Manfaat Minyak Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Minyak jahe memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari mengatasi peradangan, gejala mulai dan muntah, sampai menghilangkan stres, dan lain-lain. Jahe (Zingiber officinale) merupakan salah satu tanaman hebal yang sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Jahe banyak digunakan dalam berbagai macam olahan, mulai dari susu, jamu, kapsul, hingga minyak jahe. Hal ini dikarenakan jahe memiliki berbagai kandungan nutrisi dan vitamin alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut adalah vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, magnesium. Fosfor, zinc, folat, riboflavin, niasin, zat besi, dan kalium.

Berikut ini kandungan yang terdapat pada minyak jahe, yaitu;
• Antiseptik
• Antioksidan
• Stimulan alami
• Antiinflamasi
• Terapeutik
• Tonik alami

Minyak jahe terdiri dari kandungan bahan-bahan bioaktif termasuk gingerol. Senyawa gingerol merupakan bahan aktif utama yang terdapat dalam jahe yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai keluhan penyakit.

Minyak jahe merupakan minyak yang dihasilkan dari ekstraksi dan proses penyulingan air jahe. Konsentrasi kuat yang terdapat dalam minyak jahe memiliki aroma hangat serta menenangkan, sehingga dapat digunakan sebagai aromaterapi. Selain itu ada beberapa khasiat yang dihasilkan dari minyak jahe, yaitu:
1. Memiliki efek antiperadangan (antiinflamasi).
2. Dapat mengatasi mual dan muntah.
3. Dapat mengatasi infesi bakteri atau mikroorganisme.
4. Dapat melancarkan saluran pernapasan.
5. Memiliki efek antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.
6. Dapat menjaga kesehatan rambut.
7. Merawat kecantikan kulit.
8. Dapat mengatasi stres.

Cara menggunakan minyak jahe yang aman dan tepat:

1. Menggunakan diffuser

Gunakan alat khusus (diffuser) untuk menyemprotkan minyak esesnsial jahe ke seluruh bagian ruangan. Sebaiknya Anda mengencerkan konsentrasi minyak jahe dengan air atau mengkombinasikan dengan minyak esensial lainnya sebelum digunakan.

2. Menggunakan inhalasi uap

Minyak jahe dapat Anda gunakan untuk uap wajah atau uap hidung. Caranya dengan menggunakan semangkuk air hangat yang dicampurkan dengan minyak jahe, lalu pusatkan uapnya ke hidung Anda agar dapat membantu melancarkan saluran pernapasan.

3. Menggunakan semprotan

Anda juga dapat menggunakan semprotan pengharum ruangan. Berdasarkan saran dari National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA), Anda dapat menggunakan 10-15 tetes minyak esensial jahe dengan di campurkan air. Lalu gunakan dalam semprotan pengharum ruangan.

4. Sebagai minyak oles

Minyak esensial jahe juga dapat Anda gunakan sebagai minyak oles untuk menghangatkan tubuh. Oleskan tipis-tipis dan merata ke seluruh bagian tubuh Anda.

Efek Samping Minyak Jahe

Food and Drug Administration (FDA) mengatakan bahwa menggunakan minyak jahe pada dasarnya aman. Meskipun demikian, sebaiknya Anda tetap berhati-hati saat menggunakan minyak esensial jahe ini. Pastikan bahwa Anda tidak memiliki masalah alergi terhadap jahe atau tanaman herbal lainnya yang berasal dari keluarga zinggiberaceae.

Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter untuk Anda yang mau menggunakan minyak esensial jahe sebagai aromaterapi. Sehingga tidak ada masalah di kemudian hari yang ditimbulkan dari minyak alami ini.