Cara Efektif Dalam Membersihkan Paru-Paru Perokok Pasif

Hidup Sehat – Walaupun hanya kebagian dalam menghirup asapnya saja, perokok pasif sama resikonya dengan mereka yang perokok aktif. Jika Anda merupakan salah satu yang mengalami perokok pasif, mari mengetahui bagaimana membersihkan paru-paru dari asap rokok. Jangan sampai kesehatan Anda mengalami masalah dikarenakan mengabaikan dan menganggap sepele hal tersebut.

Membersihkan paru-paru sangat penting untuk Anda yang menjadi perokok pasif. Dalam hal ini asap rokok dapat merusak paru-paru secara perlahan dan pasti. Perokok pasif mengalami resiko lebih tinggi dalam masalah pernapasan kronis dibandingkan dengan perokok aktif. Masalah kesehatan yang akan muncul mulai dari asma hingga penyakit paru obstruktif kronis.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa paparan polusi udara yang diakibatkan oleh asap rokok mengakibatkan 4,2 juta kematian yang terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya.

Untuk itu, jika anda sebagai perokok pasif, jangan tunda lagi dalam hal membersihkan paru-paru Anda. Berikut cara yang dapat Anda gunakan dalam membersihkan paru-paru:

1. Melakukan olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang. Bahkan, olahraga secara teratur yang Anda lakukan dapat mengurangi risiko berbagai macam penyakit, termasuk penyakit berbahaya yaitu stroke dan jantung.

Olahraga yang Anda lakukan akan memaksa otot untuk bekerja lebih keras yang dapat meningkatkan sistem laju pernapasan dalam paru-paru. Dengan begitu pasokan oksigen kedalam otot juga akan meningkat.

Tidak hanya itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan sorkulasi dalam tubuh. Sehingga membuat tubuh mendapatkan asupan oksigen lebih dalam jantung, paru-paru, dan otot. Jika melakukan olahraga secara rutin, dapat membantu membersihkan paru-paru para perokok aktif termasuk Anda.

2. Sering menghirup udara segar

Udara segar merupakan udara dengan kadar polusi yang paling rendah dan biasanya terdapat di area hijau. Area yang ditumbuhi dengan pepehonon hijau umumnya memiliki kadar polusi yang sangat rendah dan lebih sehat untuk dihirup.

Jika Anda menghirup banyak udara segar dapat membantu memperluas jaringan di paru-paru sehingga bekerja dengan baik. Namun, saat ini area terbuka hijau yang ada diperkotaan kerap memiliki kadar polusi yang tinggi.

Untuk mendapatkan udara yang masih segar dan terhindar dari polusi, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk pergi ke daerah dataran tinggi atau pergunungan. Dikarenakan kualitas udara yang ada dipegunungan masih alami dan sangat segar sehingga sehat untuk paru-paru Anda. Cara ini sangat efektif dalam membantu membersihkan paru-paru Anda sebagai perokok aktif.

3. Memperbanyak makanan yang mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas yang hendak masuk dalam tubuh, salah satu sumber radikal bebas berasal dari asap rokok.

Perokok pasif tanpa disadari mengalami berbagai macam masalah penyakit. Salah satunya ditandai dengan sulitnya bernafas hingga dada terasa sesak dan berat. Untuk membantu meringankan peradangan yang ada didalam tubuh, konsumsilah makanan dan minuman yang banyak mengandung antioksidan seperti teh hijau, sayuran hijau, kunyit, kacang kanari, minyak zaitun, ceri, stroberi, apel dan sebagainya.

Mengatur pola makan Anda secara baik dan benar akan sangat membantu membersihkan paru-paru, sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan pada paru-paru.

4. Minum banyak air putih

Mengosumsi banyak air dapat membantu menghidrasi tubuh serta membuang racun dan zat kimia yang ada didalam sel tubuh termasuk paru-paru. Minum banyak air juga dapat membantu Anda menjadi lebih energy dan semangat.

Dalam hal ini, kebutuhan air putih yang perharinya 8-12 gelas. Anda juga dapat menambahkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis ke dalam air minum untuk mendapatkan manfaat lebih banyak untuk kesehatan.