Seberapa Sering Pria Harus Melakukan EJakulasi dan Adakah Manfaatnya?

Hidup Sehat – Ejakulasi adalah salah satu bentuk orgasme yang dialami oleh laki-laki. Bukan hanya untuk meningkatkan kepuasan seksual, ejakulasi juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ejakulasi dapat terjadi ketika seorang laki-laki mencapai klimaks saat melakukan hubungan seksual terhadap pasangan atau melakukan masturbasi. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya cairan air mani dari penis, di mana cairian tersebut terdapat sel-sel sperma.

Seberapa sering seorang laki-laki melakukan ejakulasi?

Sebuah penelitian mengatakan bahwa seorang laki-laki perlu melakukan ejakulasi sebanyak 21 kali dalam sebulan. Berdasarkan penelitian ini melakukan ejakulasi dalam frekuensi tersebut dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Walau demikian, pernyataan tersebut masih harus dilakukan kajian yang lebih lanjut untuk membuktikan kebenaranya. Hal ini dikarenakan penelitian tersebut hanya tergantung dari data servei yang dilaporkan oleh peserta sendiri. Bahkan, tidak menggunakan data yang spesifik mengenai bagaimana ejakulasi itu terjadi, apakah dari berhubungan seksual terhadap pasangan atau melakukan masturbasi.

Berdasarkan penelitian lain yang dilakukan dengan menggunakan metode yang sama juga tidak menunjukkan adanya efek yang signifikan dengan seringnya melakukan ejakulasi dengan kanker prostat.

Sebenarnya, tidak ada aturan yang pasti mengenai seberapa sering seorang laki-laki harus melakukan ejakulasi setiap bulannya. Seberapa sering seorang laki-laki melakukan ejakulasi bisa saja berbeda-beda, hal tersebut tergantung dari usia atau kondisi kesehatan yang dimilikinya.

Jadi, Anda dapat melakukan ejakulasi kapan saja dan semau Anda selama itu membuat Anda nyaman. Jika memang ejakulasi membuat Anda lebih baik, Anda dapat meneruskannya. Tetapi, jika Anda merasa tidak mendapatkan apapu atau malah membuat keadaan memburuk, Anda mungkin perlu memberikan jeda beberapa waktu sebelum Anda melakukan ejakulasi kembali, baik dalam berhubungan seks maupun masturbasi.

Adakah manfaat dari ejakulasi?

Manfaat ejakulasi dalam menurunkan risiko kanker prostat masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Tetapi, ejakulasi memberikan manfaat yang positif untuk kesehatan tubuh, yaitu:
• Dapat meningkatkan kualitas tidur
• Dapat meningkatkan kualitas sperma
• Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
• Mengurangi gejala migrain
• Dapat meningkatkan mood atau suasana hati
• Dapat mengurangi stres
• Dapat mengurangi risiko kematian yang diakibatkan penyakit jantung

Dalam hal ini Anda tidak perlu takut untuk kehabisan air mana yang dikarenakan terlalu sering ejakulasi. Pada umumnya, laki-laki akan memproduksi 1.500 sel sperma setiap detiknya. Walaupun demikian, sel sperma membutuhkan waktu selama 64 hari untuk benar-benar matang.

Sisi lainnya, bagi Anda yang jarang melakukan ejakulasi juga tidak memberikan dampak apa pun terhadap kesehatan tubuh atau gairah seksual. Sel sperma yang tidak digunakan akan diserap kembali oleh tubuh atau dikeluarkan pada saat Anda mimpi basah di malam hari.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai seberapa sering ejakulasi yang baik dan sesuai dengan kesehatan tubuh serta mengenai keluhan seputar ejakulasi, seperti ejakulasi dini maupun kesulitan ejakulasi, jangan ragu melakukan konsultasi dengan dokter atau seksolog.