Alasan Mengapa Perlu Mengosumsi Vitamin C

Hidup Sehat – Vitamin C sudah dikenal sejak dulu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu menjaga daya tahan tubuh serta kesehatan kulit. Vitamin C atau yang sering disebut asam askorbat adalah salah satu jenis nutrisi yang larut dalam air, serta nutrisi yang tidak diproduksi dalam tubuh. Kandungan ini dapat ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran segar, atau dapat dari suplemen vitamin C.

Kandungan vitamin C sangat diperlukan dalam perkembangan serta menjaga fungsi kerja orga tubuh, serta kandungan ini sangat berperan penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Alasan penting mengosumsi vitamin C

Setiap orang harus memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari, baik anak-anak, orang dewasa, bahkan ibu hamil dan menyusui. Hal ini dikarenakan vitamin C akan membantu menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan kulit. Berikut manfaat yang dihasilkan oleh vitamin C untuk tubuh:

1. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu proses pemulihan. Berbagai masalah seperti pilek dan batuk juga dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh, terutama saat kondisi kelelahan atau sedang melakukan aktivitas berat. Nutrisi ini juga dapat mencegah penyakit demam berdarah.

2. Nutrisi ini juga merupakan antioksidan yang sangat membantu melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas. Sehingga akan menghambat terjadinya risiko penuaan dini, penyakit kanker, dan penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

3. Untuk kulit, vitamin C berperan dalam memproduksi kolagen, yaitu protein yang dibutuhkan dalam membantu proses penyembuhan luka, mencegah keriput, memperlambat proses penuaan, serta menjaga keremajaan dan mencerahkan kulit.

4. Nutrisi vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja dengan baik dalam melindungi tubuh dari penyakit.

5. Dari hasil beberapa penelitian, meyakini bahwa vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan tulang rawan, tulang dan gigi. Nutrisi ini juga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga akan terhindar dari serangan jantung dan stroke. Bahkan dapat dipercaya mencegah katarak dan penyakit empedu.

Cara mengosumsi vitamin C yang tepat

Vitamin C dapat diperoleh dengan mengosumi berbagai macam jenis makanan, seperti sayur dan buah. Sumber vitamin C alami selain terdapat dalam jeruk, nutrisi ini juga didapat dari buah kiwi, manga, papaya, nenas, dan buahan lain, untuk sayuran terdapat dalam brokoli, paprika dan tomat. Bahkan Anda juga dapat memenuhi vitamin C dari berbagai suplemen dengan dosis yang tepat dan sesuai dengan anjuran dokter atau sesuai aturan pakai yang terdapat dalam kemasan.

Dosis Suplemen vitamin C yang sangat direkomendasi adalah 75mg sampai 90mg. Jika sedang mengalami infeksi maupun pasca pembedahan, kebutuhan nutrisi vitamin C akan meningkat, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Mengosumsi vitamin C dengan dosis 500mg per-hari sangat aman, bahkan cukup untuk memelihara kesehatan tubuh.