Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Jamur kuping merupakan salah satu jenis jamur yang banyak diminati sebagai bahan makanan. Jenis jamur ini yang sangat disukai adalah jamur kuping merah (Auricularia auricula) dan jamur kuping hitam (Auricularia polytricha).

Dalam keadaan segar jamur kuping ini memiliki tekstur yang kenyal, tetapi jika dikeringkan dapat mengeras sampai sekeras tulang. Jamur kuping banyak dibudidaya di Indonesia, namun juga dapat ditemukan di alam liar. Jamur ini sering tumbuh di pohon kayu yang telah lapuk dan lembap.

Berikut manfaat jamur kuping untuk kesehatan tubuh:

1. Melancarkan pencernaan

Jamur kuping merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat. Serat merupakan nutrisi penting yang membantu sistem pencernaan, sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Mengosumsi satu porsi jamur kuping Anda sudah dapat memenuhi 50 % asupan serat harian yang dibutuhkan.

2. Meringankan gejala wasir

Masih berkaitan dengan kandungan serat, jamur kuping dapat meringankan gejala wasir. Wasir merupakan penyakit yang disebabkan oleh sembelit atau susah buang air besar. Sehingga diharuskan untuk mengosumsi makanan yang mengandung serat tinggi, tetapi tidak boleh berlebihan.

Selain kandungan serat yang tinggi, jamur kuping sangat baik untuk wasir, hal ini dikarenakan jamur kuping dapat meningkatkan sirkulasi darah. Wasir adalah gejala yang diakibatkan oleh peradangan dan pembengkakan pada vena di anus dan rektum.

3. Mencegah anemia

Salah satu penyebab seseorang mengalami anemia adalah kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Mineral ini merupakan salah satu kandungan yang penting dalam pembentukan sel darah. Setiap satu porsi jamur kuping dapat memenuhi kandungan zat besi dalam tubuh sekitar 9-21% dari kebutuhan harian.

Selain mengosumsi makanan yang tinggi akan kandungan zat besi, Anda juga dapat mencegah anemia dengan cara mengosumsi makanan dan minuman yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Contohnya meninggalkan kebiasaan minum teh saat makan, hal ini dikarenakan teh dapat menghambat penyerapan zat besi.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Jamur kuping dapat berfungsi sebagai antikoagulan atau pengenceran darah serta dapat menghambat pembekuan darah. Lancarnya aliran darah dalam tubuh dapat mencegah terjadinya berbagai komplikasi dan penyakit.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Jamur merang sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Namun manfaat ini masih dalam penelitian terhadap hewan dan masih perlu dibutuhkan untuk penelitian lebih lanjut untuk manfaatnya bagi manusia.

Sirkulasi darah yang lancar dalam tubuh saat mengosumsi jamur kuping, menandakan bahwa jamur kuping memiliki efek positif tarhadap kadar kolesterol dalam darah.

6. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Mengosumsi jamur kuping dapat melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah, hal ini menjadikan jamur kuping dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu jamur kuping juga kaya akan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang merupakan penyebab berbagai penyakit dalam tubuh.