Mengulik Manfaat Dari Kedelai Hitam Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kacang kedelai, namun bagaimana dengan kerabatnya yang berwarna hitam? Kedelai hitam dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Kedelai hitam memiliki berbagai kandungan yang penting dalam tubuh. Kandungan tersebut terdiri dari protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, thiamin, niasin, folat dan vitamin K.

Selain kandungan yang diatas, kacang kedelai juga memiliki kandungan antioksidan seperti saponin, anthocyanin, kaempferol, dan quercetin yang berperan sebagai zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Berdasarkan kandungan yang dimiliki oleh kedelai hitam, berikut ini manfaat yang diberikan untuk kesehatan:

1. Menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung

Kacang kedelai hitam memiliki kandungan serat yang tinggi, dengan kandungan ini kacang kedelai berpotensi menjaga kesehatan jantung Anda dengan cara menurunkan kadar LDL. LDL atau kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab terjadinya pembentukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Kedelai hitam juga memiliki puluha jenis senyawa antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan oleh radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Jika pembuluh darah dalam tubuh sehat, plak akan sulit terbentuk, maka aliran darah mengalir dengan lancar, sehingga risiko penyakit jantung menurun.

2. Berpotensi mencegah kanker

Kedelai hitam dipercaya dapat mencegah penyebaran sel kanker. Dalam hal ini tidak banyak orang yang mengetahuinya. Berdasarkan antioksidan yang terdapat dalam kedelai hitam, diantaranya antosianin dan saponin.

Senyawa antosianin merupakan zat yang memberi warna gelap terhadap kedelai hitam. Senyawa ini juga diketahui dapat menghambat perkembangan tumor dalam usus, payudara, perut, prostat, ovarium, sampai rahim.

Sedangkan senyawa saponin merupakan senyawa yang mampu mencegah sel kanker yang masuk melalui aliran darah sehingga tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain.

3. Baik untuk penderita diabetes

Mengosumsi kedelai hitam tidah hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, tetapi juga baik untuk mereka yang mengalami gejala diabetes. Berdasarkan beberapa penelitian terhadap penderita diabetes tipe-2, mengosumsi kedelai hitam dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, lemak, dan insulin kedalam darah.

Serat yang dimiliki kedelai hitam juga mampu mencegah obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit diabetes. Serat bekerja dengan cara menghambat produksi serta pembesaran sel-sel lemak dalam tubuh, terutama yang berada disekitar perut dan bawah lapisan kulit.

4. Memelihara kesehatan tulang

Kedelai hitam juga memberikan asupan kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dan zinc kedalam tubuh, dimana kandungan diatas merupakan kandungan yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dalam kedelai hitam memiliki fungsi sebagai penjaga struktur tulang agar selalu kuat dan kokoh.

Sedangkan zat besi dan zinc dibutuhkan tubuh untuk menjaga kekuatan serta kelenturan tulang dan sendi. Mengosumsi kedelai hitam merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan seluruh mineral penting diatas sekaligus dalam tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Kacang kedelai sering diolah menjadi berbagai cemilan sehat rendah kalori yang digunakan untuk menurunkan berat badan. Bukan tanpa alasan, berdasarkan protein yang ada dalam kedelai dapat dijadikan sebagai sumber energi beserta kandungan serat didalamnya yang membuat kenyang lebih lama.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat yang sama jika mengosumsi kedelai hitam. Kacang dengan nutrisi yang baik dapat memberikan rasa kenyang dan menstabilkan nafsu makan sehingga asupan kalori dapat terkontrol.

Sama halnya dengan kedelai putih, kedelai hitam merupakan salah satu bahan pangan yang kaya akan protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan. Begitu juga dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan jantung, tulang, hingga dapat membuat Anda yang sedang menjalani program diet.

Seluruh manfaat diatas bisa Anda dapatkan dengan mudah, dengan menambahkan kedelai hitam kedalam menu sehari-hari. Selama tidak ada reaksi alergi yang terjadi pada sistem pencernaan, kedelai hitam dapat dijadikan salah satu sumber pangan yang sangat baik dalam kesehatan tubuh Anda.