Manfaat Jambu Mete Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kacang mete yang sering dikonsumsi sebagai makan ringan atau cemilan. Walaupun sejumlah ahli botani mengatakan sebagai kacang, entitas makanan bercita rasa khas ini sebenarnya bukanlah jenis kacang-kacangan, melainkan sebuah biji yang tumbuh dan mekelat pada jambu monyet atau sering dikenal dengan jambu mete.

Banyak yang salah untuk buah yang satu ini, buah yang mirip dengan jambu air ini sejatinya merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan mangga.

Buah yang bernama latin Anacardium occidentale memiliki bentuk bulat lonjong seperti lonceng yang memiliki warna kuning atau merah kecoklatan. Buah ini tumbuh di pepohonan yang memiliki ketinggian mencapai empat belas meter dan banyak tumbuh di negara Brazil, India, Vietnam, Mozambik, serta Tanzania.

Manfaat jambu mete

Jambu mete sering dijadikan olehan seperti selai, smoothis, maupun jus di berbagai negara Afrika. Buah ini juga sering dipadukan dengan buah lainnya, seperti mangga, kelapa, stroberi, serta bayam untuk dijadikan minuman yang sehat dan menyegarkan.

Buah ini memiliki sejumlah nutrisi dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi dan mineral yang terkandung dalam buah ini adalah serat, fruktosa, glukosa, asam amino, vitamin C, magnesium, tembaga, kalsium, kalium, zat besi.

Berdasarkan kandungan yang dimiliki jambu mete, buah ini dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, yaitu:
• Membantu menurunkan berat badan
• Meningkatkan daya tahan tubuh
• Mengobati penyakit kulit
• Meningkatkan kesehatan tulang dan otot
• Meningkatkan energi
• Menjaga kesehatan kulit dan rambut
• Mencegah penyakit jantung

Dari berbagai manfaat yang diberikan jambu mete, Anda juga tetap tidak dapat mengosumsinya secara berlebihan. Jika Anda mengalami gejala alergi seperti ruam kemerahan, gatal-gatal, hingga iritasi kulit, sebaiknya Anda berhenti mengosumsi jambu mete dan melakukan pemeriksaan diri ke dokter, sehingga tidak menimbulkan masalah untuk kedepannya.