3 Buah Yang Dapat Digunakan Untuk Meredakan Stres

Hidup Sehat – Makan merupakan salah satu cara yang digunakan beberapa orang untuk meredakan stres yang mengganggu kesehatan. Tetapi, mengosumsi makanan secara berlebihan sangatlah tidak baik untuk kesehatan Anda. Maka dari itu, Anda dapat mengganti makanan berat dengan beberapa makanan ringan seperti buah untuk meredakan stres.

Sudah tidak usah diragukan lagi akan kandungan yang diberikan buah untuk kesehatan tubuh. Mulai dari membantu mengendalikan berat badan, menurunkan kadar kolesterol darah, sampai meredakan stres.

Menurut ahli gizi, Jodi Godfrey, Ms, RD, kepada Psycom, bahwa terdapat hubungan yang cukup erat dari usus dengan otak manusia. Hal ini dikarenakan saat nutrisi seseorang yang tidak terpenuhi dalam tubuh dapat berdampak pada neurotransmiter serta senyawa kimia pada otak.

Kondisi ini dapa menyebabkan terjadinya dua hal, yaitu meningkatkan atau mengurangi perilaku yang berhubungan terhadap kecemasan.

Untuk itu, ada 3 buah yang dapat Anda konsumsi untuk mengurangi kecemasan seperti stres.

1. Blueberry

Berdasarkan sebuah penelitian yang berasal dari Federation of American Societies for Experimental Biologi, mengatakan bahwa buah blueberry adalah salah satu kategori buah yang dapat meringankan stres.

Penelitian ini dilakukan pada uji coba terhadap tikus PTSD yang melakukan diet buah blueberry dan setiap tikus diberi dua cangkir bluberry untuk dikonsumsi setiap harinya. Dari penelitian ini menghasilkan, kadar SKA2, yaitu sebuah gen yang ditemukan rendah pada seseorang yang hendak melakukan bunuh diri, mengalami peningkatakan jika dibandingkan dengan tikus normal.

Dalam hal ini kemungkinan kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah blueberry dapat mengelola perasaan stres tersebut. Ketika pikiran sedang dilanda stres, tubuh memerlukan vitamin C untuk melakukan perbaikan dan melindungi sel tubuh.

Bahkan, buah buah ini tinggi akan kandungan antioksidan yang mampu meringankan gejala gangguan kecemasan.

2. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang memiliki sumber vitamin B6 yang sangat baik untuk membantu tubuh dalam produksi neurotransmiter, termasuk seratonin. Senyawa seratonin merupakan senyawa kimia yang terdapat pada otak yang bertugas dalam mengatur mood Anda, ketika sedang bahagia atau merasa cemas.

Bahkan, vitamin B jika dipecah lagi akan ditemukan senyawa tiamin, riboflavin, dan niacin yang sangat baik dalam sistem saraf manusia. Jika seseorang kekurangan ketiga senyawa tersebut dalam tubuh, akan lebih beresiko mengalami depresi.

Selain itu, dengan mengosumsi buah alpukat, dapat membuat perut Anda terisi lebih lama. Sehingga, nafsu makan Anda akan berkurang dan keinginan untuk mengosumsi makanan ringan atau ngemil yang tidak sehat untuk tubuh menjadi hilang.

Oleh sebab itu, mengosumsi alpukat secara rutin yang kaya akan kandungan vitamin B dapat membantu meringankan stres.

3. Buah citrus

Untuk Anda yang suka mengosumsi buah sitrus, seperti jeruk, lemon, sangat beruntung, hal ini dikarenakan buah ini dapat meringankan stres.

Jeruk serta buah sitrus lainnya adalah buah yang memiliki sumber vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi stres serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, setiap orang yang rutin mengosumsi buah citrus memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dan kebal terhadap stres.

Temuan ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Pakistan Journal of Biological Sciences yang menunjukkan bahwa ada efek positif terhadap penggunaan vitamin C secara oral. Vitamin C ini diberikan kepada setiap siswa yang mengalami gangguan kecemasan, dan hasilnya cukup menjanjikan, dikarenakan kecemasan yang dialami siswa tersebut terlihat menurun.

Ketiga buah diatas dapat Anda konsumsi untuk membantu meredakan stres atau kecemasan yang Anda alami. Jika, saat tingkat stres yang Anda alami sudah sangat mengganggu kehidupan Anda, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter atau terapis untuk mendapatkan perawatan yang tepat.