Ketumbar: Manfaat & Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Ketumbar merupakan salah satu rempah yang paling sering digunakan sebagai bumbu dasar berbagai macam masakan Indonesia. Tidak hanya memperkaya rasa dalam masakan, ternyata ketumbar juga terdapat banyak khasiat yang sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan ketumbar terdiri dari serat, magnesium, protein, kalsium, fosfor, kalium, tiamin, niasin, karoten, vitamin C dan vitamin K. Dengan kandungan yang ada, rempah ketumbar memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan yang terdapat dalam biji ketumbar dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan. Mengonsumsi ketumbar secara rutin dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar, sehingga dapat mengatasi diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan. Ketumbar juga mengandung antioksidan yang dapat membantu pergerakan usus serta dapat membantu memproduksi enzim pencernaan.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Ketumbar juga memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan ketumbar memiliki sifat anagetik yang dapat membantu meredakan sakit gigi. Tidak hanya itu, ketumbar juga memiliki antioksidan yang bersifat antibakteri, sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Masalah yang sering terjadi dalam gigi dikarenakan banyaknya bakteri.

3. Mengatasi infeksi jamur dan bakteri

Ketumbar selain dapat mengatasi infeksi bakteri, juga dapat mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh jamur. Oleh karena itu ketumbar banyak dimanfaatkan sebagai campuran makanan, sehingga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri.

4. Baik bagi penderita diabetes

Ketumbar merupakan salah satu rempah yang mengandung serat tinggi, hal ini sangat baik dalam membantu menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk memeriksa kadar gula darah secara rutin untuk mengetahui efektivitas yang ditimbulkan oleh rempah ketumbar.

5. Mengatasi wasir

Selanjutnya rempah ketumbar sangat baik dalam mengatasi wasir, hal ini dikarenakan kandungan serat yang dapat membantu serta mengatasi sembelit dan konstipasi, yang merupakan gejala awal penyebab wasir. Selain dapat melancarkan buang air besar, ketumbar juga memiliki sifat analgesik yang dapat meredakan nyeri akibat wasir.

6. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Ketumbar sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Menumpuknya kolesterol jahat dalam darah dapat menjadi masalah yang besar dan dapat berakibat kematian. Hal ini dikarenakan kolesterol jahat yang menumpuk akan menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung. Mengosumsi rebusan ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

7. Meringankan nyeri sendi

Rempah ketumbar dapat meringankan nyeri sendi, hal ini masih berhubungan dengan adanya senyawa antioksidan yang bersifat analgenik dan kandungan asam linoleat didalamnya. Selain baik dalam meringankan nyerii sendi, ketumbar juga mampu meringankan sakit akibat hernia. Akan tetapi manfaat ketumbar ini hanya sekedar meringankan gejalanya saja, namun bukan untuk mengatasi penyakit utamanya.

8. Mengatasi batuk dan pilek

Kandungan vitamin C dalam rempah ketumbar sangat baik dlaam mengatasi batuk dan pilek. Vitamin C adalah senyawa antioksidan alami yang sangat baik dalam meningkatkan imunitas tubuh (kekebalan tubuh). Hal ini yang menjadikan rempah ketumbar mampu mempercepat penyembuhan batuk dan pilek.

Efek samping dari ketumbar

Rempah ketumbar tidak semua orang dapat mengosumsinya sebagai obat herbal, salah satunya ibu hamil dan menyusui.

Beberapa kondisi lain juga membuat seseorang tidak disarankan untuk mengosumsi rempah ketumbar, seperti penderita penyakit hati, gangguan pernapasan, kulit sensitive, dan orang yang alergi akan ketumbar.

Bagi mereka yang tidak dapat mengosumsi ketumbar akan mengalami masalah seperti mual, muntah, nafsu makan menurun, sakit kepala, dan sakit perut. Bagi orang yang mengalami hipersensitif pada ketumbar akan muncul gejala alergi seperti gatal, ruam merah, mata berair, dan reaksi alergi lainnya.

Efek samping yang dialami oleh pengguna rempah ketumbar berbeda-beda setiap orangnya. Untuk itu, menjadikan rempah ketumbar sebagai Obat herbal harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mengetahui manfaat dari ketumbar untuk kesehatan Anda.