Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Beragam jenis musik seperti klasik, jazz, pop, rock, R&B, hip hop dan lainnya tidak hanya enak untuk didengar tetapi juga dapat mempengaruhi perasaan bagi yang mendengarkannya. Tidak hanya itu saja, musik juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Beberapa jenis musik dapat memberikan kesan dan pengaruh yang berbeda-beda pada pendengarnya. Pengaruh musik dapat membuat seseorang merasa santai, senang, sedih, menangis, dan tertawa. Musik juga diperkirakan bagus untuk kesehatan jantung. Walaupun tidak dapat memperbaiki masalah jantung secara keseluruhan, paling tidak musik bisa membantu menghilangkan stres, serta mempermudah masa penyembuhan setelah proses operasi jantung.

Ritme dan nada musik dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, denyut jantung, meningkatkan kemampuan mengingat, belajar, serta berpikir. Musik juga dapat berpengaruh terhadap suasana hati seseorang sehingga memberikan efek relaksasi. Oleh sebab itu, musik dapat digunakan sebagai terapi dalam mengatasi kesehatan dan yang terkait dengan emosional seseorang.

Menikmati alunan musik dapat memberikan ragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaatnya:

1. Music dapat memberikan mood lebih baik

Berdasarkan sebuah penelitian, mengatakan bahwa seseorang yang mendengarkan musik dengan nada yang ceria akan meningkatkan mood pendengar setidaknya dua minggu. Musik juga dapat membuat seseorang menjadi lebih ceria dan gembira. Bahkan, terapi music juga dapat mengurangi gejala depresi, melawan stres, serta meningkatkan konsentrasi, memperbaiki memori, serta menjaga kesehatan otak.

2. Musik dapat membuat tidur lebih nyaman

Jika gangguan tidur datang, seperti insomnia, musik dapat menjadi salah satu jawabannya. Musik dapat membuat Anda lebih santai, sehingga mempermudah Anda untuk tidur dan dapat meningkatkan kualitas tidur. Tetapi pilihan musik yang dapat membantu tidur lebih nyenyak adalah musik dengan irama dan alunan yang lembut dan pelan seperti music klasik, jazz, slow pop, bukan genre rock atau hip hop.

3 Musik untuk kesehatan tubuh

Anda menginginkan tubuh terasa lebih bugar? Sebaiknya Anda mendengarkan musik. Musik tidak hanya memengaruhi mood seseorang, ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan. Pada dasarnya mendengarkan musik dengan nada yang lembut, seperti klasik dan jazz, membuat jantung berdetak lebih pelan, sehingga membuat otak dan tubuh akan lebih santai atau relax, dan membuat pernapasan lebih lancar.

4. Musik untuk penderita epilepsi

Pasien yang memiliki epilepsi dapat menunjukkan adanya aktivitas listrik tertentu dalam otak sebelum terjadi kejang. Dengan mendengarkan musik klasik dipercaya dapat membantu mencegah munculnya aliran listrik pemicu kejang bagi penderita epilepsi.

5. Music dapat membantu proses operasi

Mendengarkan musik sebelum, sesudah atau sedang menjalani operasi dapat membantu proses jalannya operasi. Dalam hal ini musik dapat mengurangi rasa gelisah dan khawatir sebelum melakukan operasi. Mendengarkan musik setelah melakukan operasi atau masa penyembuhan dapat membantu mengurangi rasa sakit. Sama juga dengan mendengarkan musik pada saat operasi.

6. Musik dapat membantu pemulihan pasca stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang dapat berlangsung dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan penderita mengalami keterbatasan fisik. Beberapa penelitian mengatakan bahwa musik dapat membawa pengaruh positif untuk proses pemulihan stroke.

Pasien dengan serangkaian penanganan stroke yang diikuti dengan terapi musik, akan mengalami pemulihan yang lebih baik dalam kemampuan dan kekuatan gerakan otot lengan dan tungkai, serta merasa lebih positif selama menjalani proses pemulihan.

7. Memainkan musik dapat menghilangkan stres

Saat mendengarkan musik Anda dapat memperbaiki mood, sedangkan bermain alat musik dapat membantu Anda menghilangkan stres. Tidak perlu untuk menjadi pemain musik yang handal atau belajar beragam teknik, cukup bermain alat musik yang Anda sukai, atau menggunakan beragam benda yang ada disekitar anda.

Berbagai studi mengatakan bahwa dengan bermain musik selama satu jam dapat membantu mengurangi stres. Jika Anda melakukan secara rutin selama enam minggu dipercaya dapat menurunkan risiko masalah yang diakibatkan dari stres.

Berbagai macam manfaat di atas dapat membuat Anda menjadi lebih semangat untuk mendengarkan musik atau memainkan alat musik. Tetapi, jika tujuannya adalah untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh, tentu saja musik tidak cukup, harus disertai dengan pola hidup sehat.