Cemilan Sehat Menyambut Tamu Yang Datang Saat Lebaran

Hidup Sehat – Saat momen istimewa datang, tentu tidak akan lengkap rasanya tanpa menyajikan aneka makanan dan cemilan yang lezat. Sama halnya dengan hari Lebaran, yang akan datang dalam hitungan hari. Makanan seperti ketupat, opor ayam, serta aneka kue lebaran sudah mulai dipersiapkan untuk menyambut sanak saudara dan kerabat yang akan datang.

Perlu untuk diingat, jangan asal enak, namun perhatikan juga kandungan nilai gizinya sehingga terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan setelah selesai lebaran. Berikut ini ada beberapa rekomendasi cemilan sehat yang baik untuk disediakan saat menyambut lebaran, apa saja kah itu?

1. Kue kering rendah lemak

Lebaran selalu diingat dengan sajian cemilan kue kering yang nikmat. Agar sajian kue kering yang disajikan sehat, dapat dibuat dengan menggunakan mentega atau margarin yang rendah lemak, serta menggunakan topping atau isian dari buah alami serta kacang-kacangan. Dengan kombinasi ini, Anda akan menyajikan kue kering yang sehat dikarenakan kandungan lemak yang rendah serta kaya akan kandungan serat.

2. Kacang-kacangan

Menyajikan kacang-kacangan sebagai sajian saat lebaran terbilang cukup umum, namun ternyata juga menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan serat, protein nabati, serta fitonutrien yang tinggi dalam kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan. Sehingga dapat mendukung penyerapan lemak dalam tubuh dari kadar serat yang dimiliki oleh kacang-kacangan.

Banyak jenis kacang yang dapat disajikan seperti kacang tanah, kacang mede, kacang almond, kacang kenari, kacang hazelnut, dan kacang pistachio. Mengosumsi kacang-kacangan dapat mengontrol asupan lemak dalam tubuh, usahakan menyajikan kacang dengan metode dipanggang atau dioven, sehingga penggunaan lemak lebih rendah. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi kacang tidak sampai berlebihan.

3. Buah kering

Jika Anda bingung untuk menyajikan buah segar yang cenderung tidak tahan lama sebagai sajian. Anda dapat menggunakan buah kering sebagai sajian sehat untuk para tamu yang datang. Buah kering seperti kismis, kurma, prune, apricot, cranberry, cherry, kiwi dan lainnya yang dapat dijumpai di berbagai swalayan dan supermarket.

Kandungan gula alami yang terdapat pada buah, dapat memberikan rasa manis dan tetap sehat untuk dikonsumsi. Bahkan dalam buah mengandung serat yang sangat baik dalam mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan membantu memperlancar sistem pencernaan. Akan lebih baik jika memilih buah kering alami tanpa ditambahkan gula atau sejenisnya.

4. Biskuit gandum

Selain memilih biscuit manis, butter cookies dan kue manis lainnya, biskuti gandum dapat menjadi cemilan sehat saat lebaran. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang terdapat dalam biscuit gandum sangat baik dalam meningkatkan penyerapan kolesterol dalam tubuh, sehingga kandungan kadar lemak dalam tubuh menjadi berkurang.

5. Salat buah

Ketika tamu yang berkunjung kekediaman Anda dan menikmati aneka makanan yang Anda sajikan, biasanya Anda akan menyeguhkan berbagai minuman yang menyegarkan sebagai pencuci mulit seperti sirup, es buah, air kelapa dan lainnya. Bahkan Anda juga dapat mengkreasikan buah-buahan yang tersedia dalam lemari es menjadi makanan sehat yaitu salad buah. Hal ini dikarenakan buah mengandung gula alami, vitamin, mineral, dan kandungan serat yang sangat baik untuk memenuhi asupan tubuh sehari-hari. Buah juga dapat dijadikan sebagai penetral dari segala makanan berat yang tinggi lemak yang pasti sudah dimakan saat lebaran.

Gunakanlah kreativitas dalam memilih cemilan sehat dalam menyambut tamu saat lebaran. Sehingga Anda serta keluarga dan teman (kerabat) menjadi lebih sehat. Dengan tubuh yang sehat maka Kita semua akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Mari cintai keluarga dan kerabat Anda dengan menu yang lebih sehat.