Makanan Yang Baik Untuk Penangkal Virus Corona

Hidup Sehat – Virus Corona (covid-19) menjadi sorotan dunia saat ini. Virus yang mematikan ini sudah memberi ketakutan di setiap negara, termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia saat ini sudah memberlakukan penutupan daerah sebagai upaya antisipasi pencegahan dan penyebara covid-19. Hal ini dilakukan karena jumlah pasien yang terjangkit virus ini semakin bertambah, bahkan korban yang meninggal sudah mencapai 689 orang.

Sebagai pencegahan wabah covid-19 ini, masyarakat Indonesia dihimbau agar tidak melakukan aktivitas diluar rumah terlalu lama, kurangi berkontak fisik dengan orang lain, menjauhi kerumunan, menggunakan masker, hingga cuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitaizer. Dengan begitu, asupan makanan sehat yang dapat mencegah virus corona harus diterapkan.

Mengosumsi makanan sehat adalah salah satu langka utama untuk menangkal virus corona. Sehingga penting untuk memilih makanan yang sehat sehagai upaya meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh) agar tidak mudah terjangkit virus corona.

Berdasarkan dari berbagai sumber yang ada, berikut ini makanan yang baik untuk menangkal virus corona:

1. Sayur bayam

Sayur bayam adalah sayuran yang dipercaya dapat menangkal virus corona. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A, B kompleks, C, E, dan K, magnesium, zat besi, kalsium, asam folat, sodium, dan pottasium.

Tidak hanya kandungan gizi yang baik dalam sayur bayam, kandungan antioksidan hingga beta karoten yang terdapat dalam bayam juga sangat ampuh dalam melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh dan membunuh virus jahat. Hal inilah yang menjadikan sayur bayam masuk kedalam daftar makanan yang baik untuk penangkal virus corona.

Tidak sampai disitu saja, bayam juga mengandung serat, rendah kalori dan kandungan lemak yang sedikit. Mengosumsi sayur bayam secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar menjaga Anda dan keluarga terhindar dari virus corona.

2. Sayur Brokoli

Brokoli juga menjadi makanan yang dapat menangkal virus corona. Sama seperti sayur bayam, brokli juga mengandung zat gizi yang baik untuk kesehatan. Kandungan brokoli terdiri dari vitamin A, C, D, E, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, serat, protein dan karbohidrat. Sayur ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat melawan berbagai virus yang menjadi sumber penyakit.

Antioksidan yang dimiliki brokoli sangat ampuh dalam menangkal berbagai radikal bebas yang dapat masuk kedalam organ tubuh. Sehingga tubuh Anda akan tetap kuat dan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Jahe

jahe merupakan rempah yang sangat baik dalam menangkal virus corona. Saat ini rempah jahe menjadi rempah pilihan masyarakat Indonesia dalam penanganan melawan virus corona. Rempah jahe merupakan rembah yang sangat baik dalam mengurangi peradangan dalam tubuh, mengobati sakit kronis sampai menurunkan kolesterol.

Kandungan curcumin dalam jahe dipercaya ampuh dalam menangkal covid-19. Kandungan curcumin juga terdapat dalam kunyit dan temulawak. Rempah ini juga banyak mengandung senyawa baik, seperti beta-karoten dan capsaicin yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh (kekebalan tubuh).

4. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Sudah sejak lama, bawang putih dianggap sebagai salah satu bahan alami yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Bawang putih juga mengandung antibakteri dan antivirus seperti potassium, kalsium, seng, dan fosfor yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan serta memperkuat sistem pernapasan dan menambah jumlah sel darah putih.

Bawang putih juga mengandung senyawa aliicin yang membuat bau menyengat, senyawa ini sangat ampu dalam mengatasi penyakit pilek dan infeksi lainnya. Mengosumsi bawang putih secara mentah dapat membuat terhindar dari serangan covid-19.

5. Buah sitrus

Berbagai jenis buah sitrus, seperti jeruk mandarin, lemon, jeruk nipis, jeruk limau, serta anggur sangat baik dalam menangkal virus corona. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jenis buah sitrus juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat berperan dalam melawan berbagai bibit penyakit. Untuk melawan virus corona, akan lebih baik mencoba menjadikan buah-buahan jenis sitrus menjadi menu tambahan Anda.