Akibat Dari Penggunaan Catokan Rambut Yang Berlebihan

Hidup Sehat – Mencatok rambut merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk penataan rambut supaya terlihat rapi dan meraik yang sering dilakukan oleh banyak perempuan. Apalagi penggunaan catokan rambut terbilang mudah dan tidak memakan waktu yang lama untuk merapikan rambut, sehingga banyak perempuan sekarang tergantung pada catokan rambut dalam menata rambut sehari-hari.

Padahal banyak cara yang dapat digunakan dalam menata ramput secara baik tanpa menggunakan catokan, seperti menggunakan rol rambut, menyisir rambut sampai kering, memakai shampo dan conditioner yang tepat, serta mengepang rambut. Cara sederhana diatas dapat membantu Anda meminimalisir terjadinya kerusakan pada rambut.

Bahaya penggunakan catokan rambut yang terlalu sering, yaitu:

1. Rambut menjadi kering

Pernahkah Anda memerhatikan asap yang sering keluar saat menggunakan catokan pada rambuat? Catokan rambut yang Anda gunakan berfungsi menyerap semua kelembapan dari rambut untuk menjadi lurus. Penggunaan catokan rambut dalam waktu yang lama bisa menghilangkan minyak alami yang terdapat dalam rambut Anda, sehingga dapat membuat rambut menjadi sangat kering dan rapuh.

2. Terjadi kerontokan rambut hingga mengalami kebotakan

Salah satu risiko terbesar yang dapat terjadi setelah melakukan catokan rambut adalah kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan rambut terlalu sering terpapar panas dari alat catokan dan bahan kimia yang digunakan dalam meluruskan rambut dapat menyebabkan kerusakan pada folikel atau akar rambut. Keadaan ini jika terlalu lama terjadi dapat memicu terjadinya kerontokan rambut.

3. Gatal pada kulit kepala

Terlalu banyak panas dan bahan kimia yang digunakan pada saat melakukan pencatokan rambut dapat menghilangkan kelembapan dalam kulit kepala. Hal ini dapat menghilangkan kemampuan alami kulit untuk menghasilkan minyak.

Produksi minyak alami pada kulit kepala dapat terhambat, hal ini dikarenakan kematian folikel atau akar rambut. Ketika kelembapan dalam kulit mulai berkurang, Anda akan mulai mengalami gejala kemerahan, gatal, dan mengelupas pada kulit kepala. Beberapa gejala diatas dapat mempengaruhi area sekitar leher dan dahi.

4. Rambut menjadi kusut

Memiliki rambut yang keriting merupakan salah satu alasan yang sering membuat orang berpikir untuk meluruskannya. Tetapi, apakah Anda pernah berpikir bahwa menggunakan catokan rambut justru akan membuat rambut menjadi lebih keriting? Bahkan rambut Anda bisa menjadi kusut serta susah untuk diatur.

Dalam mengatasi rambut kusut, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakan catokan rambut. Akan lebih baik jika Anda selesai keramas dan merapikan rambut dengan menggunakan conditioner atau olesan minyak zaitun dan minyak kelapa, sehingga membantu rambut tetap lembap dan mencegah rambut kusut.

5. Ujung rambut bercabang

Ujung rambut menjadi bercabang adalah salah satu dampak yang terjadi jika Anda terlalu sering menggunakan catokan rambut tanpa diimbangi dengan perawatan rambut yang sesuai.

Bahkan hal tersebut dapat menyebabkan lapisan pada batang rambut menjadi semakin rapuh. Sehingga hasilnya rambut menjadi bercabang dan tidak sedap untuk dipandang.

6. Timbulnya reaksi alergi

Mungkin Anda tidak menyadari terhadap alergi bahan kimia saat melakukan perawatan rambut menggunakan catokan. Reaksi alergi terhadap bahan kimia dapat terjadi saat melakukan perawatan atau beberapa hari kemudian. Efek yang dapat ditimbulkan adalah iritasi pada kulit kepala seperti ruam serta kemerahan dan iritasi pada mata.

Efek samping penggunaan catokan rambut dapat dibilang mengerikan. Tetapi, sebenarnya tidak semengarikan bila Anda tidak terlalu sering menggunakannya dan melakukan perawatan yang tepat setelah menggunakan catokan rambut. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berhati-hati dan gunakanlah catokan rambut seperlunya sesuai dengan kebutuhan.