6 Minuman Enak Untuk Kulit Sehat dan Glowing, Mana Favoritmu?

Hidup Sehat – Selama ini untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik, orang-orang umumnya akan mengandalkan produk skincare. Padahal kulit yang sehat dan glowing tidak semata-mata bergantung pada apa yang kamu aplikasikan kekulit saja namun harus diseimbangkan juga dengan apa yang masuk ke mulut.

Berikut beberapa minuman yang memiliki nutrisi penting untuk kulitmu agar tetap sehat dan bercahaya.

1. Teh Hijau

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oxidative Medicine dan Cellular Longevity membahas kaitan antara minuman dengan antioksidan yang dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dan hilangnya elastisitas kulit. Dari penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa teh hijau memiliki sifat untuk memperbaiki kulit.

Oksidasi sendiri adalah peristiwa lepasnya elektron akibat adanya radikal bebas yang dapat mempercepat tanda-tanda penuaan, hilangnya elastisitas dan hiperpigmentasi. Sedangkan, antioksidan membantu menstabilkan radikal bebas dengan cara menyumbangkan elektronnya.

2. Susu Kedelai

Konsumsi susu kedelai dapat membantu mendorong produksi kolagen. Menurut sebuah studi Jepang yang diterbitkan dalam jurnal Beneficial Microbes, konsumsi susu kedelai terbukti mampu memperbaiki kondisi kulit, termasuk tingkat kelembapan dan elastisitas.

Sayangnya, kadang-kadang konsumsi susu kedelai juga bisa memicu jerawat hormonal. Jadi, kamu tetap harus berhati-hati saat mengonsumsi susu kedelai.

3. Jus Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam membangun kolagen yang dibutuhkan untuk menjaga kekencangan kulit. Untuk itu, jika ingin mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda, kamu perlu rajin-rajin mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C.

Selain mengonsumsinya secara langsung, kamu bisa mendapatkan vitamin C dari jus dingin sayuran atau buah-buahan. Sebab, menurut Harvard Medical School, buah dan sayuran versi dingin lebih mampu mempertahankan nutrisi di dalamnya.

4. Kaldu Tulang

Kaldu tulang memang sudah terbukti berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kaldu tulang ternyata juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit, khususnya dalam hal perawatan jerawat.

Sebab, kaldu tulang mengandung asam amino dan mineral yang dapat meningkatkan produksi kolagen alami dan membantu menghambat tanda-tanda penuaan.

5. Air Kelapa

Rutin konsumsi air kelapa juga dapat meningkatkan elastisitas dan membuat kulit lebih bercahaya. Sebab, air kelapa kaya akan vitamin C, kalsium, dan potasium yang membantu meningkatkan kelembapan kulit serta membantu melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

6. Jus Delima

Buah delima kaya akan vitamin A, E, dan C yang membantu mempercepat regenerasi sel, memudarkan hiperpigmentasi, dan mengurangi tampilan garis-garis halus. Untuk itu, konsumsi jus delima setiap hari dapat membuat kulit lebih sehat dan tampak lebih muda.