Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Facial Wajah

Hidup Sehat – Facial wajah adalah salah satu jenis perawatan kulit yang umum untuk dilakukan. Metode dalam perawatan ini dipercaya efektif untuk meremajakan kulit wajah dan membantu mengatasi masalah tertentu pada wajah, misalnya jerawat dan komedo. Tetapi, semua memiliki efek samping dari facial wajah yang porlu Anda ketahui.

Menginginkan kulit wajah yang sehat dan berseri adalah dambaan setiap orang. Salah satu yang sering digunakan untuk melakukan perawatan kulit adalah dengan facial wajah. Untuk perawatan wajah dapat dilakukan di klinik kecantikan, spa, dan salon.

Tetapi, Jika Anda ingin melakukan facial wajah, perlu untuk berhati-hati, bila prosedur facial wajah tidak dilakukan oleh tenaga ahli atau terlatih, dan tanpa pengawasan dokter, tindakan ini justru memungkinkan Anda mengalami masalah pada kulit wajah.

Facial wajah secara umum digunakan untuk membersihkan wajah, mengurangi penyumbatan pada pori-pori kulit yang diakibatkan oleh komedo dan jerawat, meremajakan kulit wajah, dan membuat kulit wajah lebih bersih, segar, dan awet mudah.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan selama prosedur facial wajah berlangsung:

  • Membersihkan wajah secara menyeluruh
  • Melembutkan kulit wajah dengan uap
  • Melakukan prosedur eksfoliasi kulit wajah
  • Melakukan pencabutan komedo
  • Menggunakan masker wajah
  • Menggunakan toner wajah untuk astringen

Manfaat facial wajah yang dilakukan secara rutin akan membuat wajah menjadi lebih cerah dan terlihat sehat. Bahkan, facial wajah bisa membantu mengurangi sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga jerawat dan komedo berkurang.

Proses eksfoliasi menggunakan scrub atau chemical peels pada facial wajah dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga garis halus yang terdapat pada wajah dapat tersamarkan dan membuat kulit lebih elastis.

Prosedur facial wajah secara umum harus dilakukan di bawah pengawasan dokter estetika atau dokter spesialis kulit. Jika tidak dalam pengawasan, facial wajah sangat berisiko untuk dilakukan.

Berikut ini beberapa efek samping yang dapat terjadi bila Anda melakukan facial wajah tanpa pengawasan dokter:

  • Kulit menjadi kering dan iritasi
  • Kulit menjadi kemerahan dan bengkak
  • Dermatitis dan erupsi akneiformis

Untuk mengatasi efek samping dari facial wajah diatas, dapat menggunakan obat-obatan sesuai anjuran dokter. Dalam hal ini jangan mudah untuk tergiur dengan macam-macam perawatan fasial wajah yang murah dan cepat.

Melakukan facial wajah untuk merawat kulit wajah, sebaiknya Anda melakukannya di klinik kecantikan dan pusat perawatan kulit yang terpercaya dan diawasi oleh dokter. Sehingga dokter dapat memberikan penanganan yang tepat jika Anda mengalami reaksi efek samping atau tidak cocok dengan produk kecantikan yang digunakan oleh Anda selama menjalani facial wajah.