Manfaat Minyak Rose hip Untuk Kecantikan Kulit

Hidup Sehat – Banyak jenis minyak yang dapat digunakan untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Minyak rose hip atau rose hip oil merupakan salah satu minyak yang sekarang semakin terkenal. Apa itu minyak rose hip serta manfaat kandungan yang baiknya?

Minyak rose hip merupakan minyak yang diproses dari biji buah rose hip. Tanaman ini banyak tumbuh di negara Chili. Diambil dari Healthline, minyak rose hip memiliki kandungan vitamin yang dapat memberikan nutrisi pada kulit serta asam lemak esensial. Minyak ini juga mengandung senyawa fenol dimana senyawa ini sudah terbukti memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Berdasarkan kandungan diatas, minyak rose hip dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam mengatasi bemacam kondisi kulit. Berikut merupakan manfaat dari bunga rose hip untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

1. Melembapkan kulit

Kandungan asam lemak esensial yang terdapat pada minyak rose hip sangat tinggi, termasuk asam linoleat dan asam linolenat, yang baik dalam membantu menghidrasi serta melembapkan kulit. Oleh sebab itu, minyak rose hip sangat baik digunakan untuk mengatasi kulit kering, termasuk pada kulit sensitif yang memiliki kecenderungan gatal.

Menggunakan minyak rose hip secara rutin setelah mandi, dapat menjaga kelembapan kulit serta memperbaiki kondisi kulit kering akibat polusi atau zat kimia.

2. Menghapus make up

Minyak rose hip merupakan salah satu dari berbagai minyak yang dapat digunakan untuk menghapus make up. Hal ini dikarenakan minyak rose hip bersifat melembapkan, sehingga menghapus make up tidak akan menimbulkan kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, menghapus make up dengan menggunakan minyak rose hip sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.

3. Mencerahkan kulit

Minyak rose hip yang mengandung vitamin A dapat mendorong pergantian kulit. Bahkan, minyak rose hip juga mengandung vitamin C yang dapat membantu regenerasi sel sehingga sangat efektif dalam membuat kulit lebih cerah.

Dengan kedua kandungan tersebut, minyak rose hip sangat baik untuk digunakan sebagai eksfoliasi kulit, sehingga membantu mengurangi kulit kusam dan otomatis mencerahkan kulit.

4. Mengencangkan kulit dan anti-aging

Selain dapat digunakan untuk melembabkan dan mencerahkan kulit, minyak rose hip juga dapat mengencangkan kulit Anda. Vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam minyak rose hip dapat membantu kulit untuk memproduksi kolagen. Kolagen yang diproduksi oleh tubuh dapat membantu kulit dalam elastisitas atau kekencangan kulit. Hal ini membuat minyak rose hip sering digunakan banyak orang dalam mengurangi penuaan di kulit atau anti-aging.

Minyak rose hip yang memiliki kandungan antioksidan sudah terbukti dalam mengatasi kerusakan pada kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari, seperti bintik hitam.

Walaupun demikian, untuk mengurangi paparan dari sinar matahari, sebaiknya Anda menggunakan tabir surya untuk lebih maksimal dalam mencegah kerusakan yang ditimbulkan dari paparan sinar matahari. Konsultasikan dengan dokter kulit tentang cara aman menggunakan tabir surya serta minyak rose hip yang digunakan secara bersamaan untuk perawatan kulit.

5. Menghilangkan bekas luka dan garis halus

Minyak rose hip sudah lama digunakan sebagai obat tradisional dalam penyembuhan luka, mengurangi bekas luka serta menyamarkan garis-garis halus. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015, minyak rose hip terbukti dapat mengurangi tampilan bekas luka serta membantu memperbaiki perubahan warna kulit yang berhubungan dengan bekas luka.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan minyak rose hip yang mengandung vitamin A dan vitamin C serta asam lemak esensial yang merupakan salah satu dari bagian regenerasi jaringan dan sel kulit.

6. Membantu menghilangkan stretch mark

Sama dengan bekas luka dan garis halus, minyak rose hip juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan stretch mark yang diakibatkan dari kehamilan dan obesitas. Kenneth How, seorang ahli dermatlogis dari New York mengatakan bahwa dalam sebuah studi ditemuakan fakta wanita yang menggunakan krim yang mengandung minyak rose hip selama kehamilan cenderung tidak memiliki stretch mark. Begitu juga yang sudah memiliki stretch mark cenderung tidak memburuk.

7. Mengurangi iritasi pada kulit ekstrim

Minyak rose hip yang kaya akan kandungan antioksidan, menjadikan minyak ini sangat baik dalam melawan peradangan. Eksim merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan adanya peradangan, seperti gatal, kulit kering dan iritasi kulit.

Oleh karena itu, minyak rose hip dapat digunakan untuk membantu mengurangi iritasi pada kulit yang eksim dan peradangan pada kulit lainnya, seperti psoriasis atau dematitis.

8. Merawat kulit yang rentan berjerawat

Minyak rose hip yang digunakan sangat cepat menyerap kedalam kulit sehingga tidak mungkin menyumbat pori-pori pada kulit. Minyak rose hip juga mengandung retinoid yang membantu mengurangi munculnya jerawat. Sehingga minyak ini sangat cocok digunakan untuk mereka yang memiliki kulit yang mudah berjerawat.