Cantiknya Bunga Telang Yang Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Bunga telang (Clitorea ternatea) merupakan salah satu tumbuhan dengan kelopak bunga berwarna biru yang mudah ditemukan didaerah tropis. Bunga ini sering diolah menjadi teh yang memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Bunga telang dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami yang memiliki sifat antioksidan dan antihiperglikemik. Bunga ini juga dipercaya sejak dulu dapat digunakan sebagai pengobatan herbal alami. Berikut ini manfaat yang dihasilkan dari bunga telang.

1. Membantu mengatasi gangguan kecemasan

Bunga telang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami dalam membantu seseorang yang sedang mengalami gangguan kecemasan.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Jurnal Ancient Science of Life tetang penggunaan teh bunga telang dan yoga dalam menghadapi gangguan kecemasan. Dalam penelitian tersebut terdapat 30 orang penderita gangguan kecemasan yang dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok A adalah para peserta yang diberikan akar bunga telang yang dicampur dengan susu selama satu bulan. Kelompok B adalah para peserta yang menggunakan teknik yoga sebagai metode pengobatan alternatif. Dan kelompok C adalah para peserta yang melakukan keduanya.

Dari ketiga kelompok tersebut, peserta yang terdapat di kelompok C memperlihatkan perkembangan yang cukup dalam proses penyembuhan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan terapi tunggal.

Dari hasil penelitian yang dilakukan cukup menjanjikan, namun masih diperlukan uji coba lainnya, misalnya melihat bagaimana bunga telang bekerja terhadap gangguan kecemasan.

2. Mengandung senyawa antioksidan

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa kandungan antioksidan sangat penting dalam membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas tersebut memiliki efek yang sangat buruk terhadap kesehatan Anda, sehingga kandungan antioksidan sangat diperlukan dalam tubuh.

Anda dapat memperoleh kandungan antioksidan dari makanan dan minuman, termaksud bunga telang.

Pada tahun 2013 sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Internasional Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences memperlihatkan bahwa ekstrak metanol yang terdapat pada bunga telang kaya akan kandungan antioksidan.

Oleh sebab itu, manfaat bunga telang di dalam pengobatan masa depan digunakan sebagai pengobatan alternatif dalam menghambat hormone oksidatif dalam tubuh.

3. Membantu menyembuhkan diabetes

Berdasarkan sebuah penelitian dari BMC Complementary dan Alternative Medicine, bunga telang memiliki senyawa yang sangat bermanfaat bagi penyandang diabetes. Dalam penelitian ini melibatkan 15 peserta pria yang mengosumsi lima jenis minuman, termasuk teh bunga telang.

Setelah mengosumsi kelima minuman tersebut, terlihat bahwa kandungan antioksidan dalam tubuh pria yang sehat mengalami peningkatan. Bahkan, bunga telang yang dicampur dengan sukrosa dapat membantu mengurangi kandungan glukosa dan konsentrasi insulin seiring dengan meningkatkan kandungan antioksidan.

Walaupun demikian, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat manfaat yang diberikan bunga telang dalam mengontrol kadar gula darah ketika dicerna dengan karbohidrat.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Selain baik untuk kesehatan tubuh, manfaat bunga telang juga dapat mempercepat dalam penyembuhan luka. Hal ini dibuktikan dalam sebuah uji coba menggunakan hewan percobaan yang diberikan ekstrak biji dan akar bunga telang.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa ekstrak biji tumbungan bunga telang mengandung senyawa flavonol glikosida dan senyawa fenolik didalamnya. Para peneliti tersebut percaya bahwa kedua senyawa ini dapat mempercepat penyembuhan luka karena senyawa tersebut bersifat anti-inflamasi.

Dengan manfaat yang diberikan oleh bunga telang untuk kesehatan Anda, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bunga telang sebagai pengobatan alternatif.