Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan Anak

Hidup Sehat – Tidak hanya dikonsumsi oleh orang dewasa, chia seed yang dikenal sebagai super food ini juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, chia seed memiliki kandungan yang sangat baik untuk buah hati.

Chia seed (Salvia hispanica L) adalah biji-bijian kecil berwarna hitam yang berasal dari negara Mexico. Chia seed mengandung nutrisi penting yang sangat baik untuk tubuh dan perkembangan otak anak. Kandungan nutrisi chia seed adalah protein, kalsium, omega-3, serat, dan fosfor.

Berikut ini merupakan manfaat chia seed untuk kesehatan anak yang perlu diketahui:

1. Mendunkung pertumbuhan dan perkembangan anak

Setiap 10 gram atau satu sendok makan chia seed memiliki kandungan sekitar 2 gram protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar untuk perkembangan anak. Dalam hal ini jika asupan protein tidak mencukupi, maka anak dapat mengalami gangguan atau perlambatan pada pertumbuhan dan perkembangannya.

Bahkan, protein juga sangat membentu dalam memperbaiki sel-sel yang rusak dan membuat sel-sel baru, dan melindungi tubuh dari serangan virus serta bakteri. Oleh sebab itu, protein merupakan kandungan yang penting dan sangat disarankan untuk masuk kedalam menu harian anak.

2. Menyehatkan otak anak

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam chia seed sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak dan kualitas tidur anak. Kedua hal ini adalah faktor yang mendukung perkembangan otak anak menjadi cerdas dan berprestasi. Setiap satu sedok makan atau sekitar 10 gram chia seed mengandung sekitar 1,2 gram asam lemak omega-3.

Bahkan, chia seed memiliki manfaat dalam menyehatkan jantung anak. Asam lemak omega-3 juga dapat mengontril kadar kolesterol LDL dan lemak darah, terutama jika anak mengalami obesitas, sehingga dapat menurunkan risiko anak mengalami penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Masih sama dalam 1 sendok makan chia seed mengandung 5 gram serat. Kandungan serat merupakan kandungan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan sibuah hati. Serat berperan untuk melunakkan fases sehingga si kecil tidak mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Kandungan serat juga dapat membantu menormalkan gerakan usus dan membuat perut menjadi kenyang lebih lama, membuat anak terhindar dari makan berlebih. Bahkan, serat dalam chia seed bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, membuat anak terhindar dari risiko diabetes dikemudian hari.

4. Memperkuat tulang dan gigi

Dalam 10 gram chia seed mengantung sekitar 7 mg kalsium dan 2 mg fosfor. Dimana kedua mineral ini merupakan senyawa yang dapat bekerja sama dalam membangun dan memperkuar tulang dan gigi.

Kalsium dan fosfor memiliki peran penting dapam membuat tulang dan gigi anak tidak mudah mengalami pengeroposan dan rapuh. Anak-anak yang kurang mengosumsi kadungan kalsium dan vitamin D sejak dini dapat mengakibatkan risiko lebih tinggi mengalami rakitis.

Selain dapat menunjang kesehatan gigi dan tulang anak, kandungan kalsium juga dibutuhkan untuk otot dan seraf anak agar bekerja dengan baik, sehingga pelepasan hormon dan enzim di dalam tubuh berjalan dengan lancar.

Rasa yang ringan dalam chia seed tidak akan mengganggu rasa yang lain jika dicampurkan dalam berbagai makanan dan minuman. Dengan begitu bunda dapat mencampurkan chia seed dalam makanan dan minuman yang disukai sibuah hati.

Tetapi, jika muncul beberapa gejala atau alergi pada anak setelah mengosumsi chia seed, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.