Obat Tradisional dan Alami Untuk Mengatasi Cacar Air

Hidup Sehat – Terdapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi cacar air, termaksud menggunakan obat tradisional yang dibuat dengan bahan-bahan alami. Penyakit cacar air biasanya menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Anda dapat melakukan perawatan rumahan melalui obat tradisional untuk mengatasi gejala cacar air termaksud memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus.

Penyebab utama gejala ini adalah infeksi virus varicella-zoster (VZV). Dimana penularan virus ini dapat berlangsung melalui udara, paparan lendir yang telah terkontaminasi, serta kontak fisik secara langsung dengan permukaan kulit yang terdampak cacar air.

Beberapa bahan alami dapat dimanfaatkan menjadi obat tradisional dalam mengatasi gejala-gejala cacar air ini. Tetapi, obat tradisional ini tidak langsung dapat mematikan virus atau melemahkan kemampuan virus untuk bereplikasi, sebagaimana obat antivirus bekerja untuk cacar air.

Memilih obat herbal untuk cacar air dipercaya dapat membantu mengurangi rasa gatal dan mengatasi demam serta gejala lainnya selama Anda melakukan perawatan dirumah.

1. Oatmeal

Perawatan yang dapat dilakukan dan dipercaya ampuh untuk mengatasi cacar air adalah melarang penderita untuk mandi. Hal di ini dikarenakan ruam cacar air sebaiknya dibiarkan mengering sehingga akan lebih cepat mengerak dan dapat mengelupas dengan sendirinya. Namun, bukan berarti Anda tidak melakukan kebersihan kulit sama sekali.

Secara medis, bagi penderita cacar air tidak ada larangan untuk mandi. Hal ini dikarenakan saat Anda mandi maka dapat mengangkat kotoran yang ada di permukaan kulit, tetapi dapat memperparah rasa gatal atau memicu terjadinya infeksi sekunder dari bakteri kulit.

Tetapi, Anda harus mengikuti aturan mandi yang tepat sehingga tidak membuat kondisi cacar air semakin buruk, seperti menggunakan air hangat dibandingkan air dingin, dan menggunakan sabun yang tidak mengandung alkohol atau pewangi.

Bahan alami seperti oatmeal dapat Anda gunakan sewaktu mandi sebagai obat tradisional untuk mengatasi cacar air. Oatmeal memiliki kandungan antiradang yang dapat membantu mengurangi rasa gatal cacar air yang sering tidak tertahankan.

Cara menggunakan oatmeal untuk mandi

• Hancurkan 1 gelas untuk orang dewasa, atau 1/3 gelas oatmeal untuk balita, menggunakan blender sampai menjadi bubuk, dan pastikan butir bubuk sudah cukup halus sehingga dapat larut kedalam air.
• Setelah bubuk cukup halus, masukkan kedalam bak berisi air hangat kemudian aduk hingga merata.
• Berendam didalam campuran air dengan bubuk oatmeal selama 15-20 menit.
• Selama berendam, usapkan larutan oatmeal secara halus ke permukaan kulit yang terpapar cacar air.

Anda juga dapat menggunakan produk mandi yang berbahan oatmeal yang banyak dijual di supermarket atau apotek.

2. Soda kue

Sama halnya dengan menggunakan oatmeal, baking soda juga dapat memberikan efek menenangkan di kulit, sehingga dapat membantu mengurangi rasa gatal dari cacar air.

Soda kue terdiri dari sodium dan ion biokarbonat yang dapat larut dengan cepat didalam air. Cara menggunakan soda kue dapat dilakukan dengan mencampurkannya kedalam campuran air hangat dan oatmeal yang digunakan ketika Anda mandi.

Menggunakan oatmeal dan soda kue sebagai obat alami dalam mengatasi cacar air dapat Anda lakukan 2-3 kali dalam sehari.

3. Chamomile

Teh chamomile dipercaya dapat membantu menenangkan area cacar air yang terasa gatal. Bahan alami ini memiliki efek antiseptik dan antiradang ketika sedang digunakan langsung pada kulit.

Cara memanfaatkan chamomile sebagai obat alami dalam mengatasi cacar air, pertama-tama seduh dua atau tiga kantong teh, setelah itu celupkan kapas atau kain lembut kedalam teh dan tempelkan pada permukaan kulit yang terpapar. Tepuk lembut agar air teh terserap ke dalam kulit.

4. Madu manuka

Madu manuka merupakan madu yang berasal dari negara New Zealand. Madu ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan madu lokal, dan kandunganya juga disinyalir 4 kali lipat lebih tinggi dari madu biasa.

Dalam sebuah penelitian dari jurnal Translational Biomedicine pada tahun 2012, menemukan bahwa potensi madu manuka dapat mengatasi cacar air. Dalam laporannya madu manuka diperkuat karena antiradang, antibakteri, antijamur, dan antineoplastik (penghambat pertumbuhan sel kanker).

Konsentrat madu manuka yang digunakan peneliti disuntikkan pada sampel jaringan kulit manusia yang terinfeksi virus varicella zoster virus (VZV), menghasilkan pengurangan ukuran plak virus VZV secara sinifikan di dalam sel kulit.

5. Losion calamine

Losion calamine bukan salah satu obat tradisional, tapi dapat mengatasi cacar air secara alami dari luar.

Mengoleskan losion ini secara rutin dapat menjadi cara yang baik dalam mengatasi rasa gatal diakibatkan oleh cacar air. Losion ini mengandung seng dioksida atau seng karbonat yang sangat baik dalam mengurangi rasa gatal dan meredakan peradangan yang terjadi pada kulit.

Sebaiknya menggunakan losion ini dengan hati-hati, sehingga tidak menekan kulit terlalu keras dikarenakan dapat membuat lenting akan pecah.