Atasi Komedo Yang Membandel Dengan Cara Ini

Hidup Sehat – Setiap orang pernah mengalami masalah komedo di kulitnya, mulai dari komedo yang ringan sampai komedo yang parah. Jika tidak diatasi dengan benar, komedo ini dapat membuat warna kulit menjadi tidak merata dan dapat menimbulkan jerawat.

Komedo terbentuk ketika pori-pori yang ada pada kulit tersumbat karena minyak (sebum) yang diproduksi kulit menumpuk. Tumpukan minyak pada kulit akan mengeras dipermukaan kulit, sehingga dapat menghasilkan titik-titik kecil yang sering disebut komedo.

Komedo yang terkena paparan udara luar mengalami proses oksidasi pada sebum, sehingga akan menyebabkan warna komedo menjadi hitam, yang sering disebut dengan blackhead.

Permukaan komedo yang tertutup oleh kulit, maka oksidasi tidak akan terjadi sehingga membentuk whitehead. Komedo parah yang terinfeksi dan meradang dapat berubah menjadi jerawat.

Apa yang dapat menyebabkan komedo?

Ada beberapa faktor yang dapat memicu pertumbuhan komedo pada kulit, salah satunya produksi minyak yang berlebih, misalnya saat mengalami masa puber, menstruasi, bahkan saat mengosumsi pil KB.

Bahkan, komedo juga dapat dipicu oleh penumpukan bakteri Propionibacterium acnes yang ada pada permukaan kulit, iritasi pada folikel rambut, serta obat-obatan tertentu yaitu kortikosteroid dan hormon androgen.

Hal yang perlu Anda lakukan saat mengatasi komedo yang datang yaitu menahan untuk tidak memencet atau mengeluarkan komedo, hal ini justru akan mengakibatkan isis komedo semakin terdorong ke dalam, sehingga bakteri penyebab infeksi masuk kedalam pori-pori Anda. Mengeluarkan komedo juga dapat meninggalkan bekas luka seperti bopeng yang tidak enak dilihat.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi komedo parah, mulai dengan menggunakan cara sederhana hingga perawatan medis.

Perawatan di rumah

1. Cuci muka secara teratur

Cuci muka saat bangun dan sebelum tidur dapat menghilangkan tumpukan minyak dalam kulit. Tetapi perlu di ingat, jangan cuci muka secara berlebihan cukup 2 kali sehari, jika lebih dari 2 kali dapat mengiritasi kulit dan memperparah jerawat. Sebaiknya menggunakan pembersih yang lembut agar tidak membuat kulit menjadi merah atau teriritasi.

2. Cuci rambut setiap hari

Minyak yang terdapat pada rambut juga dapat mempengaruhi terhadap pori-pori yang tersumbat. Oleh sebab itu, mencuci rambut setiap hari dapat membantu mengatasi komedo, terutama untuk Anda yang memiliki tipe rambut yang berminyak.

3. gunakan produk yang bebas minyak

Setiap produk yang memiliki kandungan minyak dapat menimbulkan komedo baru. Sebaiknya pilihlah make-up, lotion, serta tabir surya yang bebas minyak dan produk yang memiliki label noncomedogenic untuk terhindar dari komedo parah.

4. Gunakan produk pengelupasan komedo

Exfoliating scrub dan masker dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada wajah, sehingga membantu mengurangi komedo dan mencegahnya. Gunakan produk yang tidak membuat iritasi pada kulit Anda.

Perawatan medis

Jika produk yang Anda gunakan tidak dapat mengatasi komedo pada kulit Anda, kemungkinan Anda memerlukan perawatan dan obat dari dokter untuk penanganan selanjutnya.

1. Obat-obatan

Pada Dasarnya, dokter akan memberikan resep obat yang mengandung vitamin A, seperti tretinoin dan adapalene, yang bekerja dengan cara mencegah terbentuknya penyumbatan pada pori-pori serta mempercepat pergantian sel-sel kulit. Dalam kasus dimana komedo yang disertai dengan jerawat yang parah, dokter akan memberikan resep obat yang mengandung benzoyl peroxide dan antibiotik untuk jerawat.

2. Mikrodermabrasi

Perawatan mikrodermabrasi merupakan metode yang dapat mengangkat lapisan kulit paling atas dengan menggunakan alat khusus seperti tabung yang memiliki permukaan yang kasar. Metode ini juga dapat menghilangkan sumbatan pada pori-pori penyebab komedo. Mikrodermabrasi selain dapat mengatasi komedo, juga dapat memperbaiki penampilan kulit, membuat kulit tampak lebih mudah, serta mengurangi penampakan bintik hitam.

3. Chemical peels

Perawatan kecantikan non bedah ini sangat populer dalam membantu memperbaiki penampilan kulit dan membantu mengatasi komedo parah dengan menghilangkan sel kulit mati dan sumbatan. Metodi ini mirip dengan metode mikrodermabrasi, tetapi untuk metode ini menggunakan bahan kimia dalam mengupas sel-sel kulit yang telah mati. Setelah pengelupasan dilakukan, maka kulit akan lebih halus terlihat. Selain mengatasi komedo, metodi ini sering digununakan dalam mengatasi bekas jerawat, bintik hitam, keriput, serta memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari.

4. Terapi laser dan terapi cahaya

Metode ini sering digunakan untuk mengobati komedo yang parah dan jerawat tanpa merusak permukaan kulit paling luar. Terapi ini menggunakan energi sinar yang bisa menurunkan produksi minyak berlebih yang terdapat pada kulit dan membunuh bakteri penyebab komedo.

Komedo parah bukanlah sesuatu kondisi yang membahayakan, namun sebagian orang manjadikan kondisi ini sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Bahkan, komedo yang ada pada kulit dapat berkembang menjadi jerawat yang parah dan merusak kulit bisa tidak mendapatkan perawatan yang benar.

Oleh sebab itu, Anda dapat melakukan perawatan komedo yang aman dan cocok untuk dilakukan secara rutin. Sebaiknya Anda konsultasi kepada dokter kulit mengenai perawatan kulit yang dapat Anda lakukan sendiri, selain itu Anda akan mengetahui tindakan yang benar jika terjadi komedo mulai membengkak, terasa sakit, dan meradang.