Mengenal Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan

Hidup sehat – Buah leci salah satu buah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah yang banyak tumbuh subur di negara beriklim topis ini, terkenal dengan rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain dapat dikonsumsi langsung, buah ini juga banyak ditemukan pada berbagai olahan produk makanan. Walaupun sangat mudah untuk ditemukan, apakah Anda mengetahui manfaat yang diberikan untuk kesehatan?

Sebelum membahas manfaat yang diberikan buah leci untuk kesehatan, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu buah ini. Bauh leci banyak tumbuh subur di wilayah Tiongkok, tetapi dapat juga dikembangbiakkan di Indonesia, hal ini dikarenakan memiliki iklim yang sama.

Buah leci memberikan berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh dikarenakan kandungan gizinya. Berikut manfaat buah leci yang baik untuk kesehatan.

1. Mendukung fungsi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah leci memiliki kandungan vitamin C tinggi dan berbagai jenis vitamin B, yaitu niacin, riboflavin, dan tiamin. Bahkan, buah ini juga dilengkapi dengan senyawa lain seperti asam folat, kalium dan tembaga.

Kandungan vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dalam memerangi virus dan bakteri penyebab infeksi. Selain itu vitamin C juga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang masuk kedalan tubuh.

Selain itu, vitamin B berfungsi sebagai zat yang menjaga fungsi saraf, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan jantung dan otak.

2. Menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung

Tubuh memerlukan asupan mineral. Namun, bila kadarnya terlalu tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Salah satu mineral yang sering melebih kadar normal yang di butuhkan dalam tubuh adalah natrium. Kandungan mineral banyak ditemakan pada makanan asin. Terlalu banyak mengosumsi makanan asin dapat meningkatkan tekanan darah. Jika dibiarkan dapat menyebabkan hipertensi dan meningkatakan risiko penyakit jantung.

Salah satu yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kedua penyakit tersebut adalah dengan mengosumsi buah leci. Kandungan kalium yang terdapat pada buah leci dapat membantu mengurangi kadar natrium yang tinggi, sehingga baik untuk jantung Anda.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah leci mengandung serat yang cukup tinggi. Serat larut dalam buah leci dapat membantu sistem pencernaan dalam tubuh, hal ini dikarenakan serat larut akan membuat tinja lebih lunak, sehingga membantu melancarkan buang air besar.

Dengan begitu, mengosumsi buah leci secara rutin dapat membantu Anda terhindar dari masalah sembelit.

4. Menjaga kadar gula darah

Kandungan serat buah leci juga dapat membantu memperlambat proses penyerapan glukossa di dalam usus. Proses penyerapan ini menjadikan kadar gula dalam darah tidak akan melonjak naik secara tiba-tiba.

Dengan begitu, buah leci sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, perlu untuk konsultasi pada dokter agar Anda tahu seberapa banyak asupan buah leci yang dapat dikonsumsi.

Buah ini juga baik untuk ditambahkan kedalam menu harian ketika Anda sedang menjalani program diet. Proses pencernaan serat yang cukup lama dalam usus, dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan demikian Anda akan terhindar dari ngemil makanan lain.

5. Berpotensi mencegah berbagai macam penyakit kronis

Buah leci selain mengandung serat, mineral, dan vitamin, juga kaya akan kandungan antioksidan. Berbagai antioksidan dalam buah leci yang terdapat dalam daging dan kulit, yaitu epicatechin, rutin, dan oligonol.

Studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada buah leci memberikan manfaat dalam mencegah penyakit jantung, penyakit hati, kanker, dan diabetes.