Daftar Makanan Penambah Stamina Tubuh

Hidup Sehat – Makanan penambah stamina diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Stamina merupakan kekuatan yang dibutuhkan untuk bertahan, baik secara fisik dan mental. Untuk menjaga stamina yang baik adalah dengan menjalani pola hidup sehat serta mengosumsi berbagai macam makanan bergizi, terutama makanan yang dapat menambah stamina Anda dengan cepat.

Makanan Penambah stamina yang sangat disarankan agar aktivitas dapat berjalan optimal;

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis gandum yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan beberapa kandungan lain seperti vitamin B, zat besi dan mangan. Oatmeal sangat baik dikonsumsi sebagai menu sarapan sehat, hal ini dikarenakan serat didalamnya lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama serta tidak cepat kehabisan energi

2. Hati sapi

Hati sapi adalah salah satu makanan yang padat akan nutrisi (superfood). Hati sapi juga dikenal sebagai sumber zat besi, dan semua jenis protein yang dibutuhkan tubuh dalam menghasilkan energi. Bahkan, hati sapi kaya akan vitamin B12 yang sangat baik dalam memproduksi energi.

3. Ikan salmon dan tuna

Ikan salmon dan tuna merupakan makanan dengan kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 adalah kandungan yang sudah terbukti dalam meningkatkan performa dan ketahanan tubuh saat beraktivitas fisik.

Bahkan, ikan salmon dan tuna memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi. Sehingga kombinasi protein, asam lemak omega-3, dan vitamin B12 sangat baik dalam meningkatkan produksi energi dalam tubuh.

4. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang tidak usah diragukan lagi dalam menambah stamina tubuh. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kandungan leusin, yang merupakan kandungan jenis asam amino esensial. Kandungan ini bermanfaat untuk penyerapan gula dan metabolisme lemak penghasil energi.

5. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang dikenal memiliki manfaat sebagai penambah stamina. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat, kalium, vitamin B6 yang tinggi. Kandungan tersebut sudah terbukti dapat membantu meningkatakn energi dalam tubuh.

Masih banyak lagi makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menambah stamina seperti beras merah, ubi jalar, apel, alpukat, jeruk, stroberi, cokelat hitam.