5 Manfaat Makan Ikan Saat Hamil

Hidup Sehat – Mutrisi bagi ibu hamil terkadang menjadi hal yang rumit. Rumit dalam arti bukan sulit untuk didapatkan, akan tetapi lebih karena soal pilihan makanan ataupun minuman yang benar – benar tepat untuk ibu hamil. Nutrisi yang baik untuk ibu hamil salah satunya adalah makanan laut ataupun seafood seperti ikan. Bolehkah makan ikan saat hamil? Anda pasti akan menjawab, tentu saja boleh. Tapi ada ikan yang harus anda hindari selama masa kehamilan, yaitu ikan yang mengandung merkuri berlebih.

Nutrisi pada ikan untuk ibu hamil

Mengkonsumsi ikan selama kehamilan sangat dianjurkan oleh banyak ahli kandungan. Ikan dikenal kaya akan gizi, sehingga bisa membantu para ibu hamil untuk memberikan nutrisi untuk bayi didalam kandungan. Akan tetapi, mengungat ternyata tidak semua jenis ikan terutama ikan laut baik dan aman dikonsumsi selama kehamilan, anda harus memperhatikan jenis ikan yang anda konsumsi. Berikut beberapa manfaat yang anda dapatkan dari makan ikan saat hamil.

  1. Mencegah keguguran

Untuk ibu yang sedang hamil muda, makan ikan saat hamil dapat mengurangi resiko keguguran. Kandungan DHA pada ikan dapat mencegah terjadinya kontraksi di dalam rahim. Jika ibu hamil mengalami kontraksi dini pada rahimnya, hal ini dapat meningkatkan resiko keguguran.

  1. Mengembangkan otak janin

Kandungan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk mengembangkan system saraf dan otak pada janin yang ada didalam kandungan. Ini adalah salah satu cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan.

  1. Meningkatkan kecerdasan

Ikan tuna dan salmon dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak yang ada didalam kandungan. Karena ikan laut jenis ini mengandung banyak asam folat dan omega-3.

  1. Menyehatkan indera penglihatan janin

Kandungan protein dan DHA yang ada di dalam ikan bagi ibu hamil dapat menyehatkan indera penglihatan pada janin. Sehingga terhindar dari resiko kebutaan.

  1. Mengembangkan saraf pada janin

Kandungan omega-3 pada ikan sangat bermanfaat untuk menumbuhkan dan mengembangkan fungsi neurologis pada janin yang ada di dalam kandungan.

Berapa banyak makan ikan saat hamil yang direkomendasikan?

Menurut Food and Drug Administration Amerika Serikat merekomendasikan ibu hamil sedikitnya makan 340gram ikan dari berbagai jenis yang sangat rendah merkurinya. Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi ikan yang banyak mengandung merkuri.

Memang benar semua ikan mengandung merkuri, akan tetapi dengan kadar yang sangat berbeda. Ikan dengan kadar merkuri tinggi tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Ikan yang mengandung merkuri adalah ikan hiu, ikan todak, ikan tenggiri, ikan kerapu, dan ikan marlin. Jika anda sudah tahu manfaat makan ikan saat hamil, sekarang anda tidak bingung lagi untuk memilih ikan.