochemicals, elagic acid serta vitamin C dalam buah stroberi dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penurunan fungsi mata. Dengan mengosumsi buah atau makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi serta antioksidan dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Buah stroberi yang mengandung potasium yang dipercaya dapat mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata, yang dapat membahayakan penglihatan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan pertama dalam tubuh yang melindungi dari berbagai infeksi virus, bakteri, dan berbagai masalah lainnya. Kandugnan vitamin C yang tinggi dalam buah stroberi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini membuat tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit. Kandungan vitamin C juga bersifat antioksidan, sehingga dapat membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh.

3. Mengobati nyeri sendi dan asam urat

Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan masalah pada persendian dan asam urat. Mengosumsi buah stroberi secara rutin dapat membantu mengobati masalah ini. Hal ini dikarenkan kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah stroberi mampu melawan radikal bebas dalam tubuh.

4. Mencegah kanker

Buah stroberi yang mengandung Vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol merupakan jenis flavonoid yang memiliki efek antikarsinogenik. Kandungan antioksidan ini berfungsi untuk melawan pertumbuhan tumor penyebab kanker. Sehingga mengosumsi buah stroberi secara rutin memiliki manfaat yang besar terhadap penurunan penyebaran (metastasis) sel kanker yang berbahaya dala tubuh.

5. Meningkatkan fungsi otak

Daya ingat dan kemampuan kognitif otak dapat mengalami penurunan pada saat memasuki usia lanjut. Masalah ini merupakan akibat dari radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, sehingga menyebabkan jaringan otak mulai mengalami penurunan fungsi serta saraf otak melemah.

Berdasarkan penelitian dari Harvard University yang dilakukan di Brigham and Women’s Hospital melihat bahwa dengan mengonsumsi anthocyanidin dan flavonoid yang terdapat pada buah stroberi dan buah beri lainnya dapat meningkatkan penurunan daya ingat.

6. Mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Dalam American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa mengosumsi makanan yang kaya akan anthocyanin, seperti buah-buahan, sayuran dan lainnya dapat mencegah tekanan darah tinggi. Senyawa Anthocyanin yang terdapat dalam buah stroberi merupakan salah satu antioksidan yang sangat baik dalam melawan radikal bebas. Efek ini terlihat sangat signifikan pada mereka yang berusia 60 tahun ke bawah.

Penelitian dari Dr. Eric Rimm menunjukkan hasil bahwa mereka yang rajin mengosumsi buah stroberi dan berri lainnya akan memiliki risiko yang rendah terhadap serangan jantung.