Mengobati Maag? Tepung Kanji Obatnya

Hidup Sehat – Tepung kanji atau tepung tapioka merupakan salah satu tepung yang terbuat dari pati singgkong. Dikarenakan berasal dari pati singkong, banyak juga orang yang mengenalnya sebagai tepung singkong. Dalam hal ini tepung singkong atau kanji ini mengandung protein, serat, dan karbohidat yang tinggi. Berdasarkan kandungan yang ada, apa saja manfaat tepung kanji untuk kesehatan?

Tepung kanji, apa kaitannya dengan lambung?

Sebelum mengetahui manfaat tepung kanji untuk gejala asam lambung, tepung kanji juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menjalankan diet bebas gluten.

Tepung kanji dapat digunakan sebagai pengganti gandum atau tepung lainnya, jika Anda tidak dapat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan tepung kanji dalam berbagai resep makanan seperti pudding, roti bebas gluten atau makanan ringan lainnya. Bahkan, tepung kanji dapat digunakan sebagai pengental makanan.

Perlu untuk diketahui, bahwa singkong memiliki peranan penting sebagai bahan pokok, hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang tinggi didalamnya. Selain itu, umbi singkong juga mempunyai beberapa senyawa bioaktif, senyawa kimia ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk mencegah risiko kanker dan penyakit jantung.

Tepung kanji juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk asam lambung. Ketika Anda memiliki masalah asam lambung yang kemudian berakhir pada pengakit maag, sepertinya Anda harus menggunakan manfaat tepung tapioka ini.

Maag (dispepsia) merupakan istilah untuk menggambarkan nyeri yang berasal dari usus halus, lambung, atau bahkan kerongkongan akibat dari beberapa kondisi. Ada beberapa penyebab terjadinya penyakit maag yaitu pola makan, stress, penggunaan obat-obatan tertentu, mengosumsi alcohol, dan kebiasaan merokok.

Dalam hal ini perlu diketahui, bahwa ketika seseorang tidak mengatur pola makannya maka akan menyebabkan orang tersebut mudah untuk terserang penyakit maag. Ketika perut harus diisi dan tetap dibiarkan kosong atau ditunda, zat asam dalam lambung akan mencerna lapisan mukosa lambung sehingga menimbulkan rasa nyeri pada perut.

Bahkan, makanan tertentu dapat merangsang dinding lambung, sehingga menimbulkan radang atau luka, dalam hal ini seperti makanan yang terlalu pedas atau asam. Selain yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa penyebab maag lainnya antara lain:
1. Penggunaan obat-obatan tertentu, yaitu aspirin dengan dosis tinggi, kortison, kafein, dan kortikosteroid.
2. Adanya asam lambung yang berlebihan.
3. Waktu makan yang kurang teratur atau tidak teratur, seperti telat makan, atau makan berlebihan.
4. Tertelannya kandungan zat yang bersifat korosif (cairan berbahaya) seperti alkali, asam kuat, pembersih kimiawi, dan lain sebagainya.
5. Infeksi yang diakibatkan oleh bakteri.

Meskipun demikian, banyak orang tidak menyangka akan manfaat tepung kanji dalam mengobati maag. Selain dapat mengobati sakit maag, tepung kanji juga dipercaya dapat membantu untuk menebalkan lapisan lambung secara alami. Berikut ini cara membuat tepung kanji untuk mengobati asam lambung:
1. Tepung kanji kurang lebih 1 ons (100gr).
2. Sangrai (goreng tanpa minyak) tepung kanji tersebut sampai kekuningan.
3. Konsumsi 2 sendok makan setiap hari dengan dicampur setengah gelas air panas.
4. Biarkan tepung kanji dan air panas melebur, setelah mulai dingin Anda dapat meminumnya.
5. Lakukan hal tersebut dengan rutin selama 1 minggu dan lihat hasilnya.
Demikianlah cara menjadikan tepung kanji sebagai obat asam lambung alami. Jika cara ini masih belum dapat mengobati asam lambung yang Anda alami, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis gastrointestinal untuk dapat membantu mengatasi penyakit dan mengetahui penyebab maag yang Anda alami.

Tepung kanji yang berbahan dasar dari jenis umbi-umbian, banyak orang menggunakannya sebagai obat. Walaupun demikian, tepung kanji masih memerlukan penelitian lebih lanjut akan manfaatnya, akan tetapi tepung kanji banyak digunakan sebagai sumber energy.

Dalam proses pencernaan, Karbohidrat yang dipecah menjadi glukosa (zat gula) sebelum diserap tubuh. Dengan bantuan insulin, kandungan glukosa dalam tubuh diserap oleh sel-sel tubuh. Kandungan glukosa inilah yang digunakan dalam bahan bakar serta sumber energy oleh tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Manfaat lainnya dari tepung kanji didapat dari kandungan pati resisten. Pati resisten merupakan pati yang tidak dapat dicerna dan larut oleh tubuh, sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Dalam hal ini pati memiliki fungsi yang sama dengan serat dalam sistem pencernaan tubuh.

Pati resisten yang dimiliki tepung kanji dapat menurunkan kadar gula darah setelah mengosumsinya, hal ini dikarenakan meningkatnya metabolisme glukosa serta insulin dalam darah, sehingga membuat kenyang lebih lama. Dalam hal ini semuanya sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan metabolisme dalam tubuh.