Mengatasi Jerawat Dengan Air Garam

Hidup Sehat – Obat jerawat yang mengandung bahan kimia terkadang dapat menimbulkan beberapa efek samping. Bagi pemiliki kulit sensitif dapat mengalami beberapa efek seperti kulit kemerahan, kering, serta iritasi. Anda dapat menggantinya dengan cara yang lebih alami sehingga dapat mengatasi jerawat Anda, misalnya dengan menggunakan air garam.

Garam sering ditambahkan dalam produk perawatan kecantikan kulit dengan berbagai bentuk dan namanya sesuai dengan jenis dan fungsi produk tersebut. Anda dapat menemukannya pada scrub, masker, sampo serta obat jerawat.

Mengapa air garam dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat?

Jerawat timbul saat por-pori kulit mengalami penyumbatan oleh minyak dan sel kulit mati. Setiap pori yang terhubung ke kelenjar minyak akan menhasilkan sebum (minyak). Produksi sebum jika berlebihan akan menyumbat pori-pori dan mendukung pertumbuhan bakteri P.acnes.

Infeksi bakteri akan mengakibatkan peradangan sehingga pori-pori yang mengalami penyumbatan menjadi merah, bengkak, dan terasa nyeri. Pembentukan jerat bisa menjadi parah dengan adanya faktor genetik, makanan tertentu, stres, bahkan perubahan hormon.

Air garam memang tidak secara langsung dapat menghilangkan jerawat. Tetapi, bahan alami ini mampu mencegah dan mengatasi jerawat dengan cara berikut:

1. Eksfoliasi

Manfaat utama air garam ialah untuk eksfoliasi, yang bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit mati sehingga tidak terjadi penumpukan dan penyumbatan pada pori-pori. Hal inilah yang menyebabkan garam sering digunakan untuk produk skincare berbentuk scrub.

Butiran garam pada scrub dapat mengikis lapisan kulit mati pada wajah Anda. Proses ini tidak hanya dapat membersihkan wajah, tetapi juga dapat membantu kulit menyerap produk skincare dan obat jerawat dengan lebih baik.

2. Mencegah pertumbuhan bakteri

Garam dapat digunakan untuk membunuh bakteri dengan menyerap kandungan air didalamnya. Ketika terdapat banyak garam yang terdapat pada badan bakteri, maka air dari dalam bakteri akan keluar, proses ini disebut dengan osmosis.

Osmosis memiliki tujuan untuk menyamakan konsentrasi garam yang berada di dalam dan luar badan bakteri, sehingga proses ini mengakibatkan hal berikut:
• Sel bakteri mengalami dehidrasi
• Enzim dan protein dalam bakteri tidak dapat berfungsi
• Sel bakteri kehilangan strukturnya, dan akan terurai
• Bakteri mati sebelum bisa menyebabkan infeksi parah pada kulit

3. Detoksifikasi dan fungsi lainnya

Air garam sering digunakan untuk mengatasi jerawat dikarenakan mampu menyerap racun yang berada pada kulit. Selain itu, air garam juga dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darah, melembutkan tekstur, serta mengatur kadar air dan kelembapan kulit.

Cara menggunakan air garam dalam mengatasi jerawat

Penggunakan air garam untuk mengatasi jerawat berbeda dengan scrub yang menggunakan bahan garam. Butiran garam dapat menyebabkan perih pada kulit, terutama bagi Anda yang memiliki banyak jerawat. Jadi cukup larutkan garam dengan air untuk dibilaskan pada bagian wajah Anda.

Anda dapat menggunakan garam biasa, garam laut, ataupun garam himalaya. Berikut tahap-tahap membuat serta menggunakan air garam:

1. Campurkan 250 mL air hangat yang sudah disaring dengan tiga sendok makan garam.
2. Aduk dengan sendok hingga betul-betul merata. Untuk mempermudah tahap ini, Anda dapat menghaluskan garam dengan blender terlebih dulu.
3. Masukkan lap bersih ke dalam larutan air garam, lalu tempelkan pada area wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 3-4 menit.
4. Lepaskan lap, kemudian bilas wajah Anda dengan campuran air garam tersebut hingga mengenai seluruh wajah dan jangan membuka mata atau mulut saat membilas.
5. Bilas wajah Anda menggunakan air bersih. Kemudian keringkan wajah menggunakan lap kering dengan cara ditepuk-tepuk.
6. Lakukan langkah-langkah tersebut setiap pagi dan malam. Apabila kondisi jerawat cukup parah, Anda dapat mengulanginya hingga empat kali.

Ketika menggunakan air garam dalam mengatasi jerawat, sebaiknya Anda memastikan bahwa Anda tidak menggunakan produk eksfoliator berbutir kasar. Eksfoliator bisa mengangkat sel-sel kulit mati, tetapi produk ini justru dapat mengikis kulit jika digunakan bersamaan dengan air garam.

Jika mengalami masalah jerawat yang tidak membaik, Anda dapat meilihat faktor lain yang menjadi penyebabnya. Anda dapat menghindari makanan yang dapat memicu jerawat, usahakan tidur dengan cukup, serta hindari menyentuh wajah guna mencegah infeksi bakteri dari tangan.