Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Manfaat pakcoy yang sangat baik untuk kesehatan di dapat dari kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Pakcoy yang berasal dari keluarga kubis Brassica juga sering disebut dengan bok choy. Hal yang terpenting yang harus diketahui adalah kandungan yang dimiliki sayuran pakcoy ini.

Berdasarkan United States Department of Agriculture (USDA) National Nutrient Database mengatakan bahwa pakcoy mentah mengandung kalori, karbohidrat, protein, serat, lemak tak jenuh ganda, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, natrium, zinc, vitamin C, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Berdasarkan nutrisi yang dikandung oleh sayuran pakcoy, ada beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaatnya:

1. Menghilangkan kerutan

Sayuran pakcoy memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang memiliki sifat antioksidan sehingga mampu membantu mencegah kerusakan yang dikarenakan oleh sinar matahari, polusi, dan asap. Vitamin C juga dapat meningkatkan kemampuan kolagen dalam menghaluskan kerutan dan meningkatkan testur kulit secara keseluruhan.

2. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin K merupakan senyawa yang dapat menjaga kesehatan tulang. Kandungan ini juga memiliki kontribusi dalam mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.

Fosfor dan kalsium merupakan kandungan yang sangat penting dalam struktur tulang. Sehingga, pertumbuhan tulang yang tepat memerlukan keseimbangan dari kedua nutrisi ini. Pola makan yang banyak kandungan fosfor tetapi sedikit kandungan kalsium dapat mengakibatkan pengeroposan tulang. Sedangkan kandungan vitamin K membantu menjaga keseimbangan kandungan kalsium dalam tulang.

3. Menurunkan tekanan darah

Sayur pakcoy memiliki manfaat yang baik dalam menjaga tekanan darah. Jika Anda memiliki masalah ini Anda dapat mengosumsi sayur pakcoy. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6 yang terdapat dalam sayur pokcay dapat menjaga kondisi kesehatan jantung. Dalam sebuah studi mengatakan bahwa risiko penyakit kardiovaskular lebih tinggi bagi mereka yang terlalu banyak mengosumsi kandungan natrium tetapi tidak mencukupi kandungan kalium.

Sementara itu, kandungan vitmain B-6 dan folat dapat mencegah penumpukan senyawa homocysteine. Senyawa ini yang terdapat dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan masalah jantung. Oleh sebab itu, sayuran pakcoy dapat menjadi salah satu obat alami dalam menjaga kesehatan jantung.

5. Menjaga kekuatan gigi

Sayur pakcoy memiliki kemampuan dalam menjaga kesehatan gigi. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang tinggi dalamnya. Jika Anda salah satu yang memiliki masalah jika mengosumsi susu, Anda dapat mengosumsi sayur pokcay untuk memenuhi kandungan kalsium dalam tubuh.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selenium yang terdapat dalam sayur pakcoy mampu meningkatkan respon kekebalan terhadap infeksi dengan merangsang produksi sel T atau T-cells. Sel T adalah salah satu tipe dari sel darah putih yang memiliki peran sebagai antibodi pada tubuh dengan mengidentifikasi dan membunuh bakteri serta virus yang menyerang tubuh.

7. Memberi perlindungan dari kanker

Sayur pakcoy memiliki kemampuan dalam mencegah terjadinya gejala kanker. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang yang banyak mengosumsi sayuran yang mengalami penyilangan memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit kanker paru-paru, prostat, dan usus besar.

Kandungan folat dalam sayur pakcoy juga memiliki peran dalam produksi dan perbaikan DNA, sehingga membantu mencegah pembentukan sel kanker yang diakibatkan dari mutasi pada DNA. Bahkan, kandungan vitamin C, vitamin E, serta beta-karoten yang tinggi membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

8. Menstabilkan kadar gula darah

Beberapa penelitian mengatakan bahwa penyilangan pada sayuran dapat membantu penderita diabetes dalam mempertahankan kadar gula darahnya. Tetapi, penelitian lain mengatakan bahwa bukti sayur pakcoy dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh belum menyakinkan. Namun tidak ada salahnya untuk mengosumsi sayur pakcoy untuk kesehatan tubuh lainnya.

9. Mencegah kerusakan sel

Buah dan sayur yang memiliki warna cerah dan gelap, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, termaksud pakcoy. Kandungan antioksidan dalam sayur pakcoy sangat baik dalam melawan kerusakan sel dan peradangan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Pakcoy dan sayuran yang berwarna gelap lainnya merupakan sumber senyawa flavonoid yang baik yang disebut quercetin.

10. Mengurangi peradangan kronis

Kandungan kolin dalam pakcoy merupakan nutrisi yang memiliki kemiripan dengan vitamin B tetapi tidak disebut sebagai vitamin atau mineral. Kandungan kolin mempunyai fungsi vital bagi tubuh, mulai dari perkembangan otak sampai fungsi sistem saraf.

Bahkan nutrisi ini juga dapat membantu sel-sel dalam tubuh dalam menjaga bentuknya, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

Sayur pakcoy juga mengandung salisilat, senyawa ini memiliki keterkaitan dengan aspirin. Jika Anda merupakan salah satu yang sensitif terhadap aspirin, sebaiknya hindari makanan yang mengandung salisilat. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang bagaimana cara mengelola sensivitas yang ada miliki.