Kebiasan Harian Yang Dapat Membantu Mencegah Masalah Dalam Mulut

Hidup Sehat – Rutin merawat kebersihan tubuh serta menjaga makanan yang dikonsumsi merupakan hal yang harus diperhatikan, karena ini adalah salah satu penentu kondisi kesehatan seseorang. Selain itu, yang tidak kalah penting juga adalah menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Jika kesehatan dan kebersihan mulut terjaga maka dapat mencegah masalah pada mulut, seperti infeksi dan bau mulut.

Kebiasaan baik dan positif dapat tercermin dari bagaimana Anda merawat kebersihan dan kesehatan tubuh. Misalnya dengan rutin melakukan olahraga, maka Anda akan memiliki berat badan yang ideal dan postur tubuh yang tegap. Selain itu, jika Anda terbiasa menjaga kesehatan dan kebersihan mulut maka gangguan pada bagian mulut seperti bau mulut dan lainnya tidak akan terjadi.

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan beberapa hal yang dapat menjaga dan membantu dari gangguan kesehatan mulut.

1. Menyikat gigi, flossing, dan menggunakan mouthwash setiap hari

Sebagian besar orang sudah mengerti akan pentingnya rutin menyikat gigi setiap hari. Dalam hal ini, kebersihan gigi akan lebih terjaga dengan baik bila anda melakukan flossing, lalu dilengkapi dengan berkumur menggunakan mouthwash yang memiliki kandungan 4 minyak esensial yang dapat mengurangi 99,9% kuman penyebab bau mulut, mengurangi plak, dan melawan kuman penyebab masalah gigi.

Menyikat gigi dua kali sehari merupakan kunci menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga dapat terhindar dari kerusakan pada gigi dan gusi. Sebaiknya melakukan flossing satu kali saja setiap hari.

Mengakhiri proses pembersihan gigi dengan obat kumur, seperti dilansir dari MedicalNewsToday, mouthwast yang banyak mengandung bahan antiseptik sangat membantu dalam mengontrol plak serta menjaga kesehatan gigi.

2. Membatasi makanan manis serta makanan yang mengandung tepung

Kandungan gula yang terdapat pada makanan dan minuman adalah salah satu penyebab utama dari gangguan kesehatan mulut, seperti gigi berlubang. Dengan membatasi asupan makanan yang banyak mengandung gula, Anda dapat melindungi gigi serta mulut.

WHO menyarankan untuk membatasi asupan gula di bawah 10% dari total batas kalori yang dibutuhkan setiap harinya. Serta, makanan yang mengandung tepung seperti biskuit, roti dan pasta juga dapat menimbulkan kerusakan pada gigi.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memulai kebiasaan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak gula dan tepung.

3. Mengosumsi air putih dari pada minuman manis

Minuman yang memiliki rasa manis seperti soda atau minuman lainnya yang mengandung gula adalah kebiasan yang dapat merugikan dan menyebabkan masalah kesehatan pada gigi dan mulut.

Air putih tidak hanya dibutuhkan dalam tubuh untuk dapat bekerja secara normal, Anda juga dapat terhindar dari gejala dehidrasi. Mengonsumsi air putih juga tidak akan merugikan gigi dan mulut karena bebas dari zat asam.

4. Mengunyah permen karet bebas gula

Jika Anda termasuk orang yang tidak tahan untuk berhenti mengemil, permen karet bebas gula dapat jadi solusinya. Berdasarkan dentalhealth.org mengunyah permen karet tanpa gula dapat mengalihkan Anda dari keinginan untuk mengosumsi cemilan yang dapat merugikan kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, mengunyah permen karet bebas gula setelah makan, Anda dapat mengurangi serangan asam yang tertinggal akibat makanan yang Anda konsumsi sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh produksi air liur yang bekerja sebagai pertahanan alami mulut dari serangan asam.

5. Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi

Dengan melakukan pemeriksaan dua kali selama setahun ke dokter gigi, dapat mengetahui kesehatan gigi dan mulut Anda serta terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mulut.

Sebelum melakukan sebuah kebiasaan, Anda sebaiknya mempertimbangkan dahulu dampak terhadap tubuh Anda. Melakukan kebiasaan yang baik dalam tubuh dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.