Sakit Kepala? Mengosumsi Buah Ini Dapat Meredahkannya

Hidup Sehat – Sakit kepala merupakan penyakit yang sering datang kapan saja dan dimana saja. Selain mengosumsi obat sakit kepala dan istirahat yang cukup, Anda juga dapat meredakannya dengan cepat dengan mengosumsi buah. Dalam hal ini ada enam pilihan buah yang dapat Anda konsumsi sebagai cemilan penghilang sakit kepala.

Pemilihan makanan yang tidak sehat adalah salah satu penyebab sakit kepala yang paling umum. Berdasarkan Cleveland Clinic, komposisi dan kandungan kimiawi pada makanan yang Anda konsumsi dapat menjadi salah satu pemicu sakit kepala.

Berikut ini buah yang dapat membantu Anda dalam menghilangkan sakit kepala:

1. Semangka

Buah semangka merupakan buah yang sangat baik dalam menghilangkan sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British journal of Nutrition, mengatakan bahwa seseorang yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala sebelah atau migran.

Buah semangka yang mengandung 92% air dapat mengembalikan kadar cairan dalam tubuh. Dalam 154 gram buah semangka mengandung 118ml air, dan kandungan lain yaitu serat, vitamin C, vitamin A, dan magnesium.

Perlu untuk Anda ingat bahwa mengosumsi buah semangka untuk menghilangkan sakit kepala harus dalam kondisi matang sempurna. Namun jangan mengosumsi buah semangka yang terlalu matang atau hampir busuk. Pada kondisi buah semangka yang mengalami proses pembusukan, biah ini akan memproduksi zat buangan yang disebut tyramine. Senyawa ini berpotensi untuk memicu terjadinya sakit kepala migran pada orang yang sensitive.

2. Pisang

Buah pisang dapat digunakan sebagai obat alami dalam menghilangkan sakit kepala, terutama sakit kepala tegang. Buah pisang dapat membantu mengembalikan kadar kalium yang hilang ke dalam tubuh saat Anda mengalami sakit kepala dehidrasi atau dikarenakan hangover (pengar sehabis mabuk).

Bahkan kulit dari buah pisang juga dapat digunakan untuk meredahkan sakit kepala, dalam hal ini Anda dapat membekukannya terlebih dahulu. Setelah membeku Anda dapat menggunakannya sebagai kompres di dahi atau tengkuk leher untuk meredakan sakit kepala.

3. Alpukat

Salah satu gejala sakit kepala kluster dikarenakan berkurangnya kandungan magnesium didalam tubuh. Dalam hal ini, mengonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh sehingga mampu meredahkan sakit kepala.

Satu Buah alpukat yang mengandung 58mg magnesium atau setara dengan 16% dari kebutuhan magnesium harian. Sehingga buah ini dapat meningkatkan kadar magnesium didalam tubuh.

Dalam buah ini tidak hanya kadar magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh melainkan kandungan lainnya seperti lemak sehat, vitamin B, vitamin E dan kandungan mineral lainnya.

4. Nanas

Buah nenas juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit kepala yang diakibatkan oleh infeksi sinus atau sinusitis. Dalam hal ini buah nenas memiliki kandungan enzim bromelain yang berfungsi sebagai zat pencerna protein.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 dan dimuat oleh jurnal Biomedical Reports, mengatakan bahwa kandungan bromelain sangat baik dalam mengurangi durasi dari sinusitis, khususnya pada anak-anak. Bahkan buah ini dapat meningkatkan pernapasan dan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

Tetapi jika Anda mengonsumsi buah nanas secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping seperti sakit perut atau gangguan menstruasi pada wanita.

5. Apel hijau

Para peneliti bersama dengan The Smell and Taste Treatment dan Research Foundation berhasil menemukan cara untuk mengurangi keparahan gejala migrain cukup drastic dengan cara mencium aroma apel hijau.

Tetapi, jangan cuma dicium, mengosumsi apel hijau segar dapat digunakan sebagai penghilang sakit kepala. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi, kalium, dan kalsium, vitamin C dan polifenol yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Berdasarkan kandungan yang dimiliki buah apel hijau, secara tidak langsung dapat meredahkan sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.