Manfaat Jamur Merang Berdasarkan Kandungan Gizinya

Hidup Sehat – Jamur merang adalah salah satu jamur konsumsi yang banyak tumbuh di wilayah yang beriklim subtropis, seperti Asia Tenggara. Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai makanan khas asia, hal ini dikarenakan rasanya yang lezat.

Jamur merang memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti selenium, natrium, zat besi, tembaga, folat, fosfor, vitamin B5, protein, serta serat.

Berikut ini beberapa manfaat jamur merang berdasarkan kandungan gizinya:

1. Selenium

Kandungan selenium dalam jamur merang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis jamur lainnya. Seporsi jamur merang atau sekitar 75 gram mengandung sebanyak 27 mikrogram selenium.

Kandungan selenium merupakan senyawa antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif serta membantu melindungi tubuh dari berbagai kondisi kronis, seperti penyakit kanker dan jantung.

Bahkan, mengosumsi makanan yang banyak mengandung selenium dapat meningkatkan daya ingat bagi penderita Alzheimer serta mencegah penurunan mental.

Kandungan selenium juga memiliki kontribusi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tiroid, serta meredakan gejala asma.

2. Natrium

Dalam satu porsi atau sekitar 75 gram jamur merang mengandung sekitar 600 mg natrium. Kandungan natrium dalam tubuh berfungsi sebagai penatur peredaran darah, menjaga fungsi tubuh tetap sehat, serta membantu menjaga kontraksi otot.

Kandungan natrium juga memiliki peran sebagai elektrolit yang bisa menjaga cairan tubuh dan menyalurkan impuls listrik dalam tubuh. Berbeda dengan vitamin dan mineral lainnya, natrium tidak terpengaruh oleh panas, sehingga kandungannya tidak akan berkurang di dalam makanan yang telah selesai dimasak.

Walaupun nutrisi ini penting dalam tubuh, konsumsi natrium yang berlebihan dapat meningktakan risiko hipertensi serta kanker lambung. Batasan yang baik untuk natrium adalah 1500 mg per hari untuk orang dewasa, terutama bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

3. Zat besi

Dalam seporsi jamur merang terdapat sekitar 2,6 mg zat besi. Kandungan zat besi dalam jamur merang dapat membantu mengatasi anemia dalam tubuh dengan meningkatkan produksi hemoglobin, mengatasi kelelahan, meningkatkan kekuatan otot, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahkan, mengosumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi dapat membantu mengatasi memar, meningkatkan konsentrasi, serta membantu mengatasi masalah tidur.

4. Folat

Kandungan folat dalam setiap porsi jamur merang sekitar 69 mikrogram yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mengosumsi cukup folat disetiap menu harian dapat membantu mencegah beberapa gangguan kesehatan, seperti penyakit kardiovaskuler, cacat tabung saraf, degenerasi makula yang terkait dengan penuaan, serta beberapa jenis penyakit kanker.

5. Fosfor

Jamur merang yang kaya akan kandungan fosfor memiliki peran dalam menjaga kesehatan tulang dan otot, meningkatkan energi, membantu proses penyaringan sisa pembuangan di ginjal, dan menjaga kesehatan jaringan serta sel tubuh.

Kandungan fosfor dalam seporsi jamur merang sekitar 111 mg. Kandungan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya adalah 700 mg pada orang dewasa, 1.250 mg untuk anak usia 8-9 tahun, dan 500 mg untuk anak usia 4-8 tahun.

6. Protein

Untuk Anda yang sedang melakukan program diet atau menjaga pola makan sehat demi mendapatkan tubuh yang ideal, mengosumsi jamur merang dapat menjadi salah satu pilihan. Hal ini dikarenakan jamur merang tinggi akan kandungan protein sekitar 6,9 gram untuk setiap porsinya.

Kadungan protein selain dapat mengurangi rasa lapar, kandungan ini juga dapat membantu meningkatkan massa otot, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan metabolisme serta pembakaran lemak.

Demikianlah beberapa manfaat yang diberikan jamur merang yang sangat baik dalam kesehatan tubuh Anda. Walaupun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk khasiatnya pada manusia, tidak ada salahnya untuk mengosumsi jamur merang.