Biji Pala? Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya

Hidup Sehat – Biji pala merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bahan tambahan masakan. Biji pala memiliki banyak kandungan yang baik, kandungan itu terdiri dari lemak total, protein, sodium, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C. Dari kandungan yang ada rempah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat yang diberikan buah pala untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan kesehatan otak

Biji pala dapat membantu menjaga kesehatan otak. Hal ini dikarenakan buah pala mengandung senyawa myristicin dan macelignan. Kedua senyawa ini dapat mengurangi kerusakan pada sistem saraf dan fingsi kognitif yang umumnya dimiliki pasien demensia atau penyakit Alzheimer.

Berdasarkab penelitian yang dilakukan, senyawa ini dapat memperlambat efek tersebut dan menjaga otak tetap berfungsi dengan normal. Bahkan, Biji pala dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan kelelahan serta stress pada Anda.

2. Mengurangi rasa sakit

Biji pala mengandung senyawa yang mirip dengan mentol, yang memiliki fungsi menghilangkan rasa sakit secara alami. Oleh sebab itu, dengan mencampurkan Biji pala ke dalam masakan, Anda dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka, ketegangan, dan peradangan kronis dari kondisi seperti arthritis.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam Biji pala mampu merangsang proses pencernaan dengan mendorong gerakan peristaltic pada otot polos usus.

Bahkan, Biji pala mampu merangsang sekresi berbagai cairan lambung dan usus yang dapat mempermudah proses pencernaan. Kandungan serat yang dimiliki Biji pala juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan perut kembung.

4. Menjaga kesehatan mulut

Biji pala yang memiliki sifat antibakteri, secara efektif dapat membantu membersihkan bakteri yang disebabkan oleh bau mulut (halitosis).

Biji pala juga mampu meningkatkan kekebalan gusi dan gigi serta Anda. Kandungan yang dimiliki Biji pala juga mamppu mengobati masalah gusi dan sakit gigi. Hal inilah yang menjadikan Biji pala sering digunakan sebagai salah satu bahan tambahan dalam pasta gigi dan obat kumur herbal.

5. Mengobati insomnia

Biji pala memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium merupakan salah satu mineral yang penting dalam tubuh, mineral ini mampu mengurangi ketegangan saraf bahkan merangsang pelepasan serotonin.

Serotonin merupakan hormon yang menciptakan rasa rileks. Serotonin akan berubah menjadi melatonin di dalam otak, yang merupakan pendorong tidur, sehingga dapat membantu seseorang menghilangkan insomnia atau kegelisahan di malam hari.

6. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh

Biji pala mampu bertindak sebagai tonik, yaitu sebuah zat yang bisa mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Oleh karena itu Biji pala dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Biji ini juga dapat membantu menghilangkan racun yang tersimpan atau terakumulasi di hati dan ginjal. Manfaat Biji pala ini juga dapat membuat organ tubuh bersih dari racun yang tersimpan, seperti alcohol, obat-obatan, polusi, atau makanan.

7. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan mineral dalam Biji pala sangat efektif untuk menjaga fungsi organ. Kandungan ini juga dipercaya dapat membantu meregangkan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular di dalam tubuh.

Kandungan Kalsium juga dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda dengan berperan pada perbaikan dan pertumbuhan tulang, dan dapat mengurangi gejala osteoporosis. Kandungan zat besi yang terdapat dalam Biji pala juga mampu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh Anda serta mengurangi kemungkinan Anda mengalami gejala kekurangan zat besi atau anemia.