Puasa? Ini Nutrisi Yang Paling Dibutuhkan

Hidup Sehat – Untuk umat muslim, puasa adalah hal yang wajib untuk dilakukan pada saat bulan Ramadhan tiba. Di Indonesia, dalam hal puasa Anda harus menahan lapar, haus, dan berbagai pantangan lainnya. Puasa yang dilakukan selama 13 jam setiap hari maka akan membuat banyak fungsi tubuh mengalami perubahan.

Salah satunya adalah adanya menurunan sisitem kekebalan tubuh, sehingga Anda membutuhkan vitamin C dan zinc agar tubuh Anda tetap kuat dalam menjalani puasa.

Kenapa penting mengosumsi vitamin C dan zinc saat berpuasa?

Tidak sedikit orang yang terjatuh sakit atau mengalami gejala ringan seperti batuk dan pilek pada saat melakukan puasa. Jika Anda salah satunya mengalami hal tersebut, makan bertanda bahwa sisitem kekebalan tubuh Anda sedang mengalami penurunan. Perubahan prilaku pola makan dan kecenderungan tidak mengosumsi nutrisi yang cukup dari makanan yang Anda konsumsi adalah penyebabnya.

Pada saat bulan puasa, Anda tidak akan sebebas hari-hari biasanya dimana Anda hanya dapat makan ketika sahur dan berbuka puasa saja. Sedangkan malam harinya banyak digunakan untuk beristirahat. Hal inilah yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan nutrisi dan berakhir pada penurunan sisitem kekebalan tubuh.

Dalam hal ini tidak perlu dikhawatirkan, Anda dapat mengakalinya dengan cara mengosumsi makanan yang tinggi akan vitamin C dan zinc untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Fungsi vitamin C

Mengapa Anda harus mengosumsi vitamin C? Hal ini dikarenakan, vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air dan memiliki beberapa fungsi utama seperti:
1. Membantu tubuh dalam memperbaiki jaringan yang rusak,
2. Membuat kekebalan tubuh lebih kuar dengan cara meningkatkan sel darah putih yang menjadi pasukan utama dalam melawan bakteri dan zat asing,
3. Mencegah penuaan,
4. Sebagai antioksidan yang sangat baik dalam mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Fungsi zinc

Sedangkan zinc merupakan mineral yang tidak hanya dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan saja, namun juga memiliki peran penting dalam tubuh:
1. Dapat meningkatkan pertahanan tubuh,
2. Mempercepat penyembuhan luka,
3. Membantu metabolisme karbohidrat.

Dengan fungsi yang ada dalam senyawa diatas, maka mengosumsi makanan yang mengandung senyawa vitamin C dan zink adalah caranya. Hal ini membuat Anda tidak mudah mengalami sakit pada saat melakukan ibadah puasa.

Mengosumsi vitamin C dan zink sebaiknya dimulai menjelang bulan puasa

Pada awal bulan puasa, tubuh Anda akan merasa kaget dan mulai melakukan adaptasi terhadap perubahan gaya hidup, antara lain pola makan, waktu tidur, dan waktu untuk melakukan aktifitas yang berubah. Hal ini, tidak jarang membuat orang dengan mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh perubahan gaya hidup.

Dalam hal ini, Anda memerlukan asupan vitamin C dan zinc lebih banyak. Akan lebih baik jika Anda mengosumsi vitamin C dan zink sebelum memasuki ibadah puasa, sehingga tubuh Anda siap dengan perubahan yang akan terjadi. Apalagi, kandungan vitamin C memiliki sifat larut dalam air dan sangat mudah hilang akibat dikeluarkan tubuh melalui keringat dan urin.

Jika Anda mengosumsi vitamin C sebelum memasuki bulan puasa. Maka Anda tidak perlu khawatir akan turunnya kandungan vitamin C dalam tubuh Anda. Hal ini dikarenakan simpananan kandungan vitamin C dalam tubuh akan memenuhi kebutuhan vitamin yang hilang.

Tidak jauh berbeda dengan fungsi vitamin C, mineral zinc juga sangat penting untuk Anda siapkan sebelum Anda menjalankan ibadah puasa. Jika kedua kandungan nutrisi ini dipenuhi, maka Anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan tanpa gangguan.

Vitamin C dan zink, Dari mana Anda mendapatkannya?

Untuk kandungan vitamin C, banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan terdiri dari manga, jeruk, papaya, melon, apel, dan sebagainya. Sedangkan untuk sayuran terdapat pada brokoli, kembang kol, tomat dan lainnya.

Sedangkan kandungan zink banyak Anda temui pada daging sapi, berbagai makanan laut, daging ayam, dan sayuran bayam.

Jika Anda tidak dapat mengosumsi semua sumber makanan yang tertera diatas secara bersamaan karena mempunyai waktu makan yang terbatas. Anda tetap dapat memenuhinya dengan mengandalkan suplemen yang mengandung vitamin C dan zink untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral Anda dalam tubuh.