Manfaat Konsumsi Mentimun Di Malam Hari Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Saat rasa lapar datang di malam hari, memilih cemilan tidak boleh dengan sembarangan, agar tidak mengalami kenaikan berat badan. Dalam hal ini, Anda dapat menjadikan buah-buah sebagai pilihan yang tepat dan lebih menyehatkan. Salah satunya dengan mengosumsi mentimun yang memiliki manfaat dan dapat dikonsumsi pada malam hari.

Mentimun yang biasanya digunakan sebagai pendamping makanan atau sebagai lalapan, juga dapat dikomsumsi sebagai cemilan dimalam hari. Anda akan mulai tertarik dengan mengosumsi mentimun sebagai cemilan jika mengetahui manfaatnya untuk kesehatan. Berikut ini manfaatnya:

1. Mentimun mengandung antioksidan

Mentinum merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan. Antioksidan tersebut yaitu flavonoid, tannin, dan triterpene, dimana kandungan ini merupakan zat kimia yang berfungsi sebagai pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

Perlu untuk diketahui, bahwa tingginya kadar radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit autoimun.

Oleh sebab itu, mengosumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan tinggi seperti mentimun dapat menjauhkan Anda dari risiko tersebut.

2. Mentimun dapat mengatasi masalah dehidrasi

Setiap 1 buah mentimun mengandung sekitar 96% air. Dimana air memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Air dapat membantu melancarkan penyebaran nutrisi serta membantu pembuangan zat-zat sisa yang tidak diperlukan di dalam tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka kinerja fisik serta metabolism dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan optimal. Dalam hal ini, mengosumsi mentimun dapat menjauhkan Anda dari masalah dehidrasi dan menjadikan tubuh lebih sehat.

3. Mentimun dapat membantu menjaga berat badan

Jika Anda khawatir dengan cemilan di malam hari yang Anda konsumsi dapat menambah berat badan. Hal itu tidak perlu dikhawatirkan jika Anda menjadikan mentimun sebagai cemilan sehat di malam hari.

Pada dasarnya mentimun yang mengandung banyak air, hanya mengandung 14 kalori dimana kalori ini kurang dari satu persen dari keseluruhan kalori yang dibutuhkan per hari.

Dikeranekan kandungan airnya yang tinggi, mentimun dapat membuat Anda kenyang lebih cepat, sehingga membantu Anda untuk mengosumsi makanan dengan porsi yang lebih sedikit.

Dengan jumlah kalori yang dimiliki mentimun sangat rendah, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

4. Mentimun dapat mengendalikan kadar gula darah

Buah mentimun juga dapat membantu Anda dalam mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini dilangsir oleh penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Scientific Research.

Penelitian ini dilakukan dengan memberikan potongan mentimun terhadap sekelompok tikus yang menderita diabetes. Terlihat bahwa tikus yang mengonsumsi lebih banyak mentimun mengalami penurunan kadar gula (glukosa) dalam tubuh.

Tidak hanya itu, peneliti lainnya juga melakukan penelitian dengan menggunakan tabung reaksi juga menunjukkan bahwa mentimun adalah salah satu buah yang sangat baik dalam mengurangi stress oksidatif terkait dengan komplikasi diabetes.

Dalam hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut agar manfaat buah mentimun benar-benar terbukti.

5. Mentimun dapat melancarkan pencernaan

Terkadang saat rasa lapar datang di malam hari, Anda mungkin memiliki kecenderungan mengosumsi makanan yang manis atau asin. Tidak jarang makanan ini dapat membuat Anda mengalami sakit perut dan susah buang air besar keesokan harinya.

Mengganti menu cemilan di malam hari dengan mentimun dapat membantu Anda mengurangi keinginan untuk mengosumsi makanan yang tidak sehat, dan juga dapat membantu Anda melancarkan pencernaan.

Dengan kadungan serat yang dimiliki buah mentimun, akan membantu pergerakan usus saat mencerna makanan yang nantinya dapat membuat Anda buang air besar jadi lebih teratur dan mudah.

Sebelum konsumsi mentimun yang kaya manfaat di malam hari

Mentimun merupakan buah yang menyegarkan dan memberi berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah mentimun dalam jumlah yang berlebihan.

Dengan penjelasan yang ada, buah mentimun yang memiliki kandungan air sangat tinggi, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat Anda merasa tidak nyawan ketika tidur, dikarenakan dapat memunculkan keinginan untuk buang air kecil.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya anda tidak mengosumsi terlalu banyak air setelah mengosumsi buah mentimun di malam hari.

Untuk Anda yang dalam pengobatan penyakit diabetes, juga tidak disarankan untuk mengosumsi buah mentimun. Pada dasarnya, buah mentimun dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh Anda.

Sehingga jika Anda mengosumsi mentimun terlalu banyak saat pengobatan, bisa saja kadar gula darah Anda langsung merosot turun, hal ini dapat beresiko terhadap komplikasi diabetes seperti hipoglikemia.

Sebaiknya lakukan konsultasi kepada dokter untuk mengetahui menu makanan yang baik dan tepat untuk Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.