Makanan Rendah Kalori Yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Hidup Sehat – Kebanyakan orang memiliki makanan tinggi protein dan rendah kalori agar dapat mendukung penurunan berat badan. Kandungan protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan metabolisme dan membuat kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Dalam proses penurunan berat badan kandungan protein merupakan sumber nutrisi yang wajib.

Akan tetapi, kandungan protein yang masuk kedalam tubuh mengandunga kalori yang rendah. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui sumber makanan yang berprotein tinggi namun rendah kalori agar penurunan berat badan berjalan dengan benar.

Cara protein membantu menurunkan berat badan

Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan sistem metabolisme tubuh. Kandungan protein berperan sebagai pengatur berat badan Anda.

Pada dasarnya, Otak meregulasi rasa lapar dan kenyang dalam tubuh Anda, termasuk berapa banyak asupan makanan yang dapat Anda makan. Otak akan memberikan Anda sinyal melalui pelepasan hormon yang mengatur rasa kenyang dan lapar dalam tubuh.

Saat tubuh mendapatkan asupan makanan yang tinggi protein, maka kadar hormone ghrelin dalam tubuh akan berkurang. Hormin ini akan memberikan Anda signal rasa lapar. Dengan begitu, kandungan protein yang tinggi dapat memberikan efek rasa kenyang yang lama.

Beberapa makanan sumber protein tinggi dan rendah kalori untuk menurunkan berat badan

1. Kedelai

Kedelai merupakan salah satu makanan yang tinggi akan protein dan rendah akan kalori, bebas kolesterol, serta memiliki kandungan lemak yang rendah. Menjadikan Kedelai sebagai menu diet Anda dapat memberikan dampak kesehatan terutama pada jantung Anda, serta dapat menurunkan tekanan darah.

Kedelai yang mengandung senyawa isoflavon yang merupakan antioksidan yang mampu menjaga kadar gula darah dan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan kedelai juga tinggi akan kandungan serat sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Kedelai juga memiliki nilai indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Dalam hal ini mengosumsi kedelai dapat membantu mengendalikan nafsu makan Anda.

Banyaknya olahan yang berbahan kedelai dapat Anda jadikan sebagai varian menu dalam menurunkan berat badan. Namun perlu untuk diingat bahwa lebiah baik menghindari masakan yang banyak mengandung minyak atau digoreng. Pilihlah menu kedelai yang metode masknya dengan cara direbus dan dipanggang. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kebaikan nutrisi yang optimal dari keseluruhan nutrisi dalam kedelam dan efektif dalam penurunan berat badan.

2. Greek yogurt

Greek yogurt juga merupakan makanan yang tinggi akan kandungan protein serta rendah akan kalori. Greek yogurt memiliki tekstur yang lebih padat dan creamy, hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi. Dibandingkan dengan yogurt regular yang mengandung 9 gr protein setiap 170gr, greek yogurt mengandung 15-20gr protein.

Mengonsumsi greek yogurt dengan diimbangi makanan yang tinggi protein lainnya dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh, serta dapat membakar kalori didalam tubuh lebih tinggi. Namun, jangan lupa untuk menambahkan makanan yang mengandung karbohidrat berserat serta lemak sehat lainnya.

3. Dada ayam tanpa lemak dan kulit

Anda dapat menjadikan dada ayam tanpa lemak dan kulit sebagai salah satu menu diet anda. Hal ini dikarenakan setiap 100gr dada ayam yang dimasak dengan cara rebus atau panggang mengandung setidaknya 30gr protein. Protein yang terdapat pada dada ayam juga dapat membantu massa otot dan menguatkan tulang.

Mengonsumsi dada ayam dapat memberikan Anda rasa kenyang yang lebih lama, sehingga Anda akan terhindar dari asupan makanan berlebih. Studi yang dilampirkan dalam jurnal Obesity, melakukan penelitian diet rendah kalori dan tinggi protein pada orang obesitas, dapat memperbaiki serta mengontrol nafsu makan mereka.

4. Putih telur

Pada dasarnya mengonsumsi telur secara keseluruhan dapat menyehatkan jantung Anda. Namun, jika Anda sedang melakukan program penurunan berat badan, cobalah untuk beralih dengan mengonsumsi putih telur nya saja.

Putih telur mengandung 3 gram protein atau setengah dari sajian telur utuh, dan 16 kalori atau seperempat lebih rendah dari sajian telur utuh. Ketika saat sarapan, Anda dapat membuat putih telur menjadi omelet, yang digabungkan dengan sajian baby spinach, bawang bombay, dan paprika.

Untuk mencapai berat badan yang ideal Anda dapat melakukan dengan memilih makanan yang benar dan baik. Memilih asupan tinggi protein dan makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah harus menjadi prioritas. Sehingga Anda dapat mengendalikan nafsu makan serta mengontrol asupan kalori agar proses penurunan berat badan berjalan dengan maksimal.