Manfaat Pisang Merah Untuk Imunitas dan Metabolisme

Hidup Sehat – Pisang merah memiliki manfaat yang tidak jauh dari pisang yang memiliki kulit berwarna kuning. Sebagian orang mengatakan bahwa rasa pisang merah tidak ada bedanya dengan pisang pada umumnya, namun pisang merah memiliki sedikit rasa raspberry.

Pisang merah memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut adalah kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, magnesium.

Berikut ini manfaat pisang merah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan sistem imunitas

Pisang merah tinggi akan kandungan beta-karoten dan vitamin C. Dimana kedua kandungan ini bersifat antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kandungan ini membuat tubuh menjadi lebih mudah melawan bakteri, virus, dan mikroorganisme berbahaya dalam tubuh. Mengosumsi pisang merah secara rutin membuat Anda terhindar dari masalah pilek dan flu.

2. Meningkatkan energi

Pisang merah juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan energi dalam tubuh. Pisang ini mengandung tiga jenis gula alami yaitu fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Ketiga variates gula ini dapat dipecah dengan cepat dalam tubuh, sehingga memberi Anda energai yang cepat serta energi yang berkelanjutaan sepanjang hari. Hal ini menjadikan buah pisang merah sangat baik dikonsumsi sebagai menu sarapan di pagi hari.

3. Mengatasi sembelit

Pisang ini juga mengandung serat yang tinggi, sehingga sangat tepat untuk Anda yang memiliki masalah sistem pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar. Kandungan serat dapat membantu meningkatkan fungsi sistem saluran penceraan dengan mendorong makanan melaluinya dengan lebih efisien.

Bahkan, pisang merah dapat mengurangi kemungkinan Anda menderita rasa sakit serta ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh sembelit. Gerakan usus yang teratur dalam tubuh membantu Anda mengurangi risiko penyakit kanker usus besar.

4. Menjaga kesehatan mata

Pisang merah yang kaya akan kandungan vitamin A menjadikan buah ini sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Lutein dan beta-karoten merupakan senyawa yang menjadi pendukung kesehatan mata.

Makanan yang mengandung lutein tinggi dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait lansia. Sedangkan beta-karoten merupakan senyawa karotenoid yang mendukung kesehatan mata. Kedua kandungan ini pada pisang merah lebih tinggi dibandingkan variates pisang lainnya.

5. Menjaga kesehatan jantung

Pisang merah juga dapat mendukung kesehatan jantung Anda. Hal ini dikarenakan pisang merah memiliki kalium yang tinggi sehingga dapat menangkal efek negatif natrium serta dapat menurunkan tekanan darah tingi. Masalah ini merupakan faktor risiko utama yang menyebabkan serangan jantung serta masalah yang terkait dengan penyakit jantung.

6. Mengatasi gejala anemia

Anemia merupakan gangguan yang terjadi akibat kurangnya asupan sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh. Hemoglobin memiliki fungsi sebagai pembawa oksigen dari paru-paru ke bagian tubuh lainnya. Mengosumsi pisang merah mampu mangatasi anemia, hal ini dikarenakan pisang merah kaya akan kandungan vitamin B6, dimana kandungan ini dibutuhkan tubuh dalam membangun hemoglobin.

7. Morning sickness

Ibu hamil yang rutin mengosumsi pisang merah dapat mengatasi masalah morning sickness. Kondisi morning sickness terjadi dikarenakan perubahan hormon yang dialami ibu hamil dalam tubuh. Kandungan Pyridoxine atau vitamin B6 pada pisang merah dapat mengendalikan masalah mual dengan mempertahankan kadar gula darah dalam tubuh.

8. Menjaga kesehatan rambut

Pisang merah juga memiliki kasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan kandungan potasium, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang sangat baik dalam meningkatkan serta memperkuat folikel rambut. Sehingga dapat mencegah kerontokan rambut, ketombe, rambut kering, dan masalah rambut lainnya.

9. Mengatasi kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin B6 yang dimiliki pisang merah dapat mencegah masalah kulit seperti penuaan dini, jerawat, eksim, noda, serta masalah lainnya. Walaupun demikian, manfaat ini untuk setiap individu berbeda-beda. Dalam hal mengatasi masalah kulit, ada baiknya untuk Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu, sehingga tidak akan menimbulkan masalah yang lebih parah terhadap kulit Anda.

10. Meningkatkan proses metabolisme

Pisang merah dapat menjadi salah satu pendorong metabolisme. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B6 yang tinggi, sehingga mampu mendukung sistem metabolisme yang sehat dalam tubuh. Jika metabolisme tubuh berfungsi dengan baik, dapat mempermudah Anda menurunkan berat badan serta membantu Anda menjaga tingkat energi tetap stabil sepanjang hari.

Berbagai manfaat yang diberikan pisang merah dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika Anda memiliki masalah tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, sehingga pisang merah tidak akan menimbulkan penyakit lainnya.