3 Kandungan Jambu Biji Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Menjaga daya tahan tubuh merupakan cara yang paling ampuh untuk terhindar dari berbagai penyakit. Daya tahan tubuh atau sistem imum tubuh bekerja dengan cara melindungi tubuh dari virus dan bakteri yang menjadi sumber penyakit. Sistem imun tubuh dipengaruhi oleh gaya hidup yang Anda lakukan, seperti melakukan pola makan seimbang.

Pola makan seimbang yang terdiri dari buah, sayur, kacang-kacangan, protein dan karbohidrat yang menjadi sumber nutrisi. Salah satu buah yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem imun adalah jambu biji. Jambu biji dapat Anda konsumsi secara langsung dan jus untuk mengambil kandungan nutrisinya.

Apa saja kandungan dan manfaat jambu biji terhadap sistem imun?

Jambu biji adalah buah tropis yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Jambu bji juga memiliki kandungan yang dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini 3 kandungan yang dapat menjaga daya tahan tubuh Anda:

Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam jambu biji empat kali lipat banyaknya jika dibandingkan dengan buah jeruk. Salah satu manfaat yang dimiliki Vitamin C adalah meningkatkan imunitas tubuh, sehingga membuat tubuh tetap sehat serta membantu melawan virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh.

Dalam hal ini, kurangnya vitamin C dapat membuat seseorang mudah terserang berbagai penyakit. Disarankan untuk mengosumsi vitamin C harian berkisar 75-100 mg. Vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh, hal ini membuat Anda harus mengosumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C salah satunya jambu biji. Dengan mengosumsi 20 gram jambu biji sudah dapat memenuhi asupan vitamin C harian orang dewasa.

Vitamin B6

Kandungan vitamin B6 dalam tubuh memiliki fungsi vital untuk mendukung reaksi biokimia pada sistem imun. Dalam hal ini jika mengosumsi jambu biji Anda akan mendapatkan tambahan vitamin B6.

Berdasarkan National Institute of Health, mengatakan asupan harian vitamin B6 adalah sebanyak 2 mg. Sehingga dapat membantu meningkatkan sistem imun dengan cara menambah produksi antibodi dalam tubuh.

Vitamin B6 yang terdapat pada jambu biji dapat membantu tubuh untuk meyerap kandungan vitamin B12 agar memproduksi sel darah merah dan sel dari sitem imun. Jika seseorang mengalami defisiensi vitamin B6, maka pembentukan antibodi dalam tubuh akan berkurang sehingga menjadi mudah untuk terserang penyakit.

Vitamin A

Jambu biji juga memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata serta mendukung tumbuh kembang. Bahkan vitamin A juga memiliki sifat antiradang yang membantu peran dalam menambah fungsi dan pertumbuhan sistem imun. Berdasarkan USDA (United States Department of Agriculture) dalam 100 gram jambu biji mengandung sebanyak 624 IU (international unit) vitamin A.

Manfaat jambu biji untuk mencegah berbagai penyakit

Kandungan jambu biji juga dapat menjaga dan meningkatkan sistem imun sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Berbagai kandungan lain yang terdapat dalam jambu biji memberikan manfaat seperti:

• Menurunkan risiko kanker, karena kaya akan antioksidan
• Dapat dikonsumsi untuk penderita diabetes, karena memiliki indeks glikemik yang rendah
• Menjaga kesehatan kulit dari penuaan dini, karena kaya akan vitamin A dan C
• Mengatasi sembelit atau susah buang air besar, karena kaya akan kandungan serat
• Baik untuk ibu hamil, karena kaya akan kandungan vitamin B9 yang dapat membantu pembentukan sisitem saraf sibuah hati

Bahkan, dengan keadaan saat ini yang sedang mewabah akan penyakit COVID-19 yang mudah menular, asupan vitamin C dari jambu biji dapat digunakan dalam membantu meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan virus COVID-19 ini.

Walaupun efektivitas vitamin C dalam mencegah virus COVID-19 masih dalam penelitian, tidak ada salahnya untuk Anda selalu memenuhi asupan harian vitamin C sebagai salah satu langka dalam melindungi diri dari pandemik ini.

Buah jambu biji sangat mudah untuk di temukan di Indonesia dan daerah tropis lainnya, sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk kesehatan tubuh Anda.