Jenis Vitamin Yang Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Hidup Sehat – Persiapan dalam menghadapi musim hujan tidak hanya menggunakan pakaian atau perlengkapan seperti payung dan jas hujan saja. Tetapi Anda juga harus menjaga daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh sehingga tiadk mudah sakit. Umumnya, musim hujan dapat menyebabkan sebagian orang lebih mudah mengalami sakit. Oleh sebab itu, memenuhi asupan vitamin dalam tubuh dapat membantu sistem kekebalan tubuh disaat musim hujan.

Benarkan bahwa cuaca dingin lebih mudah menyebabkan sakit?

Seperti yang dilangsir dari MedicalNews Today, berdasarkan beberapa penelitian percaya bahwa cuaca dingin lebih mudah mempengaruhi sistem kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh seseorang. Saat kinerja sistem imun tubuh menurun, tubuh akan kesulitan dalam melawan infeksi yang dapat menyebabkan penyakit.

Dalam hal ini penurunan daya tahan tubuh disebabkan oleh beberapa faktor:

• Kurangnya asupan vitamin D ini dikarenakan kurangnya paparan sinar matahari dalam tubuh, terutama pada saat musim penghujan atau cuaca dingin. Penelitian mengatakan bahwa vitamin D adalah vitamin yang sangat baik untuk kekebalan tubuh yang penting, sehingga tubuh dapat bekerja secara normal.
• Menghabiskan waktu lebih banyak di dalam ruangan dapat menyebarkan dan terpapar virus lebih mudah, hal ini dikarenakan orang-orang saling berdekatan antara satu dengan yang lainnya.
• Beberapa jenis virus lebih mudah menyebar saat cuaca dingin. Virus seperti pilek lebih berkembang biak pada temperatur rendah. Tetapi, bukan berarti udara dingin secara langsung menyebabkan Anda sakit. Akan lebih tepat adalah udara dingin atau musim hujan merupakan salah satu faktor yang dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.

Apa saja vitamin untuk kekebalan tubuh?

Asupan nutrisi yang terpenuhi adalah modal utama untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga tubuh akan terlindungi dari berbagai jenis penyakit. Nutrisi vitamin sangat berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk bekerja melawan serangan virus penyebab penyakit.

Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk mengatur sistem kekebalan tubuh, bahkan vitamin A bekerja melindungi Anda dari infeksi. Vitamin A bekerja dengan cara menjaga kesehatan lapisan kulit dan jaringan pada bagian mulut, lambung, usus, dan sisitem pernapasan.

Sumber makanan yang mengandung vitamin A seperti ubi, wartel, brokoli, bayam, paprika merah, telur, dan lain-lain.

Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat penting dalam tubuh yang bekerja sebagai antioksidan. Vitamin ini sangat membantu dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat menstimulasi pembentukan antibodi dan memperkuat sistem imun.

Sumber makanan yang mengandung vitamin C seperti buah sitrus, buah kiwi, brokoli, stroberi, pepaya, dan jus tomat, dan lain-lain.

Vitamin E

Sama dengan vitamin C, vitamin E adalah kandungan yang berperan sebagai antioksidan. Penelitian mengatakan bahwa menjaga asupan vitamin E dalam tubuh dapat memelihara sistem kekebalan tubuh. Sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sumber makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang almon, biji bunga matahari, selai kacang, minyak sayur, dan lain-lain.

Dengan memenuhi asupan beberapa vitamin yang disebutkan diatas, dapat menjaga fungsi dan kinerja sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.