Konsumsi Jagung Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Jangung (Zea mays) merupakan salah satu bahan pangan yang menghasilkan karbohidrat penting dalam tubuh. Selain karbohidrat, jagung juga memiliki kandungan lain seperti protein, serat, vitamin dan mineral lainnya yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Vitamin yang dimiliki oleh jagung manis yaitu folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B. Untuk mineral terdiri dari mangan, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, tembaga dan seng. Jagung juga memiliki kandungan lemak dalam jumlah yang sedikit, lemak tersebut berjenis lemak baik.

Dalam Minyak jangung terdapat sejumlah kandungan vitamin E, ubiquinone (coenzyme Q10), dan fitosterol yang dapat memberi pengaruh baik pada kadar kolesterol dalam tubuh.

Jagung yang diolah apapun tetap mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang dipercaya dapat memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika dibandingkan dengan asupan biji-bijian lainnya, jagung lebih banyak mengandung senyawa antioksidan, seperti asan ferulat, phytic acid, zat antosianin, yang dapat mempengaruhi warna jagung menjadi merah, biru dan ungu, serta zat zeaxanthin dan lutein yang merupakan karotenoid yang baik untuk kesehatan mata.

Berikut ini manfaat mengosumsi jagung untuk kesehatan:

1. Mengatasi sembelit

Dalam hal mengatasi sembelit, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu perbanyak melakukan aktivitas fisik (olahraga), mengosumsi air putih, dan memperbaiki pola makan. Dalam hal ini makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan lebih diutamakan makanan yang mengandung serat tinggi. Jenis makanan ini adalah salah satu obat alami yang baik untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Untuk itu, salah satu makanan yang direkomdasikan adalah jagung.

Olahan jagung seperti popcorn (berondong jagung) atau jagung tebus sangat efektif dalam mengatasi sembelit. Akan tetapi tidak dengan penambahan bahan lain seperti gula, garam, mentega dan lainnya, sehingga kebaikannya dapat dirasakan oleh tubuh secara maksimal. Jagung merupakan kelompok padi-padian utuh, yang dimana dapat digunakan sebagai makanan diet dan juga mengatasi masalah sembelit.

2. Menurunkan risiko diabetes dan mengontrol kadar gula darah

Jagung merupakan kelompok makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah, dalam hal ini sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami prediabetes (diabetes tipe-2).

Bagi penderita diabetes akan lebih baik jika memiliki sumber karbohidrat dengan bijak. Hal ini dikarenakan karbohidrat yang ada dalam tubuh akan meningkatkan kadar gula darah. Dalam hal ini sumber karbohidrat yang didapat dalam sayuran yang mengandung pati menjadi salah satu pilihan yang baik, dikarenakan karbohidrat jenis ini merupakan karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk kesehatan. Jadi, Bagi penderita diabetes dapat menjadikan jagung sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Jagung yang diperkaya akan nutrisi yang baik memiliki dampak baik juga untuk kesehatan jantung. Dari berbagai penelitian yang dilakukan, menemukan bahwa pola makan dengan tinggi serat dan protein serta menghindari kandungan lemak jahat, adalah salah satu faktor yang penting dalam mencegah penyakit jantung. Bagi mereka yang mengganti bahan pangan nasi dengan jagung atau kacang-kacangan, mereka memiliki risiko lebih kecil terhadap serangan penyakit jantung.

4. Baik untuk kesehatan mata

Degenerasi makula dan katarak adalah salah satu penyebeb dari kebutaan yang paling sering terjadi. Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko penyakit ini antara lain proses penuaan dan kurangnya nutrisi.

Asupan nutrisi yang banyak mengandung antioksidan berupa karotenoid, sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan mata. Senyawa Lutein dan zeaxanthin yang dimiliki oleh jagung dapat peran dalam menangkal efek kerusakan sel mata, sehingga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

5. Mencegah penyakit diverticulosis

Penyakit diverticulosis merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada usus besar dan saluran pencernaan, penyakit ini disebabkan oleh peradangan atau infeksi. Dari hasil sejumlah penelitian yang melibatkan 47.228 pria yang berusia 18 tahun menunjukkan hasil bahwa mengosumsi popcorn dapat menurunkan risiko terkena penyakit diverticulosis sebanyak 28%. Dari hasil yang ada masih perlu dikaji lebih lanjut agar manfaat jagung benar-benar efektif.

Agar mendapatkan manfaat jagung secara maksimal, sangat disarankan untuk mengosumsi jagung segar, dan bukan jagung olahan seperti sirup jagung, biscuit dan sebagainya. Akan lebih baik untuk berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi sehingga Anda mendapatkan manfaat yang maksimal.